Beranda » Paket Tour Banyuwangi » 9 Hal Keren di Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom Banyuwangi adalah salah satu wisata pantai di Banyuwangi yang sangat terkenal. Lokasinya yang berada di pusat kota menjadikan tempat wisata Banyuwangi ini sebagai destinasi andalan yang digemari oleh masyarakat dalam ataupun luar daerah.

Pantai Boom Banyuwangi Sunrise

Menurut sejarah, kata BOOM berasal dari bahasa Belanda yang berarti pohon. Namun dalam kesehariannya, pohon yang dimaksud adalah kayu yang digunakan para nelayan untuk membangun kapal-kapal yang berada di sekitar area ini. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa BOOM berarti ledakan. Alasan nama tersebut muncul karena deretan pantai di sekitaran sini pada jaman dahulu sering digunakan untuk area latihan tentara militer.

Terlepas dari itu, mari kita coba kenali sisi lain dari Pantai Boom Banyuwangi yang lagi nge-hits di kalangan wisatawan.

9 Hal Keren di Pantai Boom Banyuwangi

1# Berhadapan Dengan Selat Bali

Lokasi Pantai Boom menghadap timur dan berada di batas timur kota Banyuwangi, tepat di deretan Selat Bali yang membujur dari utara ke selatan.

Salah satu spot keren di pantai ini adalah fenomena sunrise (matahari terbit) yang bisa dilihat setiap pagi hari. Dan tentu menjadi salah satu lokasi hunting Banyuwangi terbaik.

2# Spot Foto Jembatan Marina

Baru-baru ini, pengelola tempat wisata setempat membangun sebuah jembatan dengan konsep lorong waktu. Dihiasi lampu-lampu bohlam yang saat malam hari terasa semakin bagus dan indah untuk spot foto.

Pantai Boom Banyuwangi

Lokasi Jembatan Marina Boom ada disebelah kiri setelah loket pintu masuk wisata Banyuwangi Pantai Boom

3# Spot Foto Sayap Burung

Pantai Boom Banyuwangi sayap

Spot foto sayap burung raksasa juga disediakan di area pantai ini. Lokasinya berada di tanah pasir pantai sebelah selatan. Anda harus berjalan kaki ke arah selatan untuk mendapatkan foto keren manusia bersayap bak malaikat turun ke bumi.

4# Pujasera Menu Kuliner

Pujasera merupakan salah satu prasarana yang disediakan di tempat wisata Banyuwangi Pantai Boom ini. Terdapat puluhan pedagang yang tertata rapi dalam satu atap dan menyajikan menu kuliner sedap di Banyuwangi.

Momen paling nikmat bagi Anda sambil bersantai menatap pantai, meminum es kelapa muda (degan) dan camilan tahu walik kuliner khas Banyuwangi.

Fasilitas lain yang disediakan di area pantai wisata ini adalah toilet umum, mushola, area perkemahan, mini teater, dan beberapa permainan anak-anak.

5# Dermaga Kapal

Pantai Boom juga disebut sebagai Marina Boom, karena area ini sempat menjadi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Banyuwangi. Namun kini tinggal beberapa kapal-kapal kayu yang bersandar di area sini. Kerennya, Anda bisa memanfaatkan riuhnya parkiran kapal untuk obyek foto yang instagramable.

Pantai Boom Banyuwangi Kapal Dermaga

Selain itu, juga ada layanan kapal cepat yang akan dioperasionalkan sesegera mungkin di pantai ini. Guna memberikan pilihan akses transportasi laut yang cepat antara Banyuwangi, Denpasar, dan Lombok.

6# Tiket Masuk Murah

Untuk saat ini, tiket masuk Pantai Boom Banyuwangi sebesar Rp5.000,- per orang. Adapun untuk kendaraan bermotor sekitar Rp5.000 s/d Rp10.000 per sekali masuk.

7# Lokasi Acara Festival Banyuwangi

Pantai Boom juga dijadikan lokasi berbagai event Banyuwangi Festival. Contoh event tersebut adalah Banyuwangi Beach Jazz Festival (konser musik jazz pantai), hingga event besar seperti Festival Gandrung Sewu (atraksi tarian lokal khas Banyuwangi yang diperagakan lebih dari 1000 orang).

8# Area Konservasi Tukik

Deretan pantai disekitaran Banyuwangi kota juga menjadi area konservasi penyu dan tukik. Beberapa kali ada berbagai jenis penyu yang mendarat di area pantai ini untuk bertelur, yaitu dari jenis penyu lekang yang paling banyak.

Pantai Boom Banyuwangi Penyu

Sedangkan untuk tukik (anak penyu), pantai ini dijadikan sebagai lokasi pelepasan tukik ke laut lepas yang menjadi pusat edukasi bagi masyarakat tentang pelestarian satwa langka.

9# Ruang Terbuka Hijau

Selain tempat wisata, keberadaan RTH Pantai Boom sangat cocok untuk berbagai aktivitas masyarakat mulai dari olahraga, perkumpulan komunitas, camping, dan grup outbound.

BACA JUGA: 11 Tempat Wisata Dekat Banyuwangi Kota


Ayo jelajahi wisata Banyuwangi bersama layanan paket tour Banyuwangi kami atau rental carter mobil Banyuwangi kami. Informasi lengkap bisa hubungi 0852-3434-2470.

Bagikan Sekarang

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi. Melayani Paket Wisata Banyuwangi dan Travel Antar Kota Banyuwangi - Surabaya/Malang/Denpasar (PP). Hotline: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823 atau 081553-739-539. Email: [email protected]

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.