Beranda » Tempat Wisata » Informasi Lengkap Wisata De Djawatan Benculuk

Banyuwangi tak hanya terkenal dengan wisata-wisata pantai saja, tapi juga menyajikan beberapa wisata hutan alami yang tentunya tak kalah mengesankan. Salah satu destinasi terpopuler tersedut adalah wisata Banyuwangi Jawatan Benculuk.

Jawatan, yang kini berubah nama menjadi De Djawatan, merupakan wisata hutan yang menyajikan pemandangan alam dengan rerimbunan pohon Trembesi yang mendominasi seluruh area. Pohon Trembesi yang ada di De Djawatan memiliki usia ratusan tahun dan memiliki diameter mencapai 3 meter. Sehingga tempat ini terasa sejuk dan rindang bagi para pengunjung.

Wisata Banyuwangi Jawatan Benculuk

De Djawatan menjadi salah satu magnet bagi para wisatawan terutama yang berasal dari daerah kota-kota besar. Wisatawan tersebut seringkali terkesan takjub dengan pohon-pohon besar tersebut lantaran di daerah tempat tinggal mereka jarang sekali bisa menemukan fenomena tersebut.

Sejarah Wisata De Djawatan

Awal mula tempat ini adalah sebuah lokasi penimbunan hasil hutan yang dikelola oleh Perhutani. Dan masyarakat sekitar menyebut sebagai daerah Tapel Pelas. Arti Tapel Pelas tersebut memiliki arti sebagai tempat menumpuk dan mengikat atau mem-packing kayu-kayu disini.

BACA JUGA: Wisata Kampung Primitif

Hasil hutan produksi berupa pohon jati di daerah Banyuwangi selatan tersebut ditimbun di area ini. Pohon Trembesi yang berada di Djawatan ini digunakan sebagai penghalau terik matahari agar tidak terlalu panas. Atau dengan kata lain sebagai atap alami untuk menjaga keteduhan.

Wisata De Djawatan Benculuk

Di daerah Djawatan, juga terdapat beberapa gubuk lawas yang dulu digunakan singgah oleh para pekerja di area ini. Namun karena lama tak terpakai, sekarang dijadikan sarang kalong atau kelelawar yang berjumlah ribuan ekor. Bahkan suara yang dihasilkan oleh kalong tersebut terdengar cukup bising.

Lokasi Wisata De Djawatan

Wisata ini berada di daerah Banyuwangi selatan, tepatnya di Desa Benculuk, Cluring-Banyuwangi. Dari pasar Benculuk, Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi wisata ini karena berdekatan dengan traffic lights pertigaan Benculuk.

Rute dan Akses ke De Djawatan

Untuk menuju ke Djawatan, ada beberapa opsi transportasi yang bisa digunakan mulai dari akses udara, laut, dan darat. Berikut detil dari cara akses menuju wisata Banyuwangi Jawatan Benculuk.

  • Via Pesawat Terbang: Dari Bandara Banyuwangi, Anda bisa melakukan perjalanan darat dengan cara menyewa mobil dan rutenya mulai dari Rogojampi – Gladag – Wonosobo – Srono – Sraten – Benculuk.
  • Via Kereta Api: Dari Stasiun Surabaya atau Stasiun Jember, paling efektif Anda turun di Stasiun Rogojampi, Banyuwangi. Dari stasiun ini Anda bisa sewa mobil atau naik bus ke Djawatan dan rutenya mulai dari Rogojampi – Gladag – Wonosobo – Srono – Sraten – Benculuk.
  • Via Bus Antar Kota: Dari Terminal Jember atau Terminal Mengwi, Denpasar Anda turun saja di Pasar Benculuk, Banyuwangi. Dari sini Anda bisa jalan kaki saja untuk menuju ke Djawatan
  • Via Travel Antar Kota: Dari kota-kota besar lain seperti Surabaya atau Malang, Anda bisa menggunakan jasa travel antar kota dengan biaya sekitar Rp. 150.000 per orang. Anda akan di drop langsung wisata Banyuwangi Jawatan Benculuk. Jadwal pemberangkatan masing-masing travel ini berbeda-beda.

Fasilitas Umum di Djawatan

Fasilitas di wisata ini dilengkapi dengan toilet, mushola, kantin-kantin tradisional, spot permainan dan foto area, penyewaan motor, hingga jasa delman. Anda dapat menyewa segala permainan tersebut untuk menambah keseruan acara wisata Anda.

Delman Wisata De Djawatan Benculuk

Tiket Masuk Djawatan

Harga tiket masuk (HTM) relatif murah yaitu sebesar Rp. 2.000 / orang di semua hari. Loket dibuka mulai jam 07:00 WIB s/d jam 17:00 WIB. Adapun untuk kendaraan roda 2 dan roda 4, ada tambahan biaya parkir sekitar Rp. 2.000 – Rp. 10.000.

Informasi Tambahan

  • Gangguan cuaca bisa terjadi sewaktu-waktu seperti hujan dan angin besar, dan bila ini terjadi di wisata ini seringkali terjadi patah ranting pohon. Anda harus lebih berhati-hati saat berteduh.
  • Di saat musim hujan, ada beberapa area yang mudah tergenang air. Kondisi ini menyebabkan jalan menjadi becek dan susah dilalui kendaraan.
  • Jaga kebersihan, dan pastikan Anda membuang sampah pada tempat-tempat yang disediakan.
  • Siapkan jasa fotografer profesional untuk mendapatkan konsep foto yang bagus dan keren. Karena tempat ini seringkali dijadikan lokasi pre-wedding dan terbukti memiliki hasil foto yang memukau.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!