Beranda » Berita » Mengenal Desa Wisata Songgon Banyuwangi

Songgon, merupakan salah satu kecamatan yang berada di Banyuwangi dan berada di daerah dataran tinggi. Potensi alam yang berada di ketinggian ini menjadikan mayoritas masyarakat berprofesi dibidang perkebunan. Selain itu, suhu yang relatif dingin menjadikan area ini sebagai jujugan para wisatawan yang datang ke Banyuwangi. Karena itu banyak sekali dibuka berbagai tempat wisata Songgon Banyuwangi.

Songgon berada di kaki Gunung Raung Banyuwangi dan memiliki potensi alam berupa sungai mata air asli pegunungan, hasil alam perkebunan, dan banyak titik area air terjun.

Adapun akses dari Banyuwangi kota menuju ke wisata Songgon Banyuwangi membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 26 kilometer. Kondisi jalan raya mulai dari Rogojampi ke barat relatif sempit namun sudah beraspal. Berikut peta Songgon Banyuwangi via GMaps.

Dalam bidang pariwisata Banyuwangi, nama Songgon cukuplah terkenal sebagai salah satu area wisata. Songgon memiliki banyak sekali spot wisata yang bisa dikunjungi dalam satu kecamatan tersebut. Dan berikut ini kami jelaskan tentang beberapa wisata terkenal dan terpopuler di Songgon Banyuwangi.

7 Wisata Songgon Banyuwangi

1# Hutan Pinus Songgon

Di area dataran tinggi, hutan pinus selalu menjadi lokasi yang rindang dan sejuk untuk menemani kegiatan wisata Anda. Salah satu wisata pinus di Banyuwangi adalah di Hutan Pinus Songgon ini.

Hutan Pinus Wisata Songgon Banyuwangi

Hutan Pinus Songgon memiliki pemandangan yang sejuk dengan seluruh area yang penuh ditumbuhi oleh pohon pinus. Di bagian bawah pohon pinus, pengelola wisata menambahkan beberapa spot permainan dan foto yang sangat unik seperti bola dan payung warna-warni, rumah kayu, ayunan, gerbang bunga, sewa kuda, dan sungai yang mengalir desar di bawahnya.

2# Rafting dan Tubing X-Badeng

Songgon juga memiliki sungai bersumber dari mata air pegunungan yang sangat segar. Kondisi sungai yang relatif berisi oleh bebatuan muntahan gunung menciptakan spot arung jeram yang bagus. Pengelola wisata setempat sukses menciptakan rute rafting dan tubing yang bisa Anda gunakan untuk beruji nyali.

Rafting Songgon Wisata Songgon Banyuwangi

Dengan jarak yang ditempuh hingga 7 kilometer, Anda bisa memilih jenis permainan air Rafting atau Tubing untuk kelompok Anda. Permainan air ini akan memacu andrenalin Anda dalam mengarungi sungai lereng Gunung Raung. Tentu, Anda akan ditemani oleh skipper berpengalaman serta peralatan keamanan standar arung jeram.

3# Rowo Bayu

Rowo Bayu merupakan area wisata sejarah yang ada di Songgon Banyuwangi. Wisata ini menjadi saksi bisu bagaimana perjuangan rakyat Banyuwangi yang dipimpin oleh Prabu Tawang Alun melawan para penjajah.

Rowo Bayu Wisata Songgon Banyuwangi

Wisata Rowo Bayu memiliki spot-spot religi yang dijadikan tempat sakral untuk warga setempat. Beberapa area seperti petilasan, sumber mata air, dan rawa itu sendiri memiliki makna sejarah yang luar biasa. Anda juga dapat berkunjung di wisata ini dan melihat beberapa candi-candi bangunan bersejarah lainnya.

4# Green Gumuk Candi

Green Gumuk Candi sebenarnya adalah wisata baru yang ada di Songgon Banyuwangi. Wisata ini menawarkan area kolam pemandian umum yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga Anda. Kolam renang ini berada di ketinggian yang disekelilingnya terdapat pepohonan hijau rindang.

Green Gumuk Candi Wisata Songgon Banyuwangi

Untuk menuju ke area wisata ini, Anda cukup menyiapkan HTM sekitar Rp. 5.000,- dan Anda bisa menikmati semua spot wisata di Green Gumuk Candi. Spot wisata tersebut mulai dari kolam renang, gazebo-gazebo teduh, serta omah kayu yang sangat asyik untuk bersantai.

5# Air Terjun Temcor

Air Terjun Temcor ini memiliki keunikan yang luar biasa bagi seluruh mata yang memandang. Air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter ini memiliki titik aliran air yang sangat banyak. Semuanya aliran air tersebut berasal dari curahan sawah-sawah disekitar hulu air terjun Temcor.

Air Terjun Temcor Wisata Songgon Banyuwangi

Nama Temcor sendiri berasal dari bahasa Madura yaitu Temor Cora, dengan arti adalah Timur Jurang. Atau dideskripsikan bahwa air terjun ini berada di sebelah timur jurang Desa Sragi, Songgon, Banyuwangi.

Selain air terjun Temcor, masih ada banyak lagi air terjun di sekitar Songgon seperti air terjun Telunjuk Raung, air terjun Lider, air terjun Selendang Arum, air terjun Lereng Raung, air terjun Gili Asih, air terjun Sempol, dan sebagainya.

6# Villa Bejong

Villa Bejong sebenarnya adalah nama sebuah penginapan di area Songgon Banyuwangi. Villa ini selain menyediakan tempat menginap juga memiliki pemandangan yang sangat indah mempesona disekelilingnya.

Villa Bejong Wisata Songgon Banyuwangi

Perlu diketahui bahwa tempat ini tidak hanya membuka fasilitas penginapan, pengunjung yang hanya sekedar melihat-lihat dan berfoto saja juga boleh masuk area ini. Ada banyak spot foto dari ketinggian yang sangat indah di area ini.

7# Wisata Buah-Buahan

Songgon Banyuwangi juga memiliki potensi alam perkebunan yang luar biasa. Banyak sekali petani yang menanam berbagai macam buah di desa ini. Bahkan salah satu agenda Festival Buah Banyuwangi, Songgon adalah lokasi acara tersebut digelar.

BACA JUGA: Camilan-camilan Khas Banyuwangi

Berbagai macam buah-buahan yang ada di Songgon seperti Durian, Manggis, Pisang, Kepundung, Langsep, dan lain sebagainya.

Mari datang ke Banyuwangi, dan saatnya eksplorasi wisata Songgon Banyuwangi yang memiliki potensi pariwisata luar biasa. Informasi tambahan hubungi CS kami di 0852-3434-2470

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!