Beranda » Tempat Wisata » Informasi Lengkap Wisata Air Terjun Jagir Banyuwangi

Keindahan wisata alam air terjun Jagir ini ternyata memiliki keunikan dimana satu lokasi terdapat 3 sumber mata air yang muncul dari sumber mata air langsung. Masyarakat Banyuwangi sering menyebutnya sebagai air terjun Three in One.

Wisata Air Terjun Jagir Banyuwangi

Air terjun pertama terletak dibawah badan jalan dengan ketinggian sekitar 10 meter yang disebut air terjun kembar. Air terjun kedua, letaknya berada di belakang rumah warga yang biasa disebut air terjun bersaudara. Air terjun yang ketiga ini lokasinya agak masuk kedalam dengan menyusuri jalan berbatu mengikuti aliran air ke atas membutuhkan waktu 15-20 menit untuk sampai ke air terjun ini.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Masyarakat biasa menyebut air terjun bidadari, karena airnya yang sangat jernih diibaratkan sebagai pemandian para bidadari.

Wisata ini berlokasi di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah Banyuwangi. Lokasinya tidak jauh dari air terjun Kalibendo yang berjarak 1 kilometer. Dan lokasi Air terjun jagir dekat dengan perkotaan sehingga mudah dijangkau.

Wisatawan lebih mengenal air terjun jagir sebagai air terjun kembar, karena dari ketiga air terjun yang terdapat pada satu lokasi disana. Yang paling favorit menjadi spot foto dan tempat pemandian yaitu air terjun kembar. Air yang mengalir dari air terjun kembar ini berasal dari sumber mata air yang terletak di atas air terjun. Yaitu mata air sumber Pawon, yang berarti dapur, karena lokasinya berada di belakang rumah-rumah warga atau di belakang dapur warga.

Air Terjun Jagir Banyuwangi

Wisatawan juga dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri, pohon-pohon rindang dan kesegaran air terjun yang mengalir deras. Wisata ini juga bisa dijadikan sebagai tempat piknik bersama keluarga saat musim liburan ataupun libur akhir pekan. Air terjun jagir juga memberikan fasilitas yang cukup lengkap, seperti toilet, tempat ganti pakaian, warung-warung makanan, dan musholla.

Selain wisatawan lokal, juga sering dijumpai wisatawan mancanegara yang sengaja mampir ke sini setelah hendak pulang dari wisata Kawah Ijen yang memang lokasinya berdekatan dengan air terjun kembar. Bagi para wisatawan penggemar fotografi akan sangat dimanjakan dengan keindahan air terjun jagir yang memiliki tiga air terjun sekaligus yang bisa dikagumi pemandangannya.

BACA JUGA: 12 Fakta Unik Kawah Ijen

Lokasi Air Terjun Jagir Banyuwangi

Wisata ini termasuk berada di daerah dekat Banyuwangi kota. Atau sama arah dengan rute perjalanan ke Pos Paltuding Gunung Ijen. Berikut lokasi google maps wisata ini.

Biasanya, wisatawan menyempatkan diri mandi di air terjun yang segar ini setelah melakukan pendakian Kawah Ijen.

Fasilitas Umum di Air Terjun Jagir

Fasilitas di wisata ini dilengkapi dengan toilet, mushola, kantin-kantin tradisional, dan spot pemandian. Anda dapat mandi di kolam renang alami di bawah air terjun tersebut.

Ketinggian Air Terjun Jagir Banyuwangi

Tiket Masuk Djawatan

Harga tiket masuk (HTM) relatif murah yaitu sebesar Rp. 5.000 / orang di semua hari. Loket dibuka mulai jam 07:00 WIB s/d jam 17:00 WIB. Adapun untuk kendaraan roda 2 dan roda 4, ada tambahan biaya parkir sekitar Rp. 3.000 – Rp. 10.000.

Informasi Tambahan

  • Dari loket masuk, Anda harus turun tangga cor dengan ketinggian sekitar 30 meter. Hati-hati dan tetap berpegangan pada pengaman tangga.
  • Di saat musim hujan, tangga tersebut cenderung licin. Tingkatkan kewaspadaan selama turun dan naik tangga.
  • Jaga kebersihan, dan pastikan Anda membuang sampah pada tempat-tempat yang disediakan.
  • Siapkan pakaian ganti jika ingin mandi di bawah air terjun ini. Dan tetap jaga kesopanan berpakaian sesuai dengan adat setempat.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!