Beranda » Kuliner » 15 Kuliner Khas Banyuwangi Paling Legendaris

Makan, adalah rutinitas yang pasti dilakukan setiap orang. Namun untuk mencicipi kuliner, bukanlah menjadi rutinitas lagi. Hanya orang-orang berhobi kuliner yang pasti akan memanjakan lidahnya dengan makanan-makanan unik suatu daerah. Dan tentu yang harus Anda coba adalah kuliner khas Banyuwangi.

Kuliner khas Banyuwangi berikut akan memberikan Anda sensasi pengalaman (experience) wisata kuliner yang tidak akan pernah Anda lupakan. Semua kuliner ini tak akan Anda temukan di daerah lain karena diracik dengan bumbu khas warisan leluhur.

1# Rujak Soto Banyuwangi

Kuliner ini merupakan yang paling unik dan selalu diburu para wisatawan. Meski namanya terdengar aneh, tapi ketika Anda mencicipinya dijamin lidah Anda akan takjub. Kuliner ini memadukan lontong dengan bumbu kacang ditambah kuah soto yang sangat sedap.

BACA JUGA: Rujak Soto, Aneh Namanya Enak Rasanya

Foto Rujak Soto Banyuwangi

Rujak Soto hanya bisa Anda temui di Banyuwangi. Anda dapat menikmati ini dengan datang ke rumah makan spesialis menu Rujak Soto. Silahkan ikut paket wisata Banyuwangi kami dan kami pastikan Anda mendapatkan sajian menu wisata kuliner ini.

2# Sego Tempong

Bagi yang doyan makanan pedas, Sego Tempong adalah jawabannya. Kuliner ini menjamin bibir Anda merah kepanasan dengan sambal segar khas Tempong Banyuwangi. Sambal tempong begitu khas karena dibuat dari tomat kembang / ranti yang memiliki rasa segar saat dipadukan dengan cabe rawit. Sehingga sambal ini memiliki pedas maksimal.

BACA JUGA: Sego Tempong, Kuliner Pedas Banyuwangi

Sego Tempong

 

Tempong berasal dari bahasa Osing yang berarti tampar. Dengan maksud rasa pedasnya serasa kena tampar luar biasa. Apalagi dengan tambahan sayur dan ikan asin yang melengkapi sajian Sego Tempong ini.

3# Pecel Rawon

Kuliner ini sangat ramai sekali dijadikan menu sarapan. Banyak sekali warung kuliner khas Banyuwangi yang menyediakan menu Pecel Rawon begitu ramai di pagi hari. Sajian bumbu pecel kacang dan kuah rawon akan membuat pengalaman kuliner baru bagi Anda.

Pecel Rawon - Kuliner Khas Banyuwangi

Rumah makan Pecel Rawon belum begitu banyak di Banyuwangi. Mayoritas hanya rumah makan daerah kota Banyuwangi yang menyediakan menu ini setiap saat.

4# Sego Cawuk

Sego Cawuk - Kuliner Khas Banyuwangi

Kuliner ini mirip dengan sego ayam Semarang. Rasanya cenderung manis, namun beda sajian yang ditampilkan. Dimana Sego Cawuk memiliki paduan trancam jagung yang berkuah santan. Sebagai pelengkap, ada pepes ikan laut yang ditambahkan sebagai protein utama kuliner khas Banyuwangi ini.

5# Pecel Pitik

Pecel Pitek adalah menu asli suku Osing Banyuwangi. Sajiannya berupa parutan kelapa yang ditaburi pada ayam bakar. Kemudian tambahan santan sebagai pelengkap kuahnya.

Pecel Pitik - Kuliner Khas Banyuwangi

Pecel pitek memiliki rasa cukup pedas. Jadi Anda harus berhati-hati saat makan kuliner khas Banyuwangi ini, terumta bagi anak-anak.

6# Pindang Koyong

Pindang Koyong - Kuliner Khas Banyuwangi

Pindang Koyong dibuat dengan santan kuah bening berminyak yang melumuri seluruh bagian daging ikan laut yang disediakan. Taburan bawang putih dan irisan cabe menjadi penyempurna makanan ini. Disajikan dengan hangat membuat rasa makanan ini makin mantab.

7# Ayam Kesrut

Ayam Kesrut - Kuliner Khas Banyuwangi

Sejak diadakan Festival Kuliner Ayam Kesrut 2018 lalu, menu kuliner ini makin terkenal. Sajiannya adalah ayam dimasak dengan cara direbus kemudian ditambahkan dengan sup dari paduan sere, cabai, bawang merah, bawang putih, terasi, lengkuas, gula, garam, dan buah blimbing wuluh.

8# Ayam Pedas

Ayam Pedas - Kuliner Khas Banyuwangi

Ayam pedas adalah makanan khas Banyuwangi daerah selatan. Menu makan ini dibuat dari ayam kampung yang dimasak dengan kuah santan kental dengan sensasi rasa pedas nendang. Dijamin Anda akan keringetan dengan menu makan ini.

9# Belut Pedas

Belut Pedas - Kuliner Khas Banyuwangi

Mirip dengan ayam pedas, menu sayur Belut Pedas menyajikan rasa yang sangat nikmat. Anda akan merasakan daging belut yang gurih meski sedikit ulet. Namun, kuah yang melumuri sangat nikmat tiada tara.

10# Sayur Kelor

Sayur Kelor - Kuliner Khas Banyuwangi

Sayur Kelor adalah makanan simpel yang setiap ibu rumah tangga bisa memasaknya. Menu ini merupakan paduan sayur asem bening dengan daun kelor sebagai isi utama. Khusus warga Banyuwangi, makanan ini dibuat dengan rasa agak asam dengan tambahan belimbing wuluh.

11# Sayur Klenthang

Sayur Klentang - Kuliner Khas Banyuwangi

Klenthang adalah buah dari pohon Kelor yang memiliki rasa sangat nikmat. Sayur ini juga dimasak dengan kuah asem bening dengan tambahan kecambah besar. Ketika Anda memakan klenthang, Anda akan merasakan seperti memakan ranting kayu, namun dibagian dalam tersebut terdapat rasa lembut yang nikmat dilidah.

12# Uyah Asem

Menu ini cukup langka disediakan di rumah makan daerah Banyuwangi. Hanya pemesanan khusus yang bisa dilayani. Karena makanan ini lebih sering dikonsumsi rakyat Banyuwangi pada umumnya.

Uyah Asem - Kuliner Khas Banyuwangi

Uyah asem terdiri dari daging ayam yang ditambahkan dengan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, belimbing wuluh, tomat kembang, daun jeruk, dan cabe rawit.

13# Lodeh Koro Pedas

Lodeh Koro - Kuliner Khas Banyuwangi

Sayur Koro memiliki rasa seperti kacang tanah namun berukuran besar. Koro sangat nikmat dimasak dengan bentuk santan pedas. Ditambah nasi yang hangat akan membuat rasa sayur ini terasa lebih mantab. Adapun sensai pedas adalah rasa wajib bagi makanan orang Banyuwangi.

14# Botok Tawon

Botok Tawon - Kuliner Khas Banyuwangi

Tawon dapat diolah menjadi makanan nikmat oleh orang Banyuwangi. Yaitu menjadikan menu botok yang sangat nikmat dengan rasa pedas setelah dikukus hingga basah. Botok Tawon ini dijamin memberikan rasa yang asin dan asam sempurna bagi lidah Anda yang cinta kuliner.

15# Pelas Oling

Oling atau Sidat merupakan hewan yang cukup sulit ditangkap. Perlu keahlian khusus bagi para pemancing hewan ini. Namun selain hewan ini susah dicari, ternyata jika dimasak dengan bentuk pelas parutan kelapa dan irisan cabai.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!