Beranda » Banyuwangi Terkini » Rekomendasi 3 Tempat Wisata Petualangan di Banyuwangi

Berpetualang mencari tempat dan suasana baru tentu menjadi hal yang seru untuk membuat rekaman memori indah. Mengenal lebih banyak tentang hal-hal baru dari suatu daerah pastinya akan meningkatkan rasa takjub setiap orang. Apalagi jika Anda berkenan mencoba wisata petualangan di kabupaten Banyuwangi, garansi 100% akan puas.

Berikut ini rekomendasi 3 tempat wisata di Banyuwangi yang cocok dijadikan referensi para penjelajah. Pastikan Anda menyiapkan fisik dan mental untuk mendapatkan pengalaman seru hingga tuntas.

1. Pendakian Gunung Ijen

Gunung Ijen adalah salah satu wisata top di Banyuwangi yang sudah berlevel internasional. Keberadaan api biru yang hanya dapat ditemui disini menjamin mata Anda akan takjub dan terpesona.

Fenomena api biru (blue fire) ini sudah terdengar di seluruh wisatawan internasional dan selalu jadi rujukan awal bagi para petualang. Bagaimana tidak takjub, fenomena ini hanya dapat dilihat di 1 lokasi saja dari seluruh wisata di bumi ini.

BACA JUGA: Mengenal Medan Pendakian Gunung Ijen

Namun, Anda harus tahu apa saja petualangan yang harus ditempuh untuk mendapatkan pemandangan tersebut. Karena bukan hal yang mudah untuk dapat mencapai lokasi api biru, butuh perjuangan ekstra dan unsur keberuntungan.

Petualangan Api Biru Gunung Ijen

Dari kota Banyuwangi, Anda harus melakukan perjalanan menuju titik pendakian lereng ijen, yaitu Pos Paltuding. Pos atau tempat ini menjadi area akses kendaraan terakhir sekaligus menjadi titik awal langkah pendakian.

Wisata Petualangan Kawah_Ijen_Banyuwangi

Ujian fisik Anda dimulai saat masuk gate TWA Kawah Ijen dengan langkah setapak demi setapak hingga mencapai puncak gunung Ijen. Jarak sepanjang 3,4 km dengan tanjakan-tanjakan curam harus Anda taklukkan agar sampai di puncak gunung.

Tak cukup sampai di puncak gunung Ijen, Anda harus berusaha lagi turun ke dasar kawah dengan jarak sekitar 800 meter dari puncak untuk dapat melihat api biru dengan jelas. Darisini Anda bisa mendapatkan pemandangan terbaik untuk mengambil momen bara api biru raksasa.

OPEN TRIP: Kawah Ijen Banyuwangi 250k

Satu hal yang tak boleh Anda lupakan, yaitu unsur hoki atau keberuntungan yang Anda butuhkan. Kondisi cuaca yang tak menentu, bisa menjadi penghambat wisata petualangan Anda.

Hujan atau angin yang kencang, seringkali membuat pemandangan api biru terlihat kabur atau bahkan tak terlihat sama sekali. Jadi berdoalah sebelum melakukan petualangan ini agar mendapatkan pemandangan terbaiknya.

2. G-Land Plengkung

G-Land atau Pantai Plengkung adalah salah satu pantai terbaik di Banyuwangi yang butuh perjuangan ekstra untuk menemuinya. Berbagai medan jalan harus dilalui untuk mencapai spot pantai ini.

Sebenarnya, apa sih hebatnya G-Land Plengkung? Bagi Anda yang baru saja mendengar wisata ini, G-Land adalah pantai yang berada di area Taman Nasional Alas Purwo yang pada bulan-bulan tertentu memiliki ombak tertinggi, terpanjang, dan terindah di Indonesia (terbaik kedua setelah ombak di Hawai).

Petualangan G-Land

Lokasinya yang berada tepat di ujung tenggara Pulau Jawa Indonesia, harus Anda tempuh dengan moda transportasi yang bermacam-macam.

Dari Banyuwangi kota ke TN Alas Purwo butuh waktu sekitar 2 (dua) jam dengan medan aspal mobil MPV City car. Lalu sampai di Pos Pancur, Anda harus melakukan perjalanan dengan kendaraan trooper 4WD sejauh 7km dengan medan jalan bebatuan di tengah hutan belantara.

BACA JUGA: Wisata Alas Purwo, Antara Angker dan Indah

Sampai di G-Land, Anda tidak akan harus menyiapkan fisik menerpa panas terik matahari. Dengan pemandangan yang indah, karang-karang tajam, pasir mutiara, dan angin sepoi-sepoi sepanjang waktu.

3. Sukamade Pantai Penyu

Sukamade adalah nama desa yang berada di pelosok barat daya Kabupaten Banyuwangi. Desa ini adalah desa memiliki jumlah keluarga yang sedikit dan cukup terpencil dari keramaian kota.

Namun, tempat yang masih alami ini memiliki surga keindahan yang mengagumkan, yaitu salah satu pantainya yang dijadikan markas penyu bertelur sepanjang tahun.

PAKET WISATA: Konservasi Penyu Sukamade

Bukan sembarang penyu, tapi lebih tepatnya penyu-penyu raksasa tiap hari selalu menguburkan benih telurnya di sepanjang garis pantai ini. Dan petugas pengelola hutan menjadi pelopor penjaga kelestarian dan keberlangsungan hidup hewan ini.

Petualangan Sukamade

Dari Banyuwangi kota, Anda butuh kendaraan city car untuk sampai ke Desa Rajegwesi. Dari sini, Anda harus transit kendaraan jenis trooper 4WD untuk sampai ke pantai Sukamade sekitar 20 km.

Wisata_Petualangan_Banyuwangi_Sukamade

Medan jalan yang dilalui sepenuhnya adalah jalan bebatuan, melewati sungai tanpa jembatan, dan perkebunan sepanjang jalan. Kesiapan fisik dan mental Anda diuji selama perjalanan ini.

Waspada! Saat musim hujan, debit arus sungai cenderung besar dan ada kemungkinan mobil tidak bisa menyeberang dan Anda harus menunggu berjam-jam hingga debit air mengecil dan mobil aman untuk melintas.

Sampai di Pantai Sukamade, Anda akan mendapatkan 2 program pengelola wisata, yaitu 1) memantau penyu bertelur di malam hari, dan 2) melepas tukik di pagi hari.


Demikian informasi tentang 3 rekomendasi tempat wisata petualangan Banyuwangi. Jika ingin mencoba mendatangi tempat itu, pastikan Anda menyiapkan segala sesuatunya agar perjalanan lancar dan aman.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Lokal Tour and Travel #1 Banyuwangi | Melayani paket tour wisata Banyuwangi murah, rental sewa mobil Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut