Beranda » Tempat Wisata » Informasi Lengkap Teluk Hijau Banyuwangi

Banyuwangi selatan tak akan pernah habis untuk di eksplorasi, deretan pantai-pantai yang menawan tersaji indah untuk para pecinta wisata dari berbagai daerah. Salah satu rekomendasi spot pantai terindah adalah Teluk Hijau Banyuwangi.

Teluk Hijau adalah sebuah pantai di ujung barat daya (area Taman Nasional Meru Betiri) Kabupaten Banyuwangi. Tepatnya berada di Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran dengan fenomena daratan yang menjorok curam ke laut. Sudut pandang laut di teluk ini tidak begitu luas namun pemandangan disekitarnya sangat menakjubkan dan rindang. Nama Teluk Hijau berasal dari laut yang ada di area ini berwarna hijau.

Indahnya Teluk Hijau Banyuwangi

Sejarah Teluk Hijau Banyuwangi

Wisata ini masih relatif baru, bahkan daripada sejak ditemukannya nama Pulau Merah, wisata ini belum ada. Sejarah Teluk Hijau berawal dari ketika para nelayan desa Rajegwesi berlayar ke laut mencari ikan. Mereka menemukan sebuah area yang memiliki warna air laut berbeda dari umumnya. Di daerah Pantai Rajegwesi warna air adalah kebiru-biruan, sementara di Teluk Hijau berwarna kehijauan. Akhirnya para nelayan tersebut mencoba mendatangi tempat tersebut dan mulai melihat potensi area tersebut. Salah satu keunikan dari Teluk Hijau adalah  area tersebut yang memiliki daratan berpasir. Padahal disekitar teluk tersebut hanya berisi karang-karang bebatuan terjal yang tak bisa disinggahi.

Setelah melakukan urun rembug dengan warga sekitar, akhirnya para pemuda Rajegwesi mulai berfikir untuk menamai area tersebut dan lahirlah nama Teluk Hijau (Green Bay). Saat itu pula kegiatan promosi digemparkan hingga terdengar sampai ke kota.

Lokasi Teluk Hijau Banyuwangi

Lokasi wisata Teluk Hijau bisa dibilang sangat jauh dari kota. Kurang lebih sekitar 3-4 jam ditempuh dengan kendaraan darat. Akses jalan yang masih rusak cukup menghambat perjalanan laju kendaraan sehingga durasi semakin lama. Namun Anda perlu kenal prinsip pariwisata bahwa “semakin susah akses ke suatu lokasi wisata, pasti akan semakin bagus tempat wisata tersebut”. Dan terbukti, jika Anda sudah tiba di Teluk Hijau, maka kepuasan tersendiri yang bisa Anda dapatkan.

Daftar spot wisata lain yang ada di wisata ini adalah Pantai Batu, Air Terjun Musiman, dan Karang Kempit. Semuanya dapat Anda lihat dalam satu lokasi wisata yang berdekatan dengan Teluk Hijau.

Rute dan Akses ke Teluk Hijau Banyuwangi

Untuk menuju ke Teluk Hijau, ada beberapa opsi transportasi yang bisa digunakan mulai dari akses udara, laut, dan darat. Berikut detil dari cara akses menuju Green Bay.

  • Via Pesawat Terbang: Dari Bandara Banyuwangi, Anda bisa melakukan perjalanan darat dengan cara menyewa mobil dan rutenya mulai dari Rogojampi – Srono – Jajag – Bangorejo – Siliragung – Pesanggaran – Kandangan – Pantai Rajegwesi.
  • Via Kereta Api: Dari Stasiun Surabaya atau Stasiun Jember, paling efektif Anda turun di Stasiun Kalisetail, Genteng-Banyuwangi. Dari stasiun ini Anda bisa sewa mobil untuk drop ke Rajegwesi. Rutenya mulai dari Genteng – Jajag – Bangorejo – Siliragung – Pesanggaran – Kandangan – Pantai Rajegwesi.
  • Via Bus Antar Kota: Dari Terminal Jember atau Terminal Mengwi, Denpasar Anda turun saja di Terminal Jajag. Dari sini Anda bisa sewa mobil untuk drop ke Rajegwesi. Rutenya mulai dari Jajag – Bangorejo – Siliragung – Pesanggaran – Kandangan – Pantai Rajegwesi.
  • Via Travel Antar Kota: Dari kota-kota besar lain seperti Surabaya atau Malang atau Denpasar, Anda bisa menggunakan jasa travel antar kota dengan biaya sekitar Rp. 150.000 per orang. Namun maksimal Anda akan di drop Pasar Pesanggaran (selanjutnya Anda bisa sewa mobil untuk ke Pantai Rajegwesi). Jadwal pemberangkatan masing-masing travel ini berbeda-beda. Info lengkap bisa Anda hubungi layanan travel asli Banyuwangi seperti Bintang Wangi Trans.

Akses Dari Pantai Rajegwesi ke Teluk Hijau

Setelah Anda sampai di Pantai Rajegwesi, perjalanan Anda masih belum usai. Anda bisa memilih 2 akses jalan untuk menuju ke Teluk Hijau via jalur darat dan jalur laut.

  • Via jalur darat: Dari pantai Rajegwesi Anda bisa pesan ojek motor warga sekitar untuk di antar ke puncak bukit. Durasi perjalanan ojek motor sekitar 10 menit dengan biaya Rp. 10.000 / orang. Selanjutnya Anda harus berjalan kaki untuk turun dari puncak bukit hingga ke Teluk Hijau sejauh 1 kilometer. Akses jalan ini sudah bagus dengan tatanan beton cor selebar 1,5 meter.
  • Via jalur laut: Dari pantai Rajegwesi Anda harus memesan jasa perahu / boat nelayan untuk tujuan ke Teluk Hijau. Biaya boat Rp. 25.000 / orang (sekali jalan) atau Rp. 35.000 / orang (pulang pergi). Kapasitas kapal boat 6-8 orang. Durasi perjalanan laut sekitar 15 menit dan langsung sampai di lokasi Teluk Hijau. Catatan: Selama ombak sedang bagus, maka jasa angkut kapal ini dapat beroperasi.

Kapal Rajegwesi Teluk Hijau

Fasilitas Umum di Teluk Hijau Banyuwangi

Di Teluk Hijau, Anda hanya akan mendapati area wisata yang natural. Tidak ada orang berjualan, hanya ada rerimbunan hutan dan suara ombak. Terdapat 1 mushola dan toilet alam yang bertiraikan anyaman daun kelapa serta sumber air tawar cuma ada di air terjun musiman. Adapun jika Anda butuh makanan atau minuman serta toilet, maka Anda bisa membelinya di area Pantai Rajegwesi.

Tiket Masuk Wisata Teluk Hijau Banyuwangi

Tiket masuk wisata mengikuti dengan harga tiket masuk TN Meru Betiri yaitu sebesar Rp. 5.000 / orang (weekday) dan Rp. 7.500 / orang (weekend dan hari libur nasional).

Informasi Tambahan

  • Bagi Anda yang ingin ke Teluk Hijau dengan akses laut, pastikan Anda membawa baju ganti untuk antisipasi basah karena cipratan ombak selama di kapal boat.
  • Bawa air minum secukupnya selama berada di Teluk Hijau.
  • Jangan mandi di sekitar Teluk Hijau karena ombak cukup keras dan dekat dengan area karang. Saat tubuh Anda tidak siap, Anda bisa tertarik arus ombak.
  • Hati-hati dengan monyet yang ada di area tersebut, karena terkadang monyet tersebut suka mengambil barang-barang pengunjung yang lali tak terjaga.
  • Wisata ini ditutup pukul 17:00 WIB, jangan mencoba menginap di area ini karena ada beberapa titik yang angker dan diskralkan serta hewan liar yang bisa mengganggu setiap saat.

Demikian informasi lengkap tentang Teluk Hijau Banyuwangi. Kritik dan saran dari artikel ini kami tunggu di kolom komentar dan akan kami update kemudian.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!