Beranda » Banyuwangi Terkini » 13 Fakta Unik Banyuwangi Yang Tak Disangka

Banyuwangi sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur yang sekarang sedang booming tentang pariwisatanya, ternyata memiliki sisi fakta unik Banyuwangi yang tidak semua orang tahu dan sangka. Berikut 13 hal unik tentang Banyuwangi yang harus Anda pahami terlebih dahulu.

1# Penuh Mistis (Santet dan Banyak Tempat Angker)

Setiap warga Banyuwangi mengakui akan hal ini, dimana tempat mereka tinggal memang memiliki budaya bermain gaib dengan berbagai keahlian ilmu santet. Santet yang paling terkenal dari Banyuwangi adalah jenis santet asmara atau pelet dengan tujuan memikat lawan jenis agar jatuh hati.

Termasuk ilmu pelet Jaran Goyang yang sudah melegenda itu, banyak diterapkan oleh masyarakat Banyuwangi dalam berbagai masalah sehari-hari.

Santet Fakta Unik Banyuwangi

Sedangkan tempat-tempat angker ada banyak sekali yang bisa ditemukan di Banyuwangi, dan salah satu yang paling terkenal adalah Alas Purwo. Dimana hutan ini selain menjadi tempat wisata juga menjadi tempat spiritual para ahli supranatural untuk berbagai ritual gaib yang dia lakukan. Di dalam area Alas Purwo terdapat banyak sekali goa-goa yang sering dijadikan tempat bertapa.

2# Kabupaten Terluas di Pulau Jawa

Luas Kabupaten Banyuwangi yang mencapai 5.782 km persegi menjadikan Banyuwangi sebagai kabupaten terluas di Pulau Jawa disusul oleh Sukabumi, Malang, Cianjur, dan Lebak.

Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Situbondo, sebelah timur berbatasan dengan Selat Bali, sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, dan sebelah barat berbatasan dengan Gunung Ijen dan Gunung Gumitir (Bondowoso dan Jember).

3# Dulu Sekedar Tempat ‘Numpang Kencing’

Sebelum wisata Banyuwangi terkenal seperti sekarang, dulu banyak wisatawan yang dari arah barat hanya sekedar ‘numpang kencing’ di Banyuwangi.

Mereka yang sedang perjalanan ke Bali seringkali singgah sebentar untuk transit (makan, toilet, sholat, dsb) sebelum menyeberang di Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk.

4# Wisata Alam Terlengkap

Kelengkapan wisata alam di Banyuwangi bisa Anda amati dengan banyaknya jenis tempat wisata yang ada, mulai dari Wisata Banyuwangi Gunung, Wisata Banyuwangi Air Terjun, Wisata Banyuwangi Pantai, Wisata Banyuwangi Hutan, Wisata Banyuwangi Kebun, Wisata Banyuwangi Savana, Wisata Banyuwangi Area Konservasi, Wisata Religi, Wisata Banyuwangi Belanja, Wisata Banyuwangi Kuliner, Wisata Banyuwangi Budaya, dan Wisata Edukasi.

BACA JUGA: 100+ Wisata Banyuwangi Terbaru

5# Bluefire Kawah Ijen

Bluefire Fakta Unik Banyuwangi

Salah satu fenomena paling langka di dunia adalah keberadaan Bluefire atau api biru di dasar kawah. Penampakan itu adalah hal terunik yang hanya ditemui di dua tempat di seluruh dunia yaitu di Islandia dan Indonesia (Gunung Ijen).

BACA JUGA: 12 Fakta Unik Kawah Ijen Banyuwangi

6# Osing, Nama Suku Asli Banyuwangi

Osing adalah nama suku asli Banyuwangi. Dimana suku ini paling banyak berpusat di Desa Kemiren Banyuwangi yang di daulat sebagai Desa Adat Osing Banyuwangi.

Suku Osing hidup membaur dengan masyarakat umum. Hanya saja mereka masih menerapkan budaya-budaya Osing warisan nenek moyang dalam kehidupan sehari-hari. Suku Osing juga memiliki Bahasa Osing sendiri yang frasanya banyak meng-akulturasi dari Bahasa Jawa.

7# Tiga Suku Yang Dominan Menghuni Banyuwangi

Ada 3 suku yang paling dominan mendiami Kabupaten Banyuwangi, yaitu Suku Osing, Suku Madura, dan Suku Jawa. Suku Osing kebanyakan menetap di area Banyuwangi kota dan sekitar lereng Gunung Ijen. Sedangkan Suku Madura kebanyakan berada di area Wongsorejo, Kalibaru, dan Muncar. Adapun Suku Jawa menyebar merata hampir di seluruh Banyuwangi.

8# Terdapat Ratusan Festival

Banyuwangi Festival menjadi salah satu daya tarik kenapa para wisatawan ingin berkunjung ke Banyuwangi. Beragam acara diselenggarakan dalam satu kalender tahunan baik itu level lokal, nasional dan internasional mampu memeriahkan suasana kota. Karena itu juga Banyuwangi disebut sebagai Kota Festival.

9# Kuliner Yang Beragam

Pecinta kuliner memiliki prinsip bahwa “Keragaman Budaya Suatu Daerah Terlihat Varian Kulinernya”. Prinsip ini sesuai dengan fakta unik Banyuwangi yang memiliki 15 (lima belas) lebih varian menu makanan khas. Dan Anda hanya bisa mencicipinya jika berkunjung ke Banyuwangi.

BACA JUGA: 15+ Kuliner Khas Banyuwangi Paling Legendaris

10# Durian Merah

Durian Merah Fakta Unik Banyuwangi

Durian merah adalah salah satu macam buah yang ditumbuhkembangkan di Kabupaten Banyuwangi, terutama daerah Kemiren dan Songgon. Jenis durian ini memiliki ciri khas warna merah pada daging buahnya sehingga terlihat sedap dipandang. Selain durian merah, juga ada varian durian dengan warna lain seperti durian oranye dan durian pelangi.

11# Bandara Banyuwangi, Green Airport

Transportasi udara yang sudah dikembangkan di Bandara Internasional Banyuwangi (BWX) memiliki lapangan terbang dengan konsep green airport. Atap tersusun dari rumput, sikulasi udara yang lancar sehingga minim penggunaan AC, serta pemandangan hijau padi mengelilingi bandara.

BACA JUGA: Fakta Unik Bandara Banyuwangi

12# Isu KKN Desa Penari yang Heboh

KKN Desa Penari Fakta Unik Banyuwangi

Banyak sekali orang yang memprediksikan bahwa Desa Penari benar-benar ada di Banyuwangi. Unsur mistis yang diceritakan mirip dengan budaya-budaya orang Banyuwangi jaman dulu. Meskipun hingga kini desa penari tersebut masih menjadi misteri.

Beberapa sesepuh Desa Adat Kemiren menyebutkan bahwa keberadaan desa penari itu tidak jauh dari Desa Kemiren.

13# Tingginya Angka Perceraian

Sisi lain dari kehidupan sosial beberapa masyarakat Banyuwangi adalah fakta bahwa banyaknya TKW yang berasal dari kabupaten ini. Dan ternyata profesi sebagai TKW ini memberikan pengaruh linier terhadap tingginya angka perceraian.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut