Beranda » Berita » 11 Tempat Wisata Banyuwangi Kota

Pusat kota Banyuwangi merupakan titik dimana semua kegiatan pemerintahan dilaksanakan. Banyak bangunan-bangunan penting yang berdiri seperti hotel dan tempat penginapan bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Dengan kondisi ini, banyak pula para wisatawan yang mencari lokasi wisata banyuwangi kota di dekat area penginapan mereka.

Kota Banyuwangi memiliki luas yang tidak terlalu besar. Disebelah timur berbatasan langsung dengan selat bali. Disebelah barat berbatasan dengan lereng gunung Ijen. Disebelah utara dan selatan merupakan jalur lintas utara dan lintas selatan Banyuwangi. Karena itu tempat wisata Banyuwangi kota relatif sedikit dan terbatas. Berikut ini 13 tempat wisata di pusat kota Banyuwangi.

Pantai-Pantai Wisata Banyuwangi Kota

Banyuwangi kota yang berbatasan langsung dengan selat Bali, menjadikan letak strategis untuk dijadikan tempat wisata pantai. Berikut daftar nama-nama 5 pantai di Banyuwangi Kota.

1. Pantai Boom

Pantai Boom Wisata Banyuwangi Kota

Pantai ini berada di timur pusat kota Banyuwangi. Tepatnya di timur Taman Sritanjung dengan jarak sekitar 1 km. Di pantai Boom terdapat beberapa spot pemandangan unik seperti area sandar kapal nelayan, jasa payung pantai, patung sayap raksasa, dermaga, dan pujasera lokasi kuliner.

Tiket masuk sekitar Rp. 5.000 per orang. Lokasi Pantai Boom cek di maps berikut.

2. Pantai Cacalan

Pantai Cacalan Wisata Banyuwangi Kota

Pantai Cacalan belum lama ini dibuka untuk umum. Atau dengan kata lain merupakan lokasi wisata Banyuwangi kota yang masih baru. Pantai ini menyajikan pemandangan sunrise yang indah serta memiliki spot-spot foto selfie yang banyak. Bahkan beberapa waktu lalu sempat di adakan Festival Green Recycle & Fashion Week di Pantai Cacalan ini.

Tiket masuk sekitar Rp. 2.000 per orang. Lokasi pantai Cacalan ini ada di seberang SPBU Sukowidi, masuk ke timur atau cek di maps berikut.

3. Pantai Solong

Pantai Solong Wisata Banyuwangi Kota

Pantai Solong sebenarnya adalah kawasan pribadi. Namun pantai ini memiliki pemandangan yang sangat asri nan sejuk. Rumput hijau di pinggir pantai serta pohon-pohon kelapa yang rindang membuat suasana semakin syahdu. Lebih sempurna pula adanya jalan beton dengan bentuk melengkung abstrak yang unik.

Pantai Solong menyediakan penginapan atau homestay dengan pemandangan langsung berhadapan dengan selat Bali. Selain itu ada pula cafe untuk umum dan kolam renang yang bisa digunakan bagi penghuni homestay.

Tiket masuk sekitar Rp. 2.000 per orang. Lokasi pantai atau villa Solong bisa cek di maps berikut.

4. Pantai Syariah / Pulau Santen

Pantai Syariah Pulau Santen Wisata Banyuwangi Kota

Konsep baru yang di usung dari Pantai Syariah (dulu bernama Pulau Santen) adalah memisahkan antara area pria dan wanita. Konsep ini diadopsi dari hukum Islam dimana menjaga keterpisahan mahram antar pengunjung. Hal ini didasarkan sejarah pantai ini yang dulu dijadikan tempat prostitusi yang jauh bertentangan dengan hukum-hukum agama. Karena itu kini diterapkan hukum syar’i di pantai ini. Hukum tersebut terbukti sukses mengusir ‘penyakit masyarakat’ dan menjadikan lokasi wisata yang unik.

Tiket masuk sekitar Rp. 1.000 per orang. Lokasi pantai Syariah bisa cek di maps berikut.

5. Pantai Cemara

Seperti namanya, Pantai Cemara memiliki ribuan pohon Cemara yang tumbuh dan mengisi mayoritas pemandangan disini. Pantai ini terkenal sebagai lokasi paling rindang di Banyuwangi Kota dan cocok buat wisatawan pecinta suasana hening.

Di pantai ini juga terdapat area konservasi ratusan tukik (anak penyu). Anda bisa datang untuk mendapatkan edukasi tentang tukik bersama keluarga.

Tiket masuk sekitar Rp. 2.000 per orang. Lokasi pantai Cemara bisa cek di maps berikut.

6. Wisata Kuliner Banyuwangi Kota

Bagi yang doyan makan, di Banyuwangi kota juga terdapat banyak rumah makan yang menyediakan kuliner khas Banyuwangi. Banyak varian makan yang bisa Anda coba sebagai referensi kekayaan kuliner leluhur Banyuwangi.

BACA JUGA: Camilan Khas Banyuwangi

Untuk Sego Tempong, Anda bisa datang di warung Sego Tempong Mbok Nah atau Sego Tempong Mbok Wah. Untuk Pecel Rawon, Anda bisa datang di Rumah Makan Pecel Ayu. Untuk Ikan Bakar, Anda bisa datang ke Rumah Makan Pesona. Untuk Rujak Soto Anda bisa datang ke Pondok Rujak Soto Banyuwangi. Dan Tahu Walik, bisa Anda temukan di Taman Sritanjung.

7. Taman Blambangan

Taman Blambangan merupakan area umum terbuka atau outdoor. Taman ini memiliki area lapangan rumput dan gedung seni budaya (Gesibu) yang berada di sebelah barat. Gedung ini digunakan sebagai lokasi acara Banyuwangi Culture Everyday dimana Anda bisa melihat sajian atraksi seni Banyuwangi setiap malamnya.

Taman Blambangan Wisata Banyuwangi Kota

Di Taman Blambangan, Anda juga bisa melakukan aktivitas olahraga disetiap paginya. Karena pemerintah sudah memasang alat-alat olahraga sederhana di sekeliling taman ini.

Tiket masuk gratis untuk umum. Lokasi Taman Blambangna bisa cek di maps berikut.

8. Taman Sritanjung

Taman Sritanjung disebut pula sebagai alun-alun Banyuwangi. Taman ini berhadapan langsung dengan Pendopo Banyuwangi dan Masjid Jami’ Baiturrahman Banyuwangi.

Taman Sritanjung Wisata Banyuwangi Kota

Di taman ini terdapat area pusat nongkrong yang sangat asyik. Banyak stan-stan penjual makanan dan camilan khas Banyuwangi. Serta desain taman yang unik dan rindang dilengkapi dengan air mancur serta tatanan lampu warna-warni.

Tiket masuk gratis untuk umum. Lokasi Taman Sritanjung bisa cek di maps berikut.

9. Pendopo Banyuwangi

Pendopo Banyuwangi Wisata Banyuwangi Kota

Pendopo merupakan area singgah Bupati Banyuwangi. Tempat ini juga menjadi salah satu wisata edukasi yang bisa Anda kunjungi karena terbuka untuk umum. Anda bisa berkeliling ditemani oleh petugas setempat untuk mengenal perabot-perabot klasik aset pemerintah Banyuwangi.

Tiket masuk gratis untuk umum (kecuali ada kegiatan khusus bupati). Lokasi Pendopo bisa cek di maps berikut.

10. Samudera Selfie dan Resto

Samudera Selfie and Resto Wisata Banyuwangi Kota

Wisata ini dibangun sebagai salah satu area pusat mencari foto selfie dengan pemandangan yang sangat unik. Danau buatan dan taman-taman cantik yang ada di dalamnya menjadikan area ini sebagai rujukan wisata. Spot-spot yang ada di dalam mulai dari jembatan bambu, taman bunga, rumah kurcaci, rumah terbalik, dinding 3 dimensi, dan resto kuliner.

Tiket masuk sekitar Rp. 20.000 per orang. Lokasi SSR bisa cek di maps berikut.

11. Sungai Warna-Warni Kalilo

Sungai Kalilo Wisata Banyuwangi Kota

Kalilo adalah nama salah satu desa yang ada di Banyuwangi kota. Desa ini kian terkenal semenjak sungai utama ini dijadikan sebagai lokasi wisata sungai warna-warni. Bermodal kekompakan warga untuk mencat dinding bangunan yang ada di sekitar bantaran sungai, membuat unik pemandangan di sungai Kalilo.

Tiket masuk gratis. Lokasi Sungai Kalilo bisa cek di maps berikut.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi semua wisata Banyuwangi kota tersebut, silahkan siapkan akomodasi transportasi Anda dengan guide lokal Banyuwangi. Hubungi 0852-3434-2470 untuk informasi lebih lengkap.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!