Beranda » Tempat Wisata » Pantai Cemara Banyuwangi, Hutan Kota dan Area Konservasi Penyu

Tahukah Anda bahwa Kabupaten Banyuwangi tidak hanya memiliki pantai-pantai saja. Namun juga memiliki titik hutan kota. Dimana hutan kota tersebut memiliki fungsi alam yang sangat penting sebagai pusat produksi oksigen dan penahan abrasi. Salah satu hutan kota di Banyuwangi yang indah adalah Pantai Cemara Banyuwangi.

Deskripsi Pantai Cemara Banyuwangi

Pantai Cemara yang berada di daerah Pakis, Banyuwangi merupakan salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi pula selagi berada disini. Anda akan mendapatkan suasana paling sejuk nan indah saat berada di area ini. Keheningan dibawah hutan cemara yang membentuk lorong hijau, akan membuat Anda merasakan ketenangan yang hakiki.

Di tempat ini, Anda juga bisa mendapatkan wisata edukasi Banyuwangi tentang keberadaan Penyu Lekang yang merupakan hewan dilindungi. Penyu tersebut seringkali mendarat di pantai ini untuk proses penetasan telurnya. Dalam praktiknya, pengurus pokdarwis setempat melakukan pelestarian terhadap penetasan tukik.

Sekretariat Pantai Cemara Banyuwangi

Sejarah Pantai Cemara Banyuwangi

Nama Pantai Cemara memang muncul karena di daerah tersebut terdapat ribuan pohon cemara yang tumbuh subur sebagai area reboisasi.

Rimbunnya pohon cemara yang dikelilingi oleh air laut dan sungai payau ini pada jaman dulu seringkali dimanfaatkan untuk aktifitas masyarakat. Mulai dari kegiatan latihan bela diri, area olahraga, tempat memancing, dan tempat berkumpulnya muda-mudi untuk kegiatan ‘tidak jelas’.

Pantai Cemara Banyuwangi

Dengan adanya potensi tempat tersebut disalahgunakan, akhirnya pemerintah setempat dengan di dukung oleh kelompok masyarakat sadar wisata menjadikan area wisata dan hutan kota.

Lokasi Pantai Cemara Banyuwangi

Perlu Anda pahami, di Banyuwangi terdapat 2 pantai cemara, yaitu Pantai Cemara Pakis Banyuwangi dan Pantai Cemara Muncar. Dalam konteks bahasan ini, kami membahas Pantai Cemara Pakis Banyuwangi. Adapun lokasi pantai ini tidak jauh dari pusat kota, yaitu di area lingkungan Pakis tepatnya di Google Maps berikut.

Rute dan Akses ke Pantai Cemara Banyuwangi

Untuk menuju ke area wisata ini cukup mudah. Anda hanya perlu datang ke pusat kota Banyuwangi kemudian gunakan jasa ojek atau sewa mobil Banyuwangi. Anda akan di antar atau di drop langsung ke pantai cemara Banyuwangi.

BACA JUGA: 11 Tempat Wisata Dekat Kota Banyuwangi

Untuk jadi perhatian, saat ini akses jalan ke Pantai Cemara Banyuwangi ini hanya bisa dilewati oleh motor, mobil mpv, dan elf long. Adapun bus medium atau bus besar belum bisa masuk ke area ini karena ada jembatan kecil kekuatannya terbatas.

Fasilitas Umum di Pantai Cemara Banyuwangi

Fasilitas umum di wisata ini sudah dilengkapi dengan toilet, mushola, kantin-kantin tradisional, penyewaan karpet, ruang edukasi penyu dan tukik, ruang penetasan tukik, dan lapangan terbuka.

Tukik Pantai Cemara Banyuwangi

Tiket Masuk Pantai Cemara Banyuwangi

Saat ini, harga tiket masuk (HTM) di wisata ini sebesar Rp. 5.000,- per orang. Adapun donasi untuk masuk ke ruang edukasi penyu dan tukik sebesar Rp. 2.000,- per orang. Jikalau Anda ingin merilis tukik ke laut, donasi sebesar Rp. 30.000,- per 1 ekor tukik.

Edukasi Penyu Pantai Cemara Banyuwangi

Informasi Tambahan

  • Gangguan cuaca bisa terjadi sewaktu-waktu seperti hujan dan angin besar, dan bila ini terjadi di wisata ini seringkali terjadi patah ranting pohon. Anda harus lebih berhati-hati saat berteduh.
  • Anda bisa datang setiap saat di lokasi wisata ini pada jam 06:00 – 17:00 WIB.
  • Jaga kebersihan, dan pastikan Anda membuang sampah pada tempat-tempat yang disediakan.
  • Untuk menghemat biaya, Anda bisa membawa tikar sendiri untuk duduk lesehan jika ingin bersantai bersama keluarga dibawah rindangnya hutan pohon cemara.
  • Banyak pilihan kuliner yang bisa Anda jumpai di wisata ini, mulai dari menikmati camilan tahu walek hingga es kelapa muda yang sangat segar.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi. Melayani Paket Wisata Banyuwangi dan Travel Antar Kota Banyuwangi - Surabaya/Malang/Denpasar (PP). Hotline: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823 atau 081553-739-539. Email: [email protected]

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!