Beranda » Tempat Wisata » Informasi Lengkap Taman Nasional Baluran

Pilihan lain wisata Banyuwangi yang bisa Anda tuju adalah Taman Nasional Baluran. Destinasi wisata ini sudah cukup populer di tingkat nasional. Beberapa film dan video short time seringkali menggunakan area wisata ini untuk pengambilan gambar. Acara tv MTMA juga pernah berulang kali menayangkan lokasi ini sebagai pusat tujuan wisata.

Taman Nasional adalah wisata hutan alami yang berada di Kabupaten Situbondo. Namun lokasi terdekat bisa diakses via Banyuwangi. Wisata ini memiliki 3 spot wisata utama yaitu Savana Bekol, Pantai Bama, dan Mangrove Trail.

Savana Bekol, Afrika-nya Indonesia

Savana Bekol adalah spot wisata di dalam area Baluran yang paling populer di Indonesia. Savana ini terdiri dari penampakan padang rumput yang sangat luas. Di area savana ini tidak banyak ditumbuhi pohon-pohon rimbun, hanya beberapa pohon saja yang mampu bertahan di tengah savana. Semua area dipenuhi oleh rerumputan hijau di musim penghujan.

Savana Bekol Baluran

Uniknya, disaat musim hujan savana ini terlihat hijau segar di mata. Sedangkan saat musim kemarau, segalanya terlihat abu-abu dan cokelat. Seolah-olah Anda melihat hamparan savana yang kering keronta. Disinilah keindahan yang nyata layaknya orang menyebut gurun afrika.

Satwa Liar Yang Sering Muncul

Ketika Anda memasuki area Baluran, dari loket Anda harus menempuh jalan sejauh 16 km untuk sampai ke spot pertama. Selama perjalanan Anda akan seringkali melihat kerumunan hutan yang dihiasi berbagai jenis varian burung. Selain itu, kemunculan Ayam Hutan juga seringkali bisa kita temui.

BACA JUGA: Paket Wisata Baluran – Bangsring – Ijen

Di area savana, hewan yang sering muncul adalah monyet, merak, kerbau hutan, banteng, dan rusa. Hewan-hewan tersebut biasanya muncul pada siang hari guna minum di area tandon air tengah savana. Sedangkan di spot lain hanya hewan monyet yang paling mendominasi muncul.

Musim Kemarau Savana Bekol Baluran

Lokasi Taman Nasional Baluran

Dalam peta wisata Banyuwangi, TN Baluran termasuk area wisata utara. Dari Banyuwangi kota wisata ini ditempuh ke utara arah Situbondo (jalur pantura). Waktu yang diperlukan untuk menuju ke wisata ini dari Banyuwangi kota sekitar 1 jam sampai di gate masuk tiket. Kemudian 1 jam lagi masuk area Baluran untuk sampai di spot pertama Savana Bekol.

Rute dan Akses ke Baluran

Untuk menuju ke Baluran, ada beberapa opsi transportasi yang bisa digunakan mulai dari akses udara, laut, dan darat. Berikut detil dari cara akses menuju Taman Nasional Baluran.

  • Via Pesawat Terbang: Dari Bandara Banyuwangi, Anda bisa melakukan perjalanan darat dengan cara menyewa mobil dan rutenya mulai dari Rogojampi – Banyuwangi Kota – Wongsorejo – Galekan – Batangan, Situbondo.
  • Via Kereta Api: Dari Stasiun Surabaya atau Stasiun Jember, paling efektif Anda turun di Stasiun Banyuwangi Baru, Banyuwangi. Dari stasiun ini Anda bisa sewa mobil ke TN Baluran dan rutenya mulai dari Ketapang, Banyuwangi – Wongsorejo – Galekan – Batangan, Situbondo.
  • Via Bus Antar Kota: Dari Terminal Jember atau Terminal Mengwi, Denpasar Anda turun saja di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Dari sini Anda bisa sewa mobil untuk drop ke TN Baluran dan rutenya mulai dari
  • Ketapang, Banyuwangi – Wongsorejo – Galekan – Batangan, Situbondo.
  • Via Travel Antar Kota: Dari kota-kota besar lain seperti Surabaya atau Malang, Anda bisa menggunakan jasa travel antar kota dengan biaya sekitar Rp. 150.000 per orang. Anda akan di drop langsung di Pos loket Taman Nasional Baluran. Jadwal pemberangkatan masing-masing travel ini berbeda-beda. Info lengkap bisa Anda hubungi layanan travel asli Banyuwangi seperti Bintang Wangi Trans.

Fasilitas Umum di TN Baluran

Di pos loket, disediakan toilet umum yang bisa Anda gunakan sebelum memasuki area hutan sejauh 16 km. Kemudian di savana Bekol dan pantai Bama juga dilengkap dengan area parkir, toilet umum, mushola, dan warung atau kantin.

Tiket Masuk Wisata TN Baluran

Harga tiket masuk (HTM) WNI sebesar Rp. 15.000 / orang (weekday) dan Rp. 17.500 / orang (weekend). Loket dibuka mulai jam 07:30 WIB s/d jam 17:00 WIB.

Baluran

Informasi Tambahan

  • Kendaraan paling besar yang mampu masuk ke area TN Baluran adalah bus medium 30 seat. Lebih dari itu kendaran tidak bisa masuk karena ranting pohon terlalu rendah dan jalan cukup sempit untuk papasan.
  • Pastikan kendaraan Anda fit karena tekstur jalan cukup terjal.
  • Akses jalan saat ini berupa jalan makadam dengan tekstur tanah-aspal rusak.
  • Gangguan cuaca bisa terjadi sewaktu-waktu seperti hujan, dan bila ini terjadi wisata ini seringkali terjadi bajir di beberapa jembatan tengah perjalanan ke savana.
  • Hati-hati terhadap monyet liar yang Anda temui. Monyet tersebut bisa sewaktu-waktu merampas barang-barang atau makanan Anda.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!