Beranda » Tempat Wisata » Informasi Lengkap Wisata Banyuanyar Kalibaru Banyuwangi

Wisata Banyuanyar Kalibaru Banyuwangi adalah jenis wisata air terjun yang dikenal dengan sebutan Wisata Alam Banyuanyar atau disingkat WAB. Tempat wisata ini mulai muncul namanya di sekitar akhir tahun 2019.

Wisata Banyuanyar Kalibaru

Sejarah

Tempat wisata ini dibangun dari konsep awal sungai alami yang di desain membentuk turunan air terjun buatan dengan tata letak di kebun yang sangat rindang. Banyak sekali pepohonan yang berada di area wisata ini sehingga terasa teduh dan sejuk meski di siang hari.

Total ada 2 turunan air terjun yang dibangun membentuk curam air, yaitu curam atas memiliki ketinggian sekitar 1 meter dan curam bawah memiliki ketinggian sekitar 3 meter.

Namun karena pada dasarnya sumber air asal dari aliran sungai ini bersifat musiman, ada kalanya pada musim panas debit air mengalir sangat kecil. Sehingga air terjun tersebut tidak terlihat deras dan berkesan kurang bagus. Jadi kami sarankan untuk menghubungi pihak pengelola wisata sebelum datang ke lokasi wisata ini.

Lokasi Wisata Banyuanyar Kalibaru

Wisata Alam Banyuanyar Kalibaru berada di Dusun Curah Leduk, Banyuanyar, Kec. Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. Tepatnya berada 3 kilometer dari Pasar Kalibaru Kulon menuju ke arah utara. Atau Anda bisa ikuti map berikut ini yang sudah terbukti akurat tempatnya.

Tempat wisata ini dibuka pada pagi jam 07:00 WIB hingga sore jam 17:00 WIB.

Akses ke Lokasi Wisata Banyuanyar Kalibaru

Dari jalan raya utama, Anda harus melewati jalan aspal sempit berukuran 1,5 kali lebar mobil MPV dengan tekstur jalan halus hingga berlubang.

Hasil survey kami saat melewati akses jalan tersebut, kami merekomendasikan agar wisatawan tidak menggunakan jenis kendaraan seperti Bus Medium dan Bus Besar karena jalan tidak mencukupi.

Sementara untuk kendaraan kota dengan ground clearance rendah seperti mobil Honda Brio, tetap bisa melewati jalan tersebut tapi dengan ketelitian tinggi saat menghindari lubang.

Akses dari Parkiran ke Spot Tempat Wisata

Dari parkiran kendaraan roda 4 dan roda 2, Anda akan langsung bertemu dengan petugas tiket masuk wisata. Kemudian Anda tinggal mengikuti jalanan paping turunan menuju ke spot air terjun dengan ketinggian tangga turunan sekitar 10 meter.

Turunan tangga ini relatif pendek daripada akses ke wisata air terjun Jagir yang lebih tinggi.

Spot Wisata

Disini Anda akan menemui spot wisata utama yaitu air terjun Banyuanyar, kolam renang mini, dan jembatan bambu. Selain itu juga disediakan panggung khusus untuk spot hunting foto dengan sudut pandang mengarah pada air terjun.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Davin S. Budi (@davinmboir) pada

Fasilitas

Anda juga disiapkan beragam fasilitas pendukung seperti gazebo santai, toilet umum, mushola, jaring santai (hammock), warung-warung minuman dan makanan ringan. Kemudian untuk permainan anak, disediakan ayunan dan jompatan.

Tiket Masuk Wisata

Tarif yang dibebankan untuk setiap tamu wisatawan adalah sebesar Rp 5.000 (dewasa), Rp 2.500 (anak-anak) dan besar biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000 (roda dua) dan Rp. 5.000 (roda empat).

Informasi Lain

Informasi lain yang perlu Anda perhatikan sebelum berwisata ke tempat ini adalah sebagai berikut:

  • Diperbolehkan bawa makanan dan minuman untuk makan bersama keluarga atau rombongan
  • Pastikan Anda membawa baju ganti jika ingin berendam di kolam renang wisata ini
  • Bagi balita yang mandi di sekitar aliran air, wajib di dampingi oleh orang dewasa
  • Saat musim hujan, bawalah payung untuk antisipasi hujan turun
  • Lokasi wisata ini dekat dengan stasiun KAI Kalibaru

Demikian informasi tentang wisata Banyuanyar Kalibaru Banyuwangi atau WAB. Segera agendakan rekreasi Anda bersama keluarga ke tempat wisata ini.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut