Beranda » Tempat Wisata » Informasi Lengkap Bangsring Underwater Banyuwangi

Di daerah utara Banyuwangi, terdapat salah satu wana wisata yang cukup unik. Bisa dibilang wisata ini termasuk wisata buatan yang didominasi oleh permainan air. Berawal dari pemanfaatan wilayah pantai yang disulap menjadi area wisata dengan berbagai biota alam yang dilestarikan. Wisata ini bernama Bangsring Underwater (Bunder) atau Rumah Apung Bangsring.

Bangsring adalah nama dari suatu desa di kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Area ini mayoritas berada di area pesisir selat Bali dan mata pencaharian penduduk sebagian besar adalah nelayan.

Bangsring Underwater Pesona Indonesia

Sejarah Wisata Bangsring Underwater

Dulu, area pantai Bangsring merupakan lokasi banyak ikan-ikan laut yang siap konsumsi. Area pantai ini menjadi ladang pekerjaan para nelayan setempat untuk melaut. Tak dipungkiri, banyaknya biota laut yang ada di area ini menjadi sasaran aksi penjarahan laut yang sangat menggila. Banyak oknum-oknum nelayan dengan sengaja mencari ikan dengan cara-cara ilegal seperti bom laut dan potasium.

BACA JUGA: Paket Wisata Menjangan & Tabuhan

Sadar bahwa aksi ilegal tersebut lambat laut diketahui pihak berwajib, akhirnya para pemuda karang taruna setempat mencoba membuat ide kreatif. Salah satunya adalah membuka area wisata buatan dengan bermodal bangunan rumah terapung di dekat garis pantai.

Rumah Apung Bangsring Underwater

Rumah apung ini berada sekitar 100 meter dari garis pantai. Dua sisi di kanan kiri rumah apung diberi keranda tempat penangkaran ikan-ikan hias dan terumbu karang. Salah satu ikan hias yang cukup menarik perhatian adalah keranda berisi anak hiu.

Kini, Rumah Apung Bangsring yang dulu menjadi area penjarahan laut menjadi area pelestarian biota laut. Kegiatan penanaman terumbu karang setiap tahun juga terus dilakukan.

Lokasi Bangsring Underwater

Wisata ini berada di deretan pantai sebelah utara Kabupaten Banyuwangi. Waktu yang ditempuh sekitar 45 menit dari pusat kota Banyuwangi ke arah utara atau arah Situbondo.

Sedangkan dari jalan raya, Anda harus masuk ke jalan perkampungan sekitar 1 km ke arah timur. Ciri-ciri area masuk ke Bangsring adalah gapura bertuliskan Mutiara Pulau Tabuhan.

Rute dan Akses ke Bangsring

Untuk menuju ke Bangsring, ada beberapa opsi transportasi yang bisa digunakan mulai dari akses udara, laut, dan darat. Berikut detil dari cara akses menuju Bangsring Underwater.

  • Via Pesawat Terbang: Dari Bandara Banyuwangi, Anda bisa melakukan perjalanan darat dengan cara menyewa mobil dan rutenya mulai dari Rogojampi – Banyuwangi Kota – Wongsorejo – Bangsring.
  • Via Kereta Api: Dari Stasiun Surabaya atau Stasiun Jember, paling efektif Anda turun di Stasiun Banyuwangi Baru, Banyuwangi. Dari stasiun ini Anda bisa sewa mobil ke Bangsring dan rutenya mulai dari Ketapang, Banyuwangi – Wongsorejo – Bangsring.
  • Via Bus Antar Kota: Dari Terminal Jember atau Terminal Mengwi, Denpasar Anda turun saja di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Dari sini Anda bisa sewa mobil untuk drop ke Bangsring dan rutenya mulai dari Ketapang, Banyuwangi – Wongsorejo – Bangsring.
  • Via Travel Antar Kota: Dari kota-kota besar lain seperti Surabaya atau Malang, Anda bisa menggunakan jasa travel antar kota dengan biaya sekitar Rp. 150.000 per orang. Anda akan di drop langsung di lokasi wisata Bangsring Underwater. Jadwal pemberangkatan masing-masing travel ini berbeda-beda. Info lengkap bisa Anda hubungi layanan travel asli Banyuwangi seperti Bintang Wangi Trans.

Fasilitas Umum di Bangsring Underwater

Disediakan toilet umum yang bisa Anda gunakan untuk ganti baju pasca bermain air. Kemudian terdapat warung-warung lokal, mushola, area parkir yang luas, penyewaan alat snorkeling dan diving, penyewaan kapal boat ke pulau Menjangan atau Tabuhan, homestay atau penginapan, serta gazebo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai.

Bangsring Underwater Snorkeling

Tiket Masuk Wisata TN Bangsring

Harga tiket masuk (HTM) sebesar Rp. 1.000 / orang. Harga tiket transport lokal dari jalan raya utama ke lokasi wisata Rp. 5.000 / orang (PP). Harga tiket kapal boat dari bibir pantai ke rumah apung sebesar Rp. 5.000 / orang (PP). Loket dibuka mulai jam 07:00 WIB s/d jam 17:00 WIB.

Informasi Tambahan

  • Kendaraan paling besar yang mampu masuk ke area TN Baluran adalah bus medium 30 seat. Kendaraan lebih besar dari itu Anda harus menggunakan jasa transport lokal dari jalan raya utama ke lokasi wisata.
  • Mohon berhati-hati bagi para pengendara yang masuk ke area jalan perkampungan, karena cukup banyak anak kecil bermain di jalan. Kurangi kecepatan dan tetap waspada saat berpapasan.
  • Bagi yang ingin bermain snorkeling, jangan lupa membawa perlengkapan pakaian ganti. Sewa alat snorkeling (masker) dan pelampung sebesar Rp. 35.000.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!