Beranda » Berita » 7 Fakta Unik Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Salah satu ikon wisata laut di Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah. Dimana pantai ini menjadi destinasi pariwisata Banyuwangi yang wajib dikunjungi oleh setiap pengunjung. Tentunya pantai dan area sekitar wisata ini memiliki beberapa keunikan khas yang mempesona dari sudut pandang alam dan sosial-budaya.

Berikut ini adalah lokasi Pantai Pulau Merah Banyuwangi yang berada di area Kecamatan Pesanggaran. Yaitu daerah disebelah selatan Kabupaten Banyuwangi.

7 Fakta Unik Pantai Pulau Merah

1# Khas Bukit di Dekat Pantai

Hal yang paling khas dari foto yang Anda dapatkan selama berada di Pulau Merah adalah keberadaan bukit kecil tepat di sisi tenggara dari area wisata ini. Bukit tersebut juga menjadi alasan kenapa nama Pulau Merah muncul.

Bukit - Pantai Pulau Merah

Dulu, pantai daerah ini disebut sebagai Pantai Wringin Pitu, namun kini berubah menjadi nama beken sebagai Pantai Pulau Merah. Istilah merah yang dimaksud adalah warna kemerah-merahan yang ada di dataran kecil dibawah bukit berjarak 150 meter tersebut (dari garis pantai).

Warna kemerahan tersebut terlihat jelas pada pasir dan tanah yang berada di area bukit tersebut. Apalagi saat pagi dan sore, warna merahnya semakin tajam terlihat sekilas mata. Karena itulah menjadi dasar sebagai sebutan Pulau Merah.

2# Cocok untuk Belajar Surfing

Salah satu keunggulan yang ditawarkan pantai ini adalah sebagai spot surfing atau selancar yang cukup bagus. Pantai ini mendapat gempuran ombak dari Samudera Hindia dan bisa dimanfaatkan untuk olahraga air tersebut.

Surfing - Pantai Pulau Merah

Namun, karena ombak yang datang cenderung tidak begitu tinggi mudah pecah, lebih sering digunakan untuk belajar para pemain surfing pemula.

Di tahun 2014 lalu, acara International Surfing juga sempat diadakan di pantai Pulau Merah dalam tajuk Banyuwangi Festival kategori sport tourism.

3# Spot Sunset Terbaik di Banyuwangi

Secara geografis, Banyuwangi didominasi oleh batas pantai pada bagian timur dan selatan. Karena itu spot sunrise (matahari terbit) lebih banyak di kota The Sunrise of Java ini.

Sunset - Pantai Pulau Merah

Namun bukan berarti Banyuwangi tak memiliki pantai dengan pemandangan sunset (matahari tenggelam). Karena Pulau Merah menawarkan area lokasi spot sunset hunter tersebut yang tak kalah keren dan mempesona. Cocok untuk agenda bersantai Anda di sore hari.

4# Terdapat Camping Area

Camping tenda - Pantai Pulau Merah

Di dekat area parkir wisata Pulau Merah, terdapat area camp yang cocok untuk agenda berkemah. Area ini cukup rindang dengan pohon-pohon tinggi yang berdaun lebat serta aman dari gangguan hewan buas.

BACA: 5 Tempat Wisata Camping Banyuwangi

5# Di Dekat Area Tambang Emas

Salah satu hasil bumi baru yang ditemukan di Banyuwangi adalah keberadaan Tambang Emas. Tepatnya di dekat bukit Tumpang Pitu Pesanggaran Banyuwangi yang dikelola oleh PT Bumi Sukses Indo.

Tambang Emas - Pantai Pulau Merah

Lokasi tambang emas ini berada di balik wisata Pulau Merah dan Anda bisa melihat lalu lalang aktivitas pertambangan disekitar area wisata ini.

6# Pusat Area Petani Buah Naga

Jika mungkin di kota-kota besar harga Buah Naga cenderung mahal, maka hal itu tidak berlaku bagi penduduk sekitar wisata Pulau Merah. Dimana warga setempat mayoritas memiliki tanaman Buah Naga yang sangat melimpah.

Petani naga - Pantai Pulau Merah

Pada musim panen, penjual buah naga setempat bisa memberikan harga diskon termurah hingga Rp10.000 per 6 kg.

7# Homestay dan Villa Milik Warga Setempat

Jika Anda berencana menginap di wisata Pulau Merah, tenang saja dan jangan panik. Meski tidak ada hotel mewah dan megah di dekat wisata ini, warga sekitar sudah menyiapkan penginapan murah meriah.

Harga mulai dari Rp100.000 – Rp500.000 per kamar, Anda bisa menginap semalaman di homestay-homestay sekitar. Jarak penginapan ke pantai pun sangat dekat, sekitar 100 meter dari garis pantai.


Jika Anda hendak berwisata ke Pulau Merah Banyuwangi, jangan lupa gunakan jasa paket wisata Banyuwangi atau paket tour Banyuwangi murah yang kami sediakan.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!