Camilan Khas Banyuwangi

24 Februari 2018 76x Kuliner

Beranda » Kuliner » Camilan Khas Banyuwangi

Banyuwangi memiliki sejuta wisata elok nan rupawan mulai dari bahari hingga pegunungan. Rasanya tidak akan cukup untuk menikmatinya semua wisata tersebut dalam waktu satu hari. Belum lagi wisata kuliner khas Banyuwangi yang bisa memanjakan lidah Anda.

Wisata kuliner identik dengan oleh-oleh atau buah tangan. Rasanya tidak genap jika pulang dari Banyuwangi tanpa membawa oleh-oleh dari kota Gandrung ini. Banyak pilihan kuliner dan jajanan yang bisa Anda coba sebagai salah satu buah tangan terbaik dan unik.

Tidak sulit bagi kaum turis lokal maupun turis asing menemukan oleh-oleh khas Banyuwangi di hari-hari biasa, termasuk camilan asli Banyuwangi. Berikut beberapa jenis camilan khas dari Banyuwangi:

1. Bagiak

Camilan yang paling terfavorit dan paling dicari-cari oleh wisatawan adalah kue kering bagiak. Bagiak  merupakan kue kering berukuran sebesar jari telunjuk orang dewasa dengan dominan rasa susu yang menonjol. Bahan dasarnya dari tepung sagu dan kelapa parut. Kue bagiak memiliki berbagai varian rasa antara lain, original, kacang susu, coklat, jahe, stroberi, pandan, keju, dan lain-lain.

Bagiak Khas Banyuwangi

Filosofi kue Bagiak adalah sebagai rasa bersyukur kepada Tuhan Sang Pencipta atas melimpahnya hasil panen serta sebagai wujud rasa keberhasilan besar melawan hawa nafsu manusia.

2. Klemben

Kue yang satu ini biasa disebut bolu kuwuk yang memiliki rasa tidak kalah enak dengan kue bagiak. Kue ini memiliki tekstur rasa yang lembut, empuk, dan rasa manis yang tidak berlebihan.

Klemben Bolu Khas Banyuwangi

Bentuk kue klemben umumnya adalah oval. Namun, tangan-tangan kreatifitas manusia merubah bentuk kue klemben dengan bentuk ikan, bunga, dan lain sebagainya.

Klemben ada yang berjenis kue basah dan kue  kering. Jenis yang basah bisa bertahan sampai maksimal 5 hari, sedangkan kue kering bertahan hingga 1 bulan. Kue klemben biasanya dijual sudah dalam bentuk kemasan rapi.

3. Sale Pisang

Sale pisang merupakan camilan yang terbuat dari pisang yang disisir tipis-tipis kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari atau juga bisa di oven jika cuaca tidak memungkinkan. Camilan ini banyak sekali yang memproduksinya, karena dahulu Banyuwangi dikenal sebagai kota pisang.

Terdapat beberapa macam varian dari camilan sale pisang antara lain, keripik sale pisang, molen sale pisang, dan sale pisang goreng.

4. Kue untir-untir

Kue ini memiliki bentuk seperti tambang yang memiliki rasa gurih dan lezat. Menggunakan bahan dasar tepung terigu dan kacang tanah, kue ini menjadi camilan sederhana yang sangat populer di Banyuwangi. Bahkan di hari lebaran, kue ini seringkali disajikan sebagai camilan tamu yang datang untuk bersilaturahmi.

Untir untir Khas Banyuwangi

5. Manisan Cerme

Buah cerme merupakan buah sejenis belimbing dan memiliki warna hijau kekuning-kuningan yang tumbuh di daerah Banyuwangi. Manisan cerme memiliki rasa asam manis yang cocok dikonsumsi kala siang hari atau saat cuaca panas.

Manisan Cerme Khas Banyuwangi

6. Krupuk Rumput Laut

Kerupuk sangat banyak sekali penggilannya bagi semua kalangan. Mulai dari bentuk, ukuran, warna, rasa, kerenyahan, dan nilai gizi. Masyarakat Banyuwaangi membuat inovasi dengan membuat kerupuk dengan bahan dasar rumput laut yang memiliki gizi tinggi. Makanan ini cocok disantap saat makan maupun dijadikan camilan saat sedang santai.

Kerupuk Rumput Laut Khas Banyuwangi

7. Pia Glenmore

Pia Glenmore diambil dari salah satu nama Kecamatan yang ada di Banyuwangi dan diproduksi langsung di kecamatan tersebut. Warna kulit pia yaitu kuning kecoklatan dengan bentuk bulat agak lonjong gemuk. Diatasnya ada tanda titik-titik warna, menunjukkan jika warnanya coklat berarti rasa coklat, warna pink rasa strawberry, warna hijau rasa kacang hijau dan lain sebagainya. Cocok dikonsumsi saat sore hari bersama keluarga dan teman-teman.

Pia Glenmore Khas Banyuwangi

8. Savana Cake

Savana Cake merupakan produk oleh-oleh keluaran terbaru khas Banyuwangi. Bahan dasar dari roti ini adalah pisang yang diolah seperti bolu kukus. Varian rasa yang ditawarkan cuku unik dengan menggunakan nama tempat-tempat wisata. Varian rasa Savana Cake antar lain blue fire (rasa permen karet), wedi ireng (rasa capucino), red island (rasa red velvet), green bay (rasa green tea), dan masih banyak lagi. Ini menunjukkan bahwa satu varian cake bisa mewakili keindahan wisata Banyuwangi salah satunya.

Savana Cake Khas Banyuwangi

Savana Cake adalah produk jajanan khas Banyuwangi yang dimiliki oleh duta wisata Banyuwangi, artis Fitri Carlina.

Camilan-camilan khas Banyuwangi ini bisa dijumpai di tempat pusat oleh-oleh yang berada di setiap pojok kota Banyuwangi. Camilan khas Banyuwangi menjadi suatu simbol buah tangan setelah berkunjung ke kota Sunrise of Java.

Baca Juga: Sego Tempong, Kuliner Khas Banyuwangi Bagi Pecinta Pedas

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!