Beranda » Banyuwangi Terkini » UPDATE: Daftar Tempat Wisata Banyuwangi Yang Terverifikasi Sehat

Setelah kunjungan Presiden RI, Joko Widodo, pada akhir bulan Juni 2020 lalu. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi merasa ada angin segar yang pamornya terdengar hingga istana negara. Yaitu isu tentang bagaimana Banyuwangi menyiapkan wisata pada kehidupan New Normal (Tatanan Baru).

Pemkab Banyuwangi yang bergerak cepat membuat SOP Protokol Kesehatan untuk stakeholder sektor pariwisata memberikan konsep jelas terhadap upaya penekanan penyebaran Covid-19 selama new normal berlangsung.

Paket Wisata Banyuwangi, Paket Tour Banyuwangi, Paket Wisata Banyuwangi Murah

SOP protokol kesehatan tersebut ditujukan untuk destinasi wisata, restoran, dan pramuwisata. Dan output dari penerapan protokol kesehatan ini adalah pemberian stiker verifikasi sehat yang disematkan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 daerah setempat.

Stiker Verifikasi Sehat ini menjadi indikator bahwa suatu destinasi wisata di Banyuwangi tersebut telah di audit secara detil dan disebut layak menerima kunjungan wisatawan dengan sarana prasarana pendukung.

Dan hingga saat ini, setidaknya sudah ada lebih dari 10 destinasi wisata Banyuwangi yang sudah dibuka dengan penerapan protokol kesehatan ketat dengan prinsip Cleanliness, Healthy, and Safety. Berikut daftar tempat wisatanya.

1# De Djawatan

De Djawatan adalah salah satu destinasi wisata hutan dengan konsep epic yang sangat instagrammable. Aksesnya mudah, tidak jauh dari jalan raya nasional, serta semua jenis kendaraan dapat mengkases kendaraan ini.

Keterangan
Jam Buka: 08:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Benculuk, Banyuwangi
Artikel: Informasi Lengkap Wisata De Djawatan (Hutan Lord of The Ring)

2# Pantai Cemara

Pantai ini disebut Hutan Kota Banyuwangi yang memiliki peran sebagai pusat penghasil oksigen. Lokasinya berada di deretan pantai timur Banyuwangi dan menghadap ke selat Bali.

Banyaknya pohon cemara yang mendominasi pemandangan tempat ini, menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi adem untuk bersantai.

Keterangan
Spot Wisata: Hutan Cemara, Penangkaran Penyu, Pantai Cemara
Jam Buka: 08:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Pakis, Banyuwangi kota
Artikel: Informasi Lengkap Hutan Kota – Pantai Cemara Banyuwangi

3# Agro Wisata Taman Suruh

Agro wisata merupakan bentuk destinasi wisata yang dikonsep menjadi taman buah, bunga, dan sayuran. Wisata ini menjadi hits karena memiliki pemandangan yang indah dengan kebun warna-warninya.

Keterangan
Jam Buka: 08:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Taman Suruh, Glagah, Banyuwangi

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh ᴹᵘʰᵃᵐᵐᵃᵈ ᴬˡⁱ ᴹᵃˢᵏᵘʳ (@alijourney_) pada

4# Taman Gandrung Terakota

Taman Gandrung Terakota adalah salah satu resort yang berada di lereng Gunung Ijen Banyuwangi. Disini Anda dapat menyaksikan berbagai atraksi seni budaya yang terkenal, yaitu Festival Lembah Ijen. Terdapat pula 1000 patung gandrung yang tersebar di area wisata ini.

Keterangan
Jam Buka: 08:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Tamansari, Licin, Banyuwangi

5# Sendang Seruni

Sendang Seruni adalah salah satu wisata baru di Banyuwangi dengan konsep pemandian alam. Disini Anda dapat mandi di sumber mata air yang segar dan jernih asli dari gunung. Cocok untuk agenda rekreasi keluarga yang santai.

Keterangan
Jam Buka: 08:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Tamansari, Licin, Banyuwangi

6# Pantai Boom

Disebut juga Dermaga Marina Boom, pantai ini menjadi ikon wisata di pusat kota Banyuwangi yang begitu populer. Adanya spot jembatan lorong waktu yang berada di area wisata ini, sangat digemari sekali oleh para pecinta foto.

Keterangan
Spot Wisata: Jembatan Boom, Rumah Segitiga, Pantai Boom
Jam Buka: 04:00 – 22:00 WIB
Lokasi: Kampungmandar, Banyuwangi
Artikel: 9 Hal Keren di Wisata Pantai Boom

7# Pantai Cacalan

Pantai Cacalan merupakan deretan pantai di sisi timur kota Banyuwangi dan menghadap langsung ke selat Bali. Lokasi wisata ini jadi tempat idola bagi para pemburu sunrise.

Keterangan
Jam Buka: 05:00 – 22:00 WIB
Lokasi: Lingkungan Sukowidi, Klatak, Kalipuro, Banyuwangi

8# Pulau Merah

Salah satu pantai terindah di Banyuwangi yang berada di area selatan. Memiliki pemandangan khas yaitu pantai dengan bukit kecil yang ada di dekat garis pantai. Disini juga menjadi spot menanti sunset di sore hari.

Keterangan
Spot Wisata: Sunset, Pantai Pulau Merah
Jam Buka: 24 Jam
Lokasi: Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi
Artikel: Informasi Lengkap Pulau Merah

9# Pantai Mustika

Pantai ini bersebelahan dengan wisata Pulau Merah. Cukup terkenal dengan nama Pantai Pancer yang menjadi mayoritas masyarakat berprofesi nelayan. Selain itu disini menjadi Tempat Pelelangan Ikan dan transaksi jual beli hasil laut.

Keterangan
Jam Buka: 07:00 – 18:00 WIB
Lokasi: Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi

10# Grand Watudodol

Grand Watudodol adalah pantai yang memiliki banyak cerita legendaris dengan ikon berupa fenomena Watudodol. Pantai ini juga menjadi titik meeting point agenda wisata underwater (snorkeling) ke Pulau Menjangan Bali.

Keterangan
Jam Buka: 07:00 – 18:00 WIB
Lokasi: Jl. Situbondo – Banyuwangi, Parasputih, Bangsring, Kec. Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi
Artikel: 7 Fakta Unik Pantai Grand Watudodol

11# Bangsring Underwater

Bangsring adalah wisata alam laut yang terkenal sebagai area konservasi terumbu karang. Disini Anda dapat bersantai di rumah apung sambil bermain snorkeling bersama ribuan ikan hias. Juga tersedia tempat foto underwater bersama baby shark.

Keterangan
Spot Wisata: Rumah Apung, Pulau Tabuhan, Snorkeling
Jam Buka: 07:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Jl. Situbondo – Banyuwangi, Bangsring, Kabupaten Banyuwangi
Artikel: Informasi Lengkap Bangsring Underwater

12# Green Gumuk Candi

Area pemandingan yang berada di bukit Candi Songgon dengan spot khas yaitu kolam renang dengan pemandangan pegunungan. Cocok untuk tujuan wisata keluarga dengan didukung linkungan yang dingin dataran tinggi.

Keterangan
Jam Buka: 08:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Dusun Gumuk Candi, Songgon, Kabupaten Banyuwangi

13# Wisata Waduk Sidodadi

Wisata ini menyuguhkan pemandangan waduk buatan yang dikelilingi oleh aneka tanaman bunga berwarna-warni. Anda juga dapat menyewa perahu pedal untuk mengelilingi sekitaran waduk.

Keterangan
Jam Buka: 07:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Karangharjo, Glenmore, Kabupaten Banyuwangi

14# Glenmore Rafting

Wisata ini khusus untuk Anda yang menyukai petualangan air. Di musim penghujan, debit air yang tinggi membuat kegiatan arung jeram Anda semakin seru dan menantang.

Keterangan
Jam Buka: 08:00 – 15:00 WIB
Lokasi: Tegalarum Dusun Pegondangan, Desa, Jolondoro, Karangharjo, Glenmore, Kabupaten Banyuwangi

15# Wisata Pinus Songgon

Hutan Pinus Songgon yang disulap menjadi area wisata yang asri dan alami, merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi. Kondisi lingkungan yang berada di dataran tinggi, menambah kesejukan suasana sekitar.

Keterangan
Spot Wisata: Rumah Semut, Rumah Pohon, Spot Selfie
Jam Buka: 07:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Sumberagung, Sumberbulu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi

16# Air Terjun Jagir

Wisata ini dikenal sebagai lokasi mandi para wisatawan setelah mendaki gunung Ijen. Lokasinya searah tujuan ke Pos Paltuding Kawah Ijen. Sumber air yang sangat segar, membuat nuansa mandi Anda terasa menakjubkan.

Keterangan
Jam Buka: 06:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Kampung Anyar, Glagah, Kabupaten Banyuwangi
Artikel: Informasi Lengkap Wisata Air Terjun Jagir Banyuwangi

17# Wisata Alam Banyuanyar

Wisata ini terhitung tempat wisata baru. Pemandangan air terjun yang mendaki-daki menjadikan pesona tersendiri bagi tiap mata memandang. Asal sumber mata airnya pun dari pegunungan asli.

Keterangan
Jam Buka: 08:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Dusun Curah Leduk, Banyuanyar, Kec. Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi

18# Kawah Ijen

Salah satu wisata andalan di Banyuwangi, Kawah Ijen kini menerapkan protokol kesehatan yang tertib untuk setiap pengunjung. Karena itu Anda dengan lebih nyaman dapat mendaki gunung ini kembali untuk menjumpai spot-spot kerennya.

Keterangan
Spot Wisata: Blue Fire, Kawah Ijen, Landscape Ijen, Sunrise of Java
Jam Buka: 01:00 – 12:00 WIB
Lokasi: perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
Artikel: Informasi Lengkap Kawah Ijen Banyuwangi

19# Rafting Banyuwangi

Lokasi wisata permainan air yang berada di Songgon Banyuwangi dengan pemandangan sejuk lereng Gunung Raung. Sumber mata air asli yang masih jernih dan segar, membuat kegiatan arung jeram (rafting, tubing, flying fox, dan paintball) semakin seru disini.

Keterangan
Spot Wisata: Rafting, Tubing, Flying Fox, Paintball, Outbound
Jam Buka: 06:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Sumberbulu, Songgon, Banyuwangi
Artikel: Paket Wisata Rafting Banyuwangi

20# Air Terjun Temcor

Dikenal sebagai air terjun seribu pancuran, pemandangan yang ditampilkan di tempat wisata ini begitu indah. Terlihat alami dan segar sehingga menarik minat wisatawan untuk mandi dan berendam disini.

Keterangan
Jam Buka: 07:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi
Artikel: 14 Wisata Air Terjun Banyuwangi

21# G-Land Plengkung

Termasuk salah satu tempat wisata Banyuwangi yang mendunia dengan pemandangan pantai berombak kelas internasional. Cocok untuk para peselancar kelas wahid yang ingin mendapatkan spot memainkan papan surfing secara alami. Wisata ini masuk area Taman Nasional Alas Purwo Geopark.

Keterangan
Jam Buka: 06:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Taman Nasional Alas Purwo
Artikel: 13 Tempat Wisata Banyuwangi Selatan


Demikian informasi terbaru dan ter-update tentang destinasi wisata Banyuwangi yang sudah ter-verifikasi sehat. Penerapan protokol kesehatan pada destinasi tersebut tentu akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi wisatawan yang akan berkunjung.

Apabila ada update terbaru penambahan tempat wisata Banyuwangi yang ter-verifikasi sehat, akan kami update di artikel ini.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut