Beranda » Berita » Fakta-Fakta Unik Bandara Banyuwangi

Semenjak diresmikan moda transportasi bandar udara di Banyuwangi tahun 2010, kini kota the sunrise of java ini semakin populer didatangi oleh wisatawan. Terbukti peningkatan jumlah penumpang di Bandara Banyuwangi meningkat hingga 20x lipat di 7 tahun terakhir. Namun dibalik itu semua, ada fakta-fakta unik yang perlu Anda ketahui tentang Bandara Banyuwangi ini.

Bandara Banyuwangi

1# Lokasi Bandara di Luar Kota Banyuwangi

Beberapa bandara-bandara di Indonesia, mayoritas memiliki lokasi yang strategis di pusat kota. Namun beda dengan Bandara Banyuwangi yang berlokasi di Desa Blimbingsari, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi. Rogojampi merupakan area diluar pusat kota Banyuwangi. Jarak dari pusat kota Banyuwang ke Bandara Banyuwangi sekitar 17 km dan ditempuh kurang lebih 30 menit.

Blimbingsari merupakan salah satu desa di Banyuwangi yang berbatasan dengan Selat Bali. Hal ini merupakan lokasi strategis untuk desain bandara yang mendekati lautan.

2# Awal Mula Bernama Bandara Blimbingsari

Dulu, nama awal dari bandara ini adalah Bandara Blimbingsari (nama desa lokasi bandara berada). Namun guna memberikan nama brand yang melekat dan mudah dipahami calon penumpang pesawat, makan diubahlah menjadi Bandara Banyuwangi. Berdasarkan SK Menteri Perhubungan Nomor KP 830 tahun 2017, nama Bandara Blimbingsari berubah menjadi Bandara Banyuwangi.

3# Kode Penerbangan Bandara Banyuwangi (BWX)

Beberapa orang sering menyingkat nama Banyuwangi dengan singkatan BWI. Namun berbeda pada kode bandara yang telah disepakati oleh IATA (International Air Transport Association) dimana Bandara Banyuwangi diberi kode BWX.

IATA adalah nama sebuah organisasi perdagangan internasional yang terdiri dari maskapai-maskapai penerbangan diseluruh dunia. Kode ini digunakan sebagai kode reservasi dan penanganan bagasi.

Sedangkan menurut ICAO (International Civil Aviation Organization), kode untuk bandara ini adalah WADY. Kode ini digunakan untuk mengidentifikasi lokasi lain seperti stasiun cuaca.

4# Konsep Green Airport

Salah satu yang unik juga dari bandara ini adalah konsep Green Airport ramah lingkungan. Desain bangunan terminal bandara ini dibuat ramah lingkungan dengan atap dilapisi rumput, terdapat ruang tanaman, dan kolam ikan. Selain itu bagian depan terminal kedatangan juga dihiasi oleh pemandangan persawahan hijau yang kaya oksigen.

Estetika lain dari bandara ini adalah desain atap bangunan yang bila dilihat dari samping menyerupai bentuk udeng Banyuwangi. Yaitu pakaian khas penutup kepala warga Banyuwangi dengan 2 sisi segitiga dibagian samping.

Kosep Ecogreen Bandara Banyuwangi

5# Dikelilingi Gunung-Gunung

Selain konsep ramah lingkungan, Bandara Banyuwangi juga menawarkan pemandangan yang indah di sebelah utara dan barat. Tampak begitu besar dan menjulang tinggi gunung-gunung yang ada mengelilingi pemandangan sekitarnya. Ada Gunung Ijen, Gunung Raung, dan Gunung Baluran yang tertata cantik dan menawan.

Pemandangan Gunung Bandara Banyuwangi

6# Dapat dilandasi Jet Pribadi

Untuk pesawat jet pribadi dengan kapasitas dibawah 30 orang, Bandara Banyuwangi sudah siap sebagai landasan area. Dengan landasan pacu yang kini sudah mencapai 2.250 meter, sudah memenuhi syarat minimun private jet untuk pendaratan.

7# Memiliki 3 Sekolah Pilot

Jika Anda di Banyuwangi sering melihat pesawat kecil berlalu lalang di angkasa, maka tak perlu heran karena itu adalah peserta didik sekolah pilot. Di Bandara Banyuwangi ada 3 sekolah pilot yaitu Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang (LP3B) milik Kemenhub, Mandiri Utama Flight Academy, dan Bali International Flight Academy (BIFA).

8# Resmi Dikelola Angkasa Pura II

Setelah 8 tahun dikelola secara pribadi oleh pemkab Banyuwangi. Kini mulai 22 Desember 2017, Bandara Banyuwangi sudah dialih kelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero).

PT Angkasa Pura II (Persero) adalah BUMN yang bergerak di bidang pengelolaan bandara di Indonesia yang menitikberatkan pelayanan di Indonesia bagian barat.

9# Target Menjadi Bandara Internasional Tahun 2019

Salah satu target yang akan dicapai saat ini adalah menjadi bandara internasional di tahun 2019. Target ini sebagai salah satu wujud komitmen PT Angkasa Pura II untuk meningkatkan pembangunan Bandara Banyuwangi. Mulai saat ini sudah disiapkan perpanjangan runway menjadi 2.800 meter dan menjadi 45 meter.

Demikian fakta-fakta unik Bandara Banyuwangi yang mungkin tidak semua orang tahu. Dengan ada bandara ini diharapkan tingkat kedatangan wisatawan yang akan berkunjung ke Banyuwangi dapat meningkat. Sangat banyak paket wisata Banyuwangi yang ditawarkan bagi Anda. Ayo ke Banyuwangi, Anda pasti ingin kembali.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!