Beranda » Tempat Wisata » Informasi Lengkap Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Jika Anda pernah mendengar nama wisata Pulau Merah Banyuwangi, berarti Anda cukup familiar dengan berita Kabupaten Banyuwangi. Ya, Pulau Merah adalah salah satu wisata andalan yang ada di Banyuwangi tepatnya daerah Banyuwangi selatan. Penampakan pantai yang menghadap samudera hindia ini memiliki spot pemandangan yang sangat indah dan menawan. Cocok sekali sebagai destinasi wisata jalan-jalan dan liburan bagi Anda dan keluarga.

Pulau Merah

Sejarah Pulau Merah Banyuwangi

Nama Pulau Merah sebenarnya booming baru akhir-akhir ini, mungkin sekitar 10 tahun terakhir. Sebelumnya nama pantai ini adalah mirip dengan nama lokasi desanya, yaitu Pantai Wringinpitu di Desa Wringinagung. Kemudian berubah nama menjadi Pulau Merah lantaran banyak warga yang singgah di pantai ini seringkali melihat gugusan bukit di dekat bibir pantai yang berwarna kemerah-merahan saat pagi dan sore hari. Lambat laun dengan dorongan dari program keparwisataan bupati Banyuwangi, secara resmi diubahlah nama Pantai Wringinpitu menjadi Pantai Pulau Merah.

Disebelah timur area parkir Pulau Merah juga terdapat tempat peribadatan umat Hindu, yaitu Pura Tawang Alun. Pura ini sangat ramai sekali dikunjungi umat Hindu terutama saat acara-acara keagamaan sembari mampir menikmati keindahan pantai pasca acara ibadah. Bahkan, beberapa orang Hindu dari Bali ada juga yang mampir ke pura tersebut sebelum berwisata ke Pulau Merah.

Lokasi Pulau Merah Banyuwangi

Pulau Merah berada di alamat Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Kecamatan ini merupakan area Banyuwangi selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Jarak dari Banyuwangi kota ke Pulau Merah sekitar 2 jam dengan kendaraan bermotor.

 

Meski cukup jauh, Pulau Merah tetap menjadi tujuan wisata yang sangat menarik terutama disore hari. Jarak tak akan menjadi penghalang bagi para pelancong wisata untuk datang dan menyaksikan keindahan pantai ini secara langsung.

Hotel di Pulau Merah Banyuwangi

Untuk saat ini, di sekitar area Pulau Merah belum ada hotel yang menginvestasikan diri. Kebanyakan adalah homestay-homestay yang tumbuh menjamur disekitar pintu masuk Pulau Merah. Jadi, bila Anda berharap akan menginap di sekitar Pulau Merah, Anda harus siap tidur dirumah-rumah warga yang disewakan. Tapi tenang saja, homestay disana dijamin cukup bersih dan memiliki layanan kamar AC. Rentang harga dari homestay ini sekitar Rp. 150.0000 (non-AC) dan Rp. 250.000 (full AC).

Homestay Pulau Merah

Rute dan Akses ke Pulau Merah Banyuwangi

Untuk menuju ke Pulau Merah, ada beberapa opsi transportasi yang bisa digunakan mulai dari akses udara, laut, dan darat. Berikut detil dari cara akses menuju Pulau Merah Banyuwangi

  • Via Pesawat Terbang: Dari Bandara Banyuwangi, Anda bisa melakukan perjalanan darat dengan cara menyewa mobil dan rutenya mulai dari Rogojampi – Srono – Jajag – Bangorejo – Siliragung – Pesanggaran.
  • Via Kereta Api: Dari Stasiun Surabaya atau Stasiun Jember, paling efektif Anda turun di Stasiun Kalisetail, Genteng-Banyuwangi. Dari stasiun ini Anda bisa sewa mobil untuk drop ke Pulau Merah dan rutenya mulai dari Genteng – Jajag – Bangorejo – Siliragung – Pesanggaran.
  • Via Bus Antar Kota: Dari Terminal Jember atau Terminal Mengwi, Denpasar Anda turun saja di Terminal Jajag. Dari sini Anda bisa sewa mobil untuk drop ke Pulau Merah dan rutenya mulai dari Jajag – Bangorejo – Siliragung – Pesanggaran.
  • Via Travel Antar Kota: Dari kota-kota besar lain seperti Surabaya atau Malang atau Denpasar, Anda bisa menggunakan jasa travel antar kota per orangan dengan biaya sekitar Rp. 250.000 per orang dan akan di drop langsung ke Pulau Merah. Jadwal pemberangkatan masing-masing travel ini berbeda-beda. Info lengkap bisa Anda hubungi layanan travel asli Banyuwangi seperti Bintang Wangi Trans.

Fasilitas Umum Wisata Pulau Merah

Fasilitas yang ada di Pulau Merah ini mulai dari parkir umum untuk semua jenis kendaraan darat, toilet, mushola, penyewaan payung pantai (Rp. 20.000 / jam untuk 2 orang), rumah makan seafood, warung kopi dan es degan, serta asongan penjual buah-buahan.

Payung Pulau Merah Banyuwangi

Tiket Masuk Pulau Merah

Saat ini, tiket masuk wisata Pulau Merah hanya Rp. 8.000 / orang. Khusus untuk rombongan elf atau bus akan ada bonus uang kopi dari petugas tiket.

Informasi Tambahan

  • Bagi Anda pecinta surfing / selancar, Anda bisa memanfaatkan ombak Pulau Merah untuk bermain surfing disana. Banyak sekali anak-anak dan dewasa yang setiap hari bermain surfing bersama-sama, termasuk pengunjung wisata mancanegara.
  • Bagi yang ingin menyeberang ke bukit Pulau Merah, Anda bisa menuju ke bukit tersebut di saat air surut. Di bukit tersebut Anda dapat melihat warna batu dan pasir yang kemerah-merahan.
  • Di musim hujan, pantai ini cenderung agak kotor dikarenakan banyak sampah laut yang terhempas ke daratan serta air yang keruh. Jadi mohon dimaklumi.

Keindahan Pulau Merah yang paling menarik adalah sebagai wisata untuk menunggu sunset (matahari tenggelam). Para pecinta fenomena sunset tentu akan menanti dengan sabar kondisi ini asalkan cuaca sedang cerah dan sunset akan terjadi sempurna.

Demikian informasi lengkap tentang Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Kritik dan saran dari artikel ini kami tunggu di kolom komentar dan akan kami update kemudian.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!