Beranda » Berita » Mengenal Medan Pendakian Kawah Ijen Banyuwangi

Tepat sekali jika Anda memilih berkunjung ke wisata Kawah Ijen tatkala sudah tiba di bumi Blambangan, Banyuwangi. Kawah Ijen menjadi wisata yang sangat digandrungi oleh semua wisatawan. Meskipun rute pendakian Kawah Ijen ini bisa dibilang tidak mudah, terbukti disetiap malam ribuan orang sanggup mencapai puncak gunung paling eksotis ini.

Drone Pendakian Kawah Ijen

Dengan ketinggian mencapat 2.386 mdpl, Gunung Ijen menjadi salah satu destinasi wisata gunung milik Banyuwangi yang memiliki akses jalan paling mudah. Pemerintah sudah menyiapkan prasarana jalan dari Banyuwangi menuju Pos Paltuding dengan kontur jalan aspal mulus. Anda bisa menempuh waktu sekitar 1 jam dari Banyuwangi kota menuju ke pos pemberhentian kendaraan terakhir (Pos Paltuding).

BACA JUGA: Akses Termudah Menuju Kawah Ijen via Banyuwangi

Ketika Anda sudah berada di Pos Paltuding, disini saatnya tekad dan fisik Anda diuji. Medan jalan trekking/pendakian harus Anda lalui untuk mencapai puncak Gunung Ijen. Adapun detil dari beberapa hal tentang pendakian Kawah Ijen Banyuwangi bisa Anda pahami berikut ini.

1# Jarak Tempuh Pendakian Kawah Ijen

Dari pos Paltuding, jarak pendakian menuju puncak sekitar 3,4 km. Anda harus mendaki dengan cara jalan kaki hingga mencapai puncak. Jarak tersebut sudah dihitung sesuai dengan kelokan-kelokan yang dibuat. Pastikan Anda sudah menyiapkan perlengkapan trekking yang memadahi.

Medan Jalan dan Jurang Pendakian Kawah Ijen

2# Medan Jalan Pendakian Kawah Ijen

Medan jalan yang dilalui adalah kontur merah tanah dengan sedikit berpasir. Luas jalan ada yang mencapai 3 meter dan ada yang seluas 1,5 meter dengan bagian kiri dan kanan jurang (waspada). Gunakan sandal atau sepatu trekking dengan tekstur bawah yang kasar untuk mengurangi resiko terpeleset.

Akses Jalan Tanah Pendakian Kawah Ijen

3# Durasi Pendakian Kawah Ijen

Rata-rata jarak 3,4 km tersebut ditempuh dengan durasi sekitar 2 jam. Beberapa sudut tanjakan yang mencapai kemiringan 40 derajat terhadap bidang datar cukup melelahkan, sehingga seringkali para pendaki berhenti sejenak untuk beristirahat.

4# Jam Pendakian Kawah Ijen

Loket Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen dibuka pada jam 01:00 WIB dini hari. Dimana waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk melakukan pendakian karena cuaca relatif lebih stabil. Anda juga memiliki kemungkinan besar bisa melihat blue fire Kawah Ijen sebelum tak terlihat pada jam 05:00 WIB menjelang pagi.

5# Gangguan Fisik Selama Pendakian Kawah Ijen

Gangguan fisik yang seringkali dirasakan selama pendakian adalah suhu udara yang dingin, mengantuk, lelah, dan nafas yang terasa sesak. Anda harus benar-benar mempersiapkan fisik Anda dengan baik sebelum menempuh jalur trekking ini.

Bagi orang yang terbiasa tinggal di dataran rendah dengan kadar oksigen yang banyak, tentu akan terasa ngos-ngosan ketika berada di daerah ketinggian. Anda akan merasakan kadar oksigen yang lebih sedikit sehingga cukup terasa saat bernafas.

6# Kondisi Cuaca

Faktor cuaca ini sangat berpengaruh penting dalam kesuksesan pendakian Anda. Ketika hujan, medan jalan pendakian lebih licin dan tubuh akan terasa dingin sekali. Selain itu blue fire besar kemungkinan tidak terlihat.

Sedangkan saat musim angin kencang, di puncak cukup berbahaya. Anda harus menjaga keseimbangan tubuh agar tidak terhempas ke jurang. Kemudian asap kawah juga berhembus lebih tebal sehingga bau belerang bisa membuat Anda batuk dan pedih di mata.

BACA JUGA: 12 Fakta-Fakta Unik Kawah Ijen

Informasi Tambahan

  • Khusus penderita penyakit jantung, hipertensi, dan asma atau penyakit pernafasan lain, dilarang melakukan pendakian.
  • Anda bisa menyewa jasa gerobak dorong manusia untuk di antar hingga puncak.
  • Bawa perlengkapan trekking seperti senter, sepatu/sandal daki, jaket, jas hujan, dan masker.
  • Gunakan jasa guide atau layanan tour untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang wisata Kawah Ijen.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi. Melayani Paket Wisata Banyuwangi dan Travel Antar Kota Banyuwangi - Surabaya/Malang/Denpasar (PP). Hotline: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823 atau 081553-739-539. Email: travelbwicom@gmail.com

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!