Beranda » Berita » 13 Tempat Wisata Banyuwangi Selatan

Banyuwangi merupakan kota paling ujung timur pulau jawa. Sekarang ini, Banyuwangi menjadi trending topik berkat destinasi-destinasi wisatanya yang begitu keren. Tidak salah jika wisatawan mancanegara maupun lokal sangat betah jika berlibur menyusuri keindahan Banyuwangi. Berikut destinasi-destinasi tempat wisata Banyuwangi Selatan yang paling eksotis bisa dijadikan referensi jadwal traveling anda:

1# Pulau Merah (Red Island)

Obyek wisata satu ini, pada beberapa tahun belakangan dipromosikan dan menjadi primadona oleh pemerintahan Banyuwangi sebagai wisata unggulan selain wisata Kawah Ijen. Pemandangan pulau yang ada ditengah-tengah pantai sangat indah dan mempesona. Serta keindahan sunset sore hari di pantai ini tidak kalah cantik dengan sunset yang ada di pantai Kutha Bali. Lokasi wisata Banyuwangi selatan ini berada di Desa Sumberagung, Pesanggaran, kabupaten Banyuwangi. Pantai yang indah dan panorama alam yang semakin mempesona dengan pemandangan Ombak yang cukup besar membuat pantai ini menjadi spot andalan para surfer. Wisata ini juga dijadikan event tahunan yaitu diselenggarakannya event International Surfing Competition.

BACA JUGA: Info Lengkap Pulau Merah

2# Pantai Teluk Hijau (Green Bay)

Pantai Teluk Hijau mulai dikenal netizen sekitar tahun 2015. Hingga saat ini, beberapa traveller banyak menjadikan tempat wisata ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Keistimewaan pantai ini terletak pada air lautnya yang berwarna hijau di tepian kemudian membiru begitu ketengah lautan. Dengan pasir putih yang bersih, kalian seperti sedang berwisata di pantai Lombok dan Bali. Disini juga terdapat air terjun dengan air yang terjun langsung mengarah di bibir pantai. Konon ceritanya, air terjun tersebut pernah digunakan untuk mandi para bidadari cantik. Dari hal tersebut pengunjung bisa membilas badan di air terjun setelah bermain-main di pantai. Pantai Teluk Hijau ini lokasinya berada di area Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi, Jawa Timur.

BACA JUGA: Info Lengkap Teluk Hijau

3# Pantai Wedi Ireng

Obyek wisata pantai wedi ireng dinobatkan menjadi pantai terunik di Banyuwangi. Lantaran, pantai ini memiliki pasir putih yang beda dengan pantai-pantai lainnya, bila dikeruk bagian bawahnya ada pasir berwarna hitam. Keunikan ini menjadi teka-teki yang mengundang rasa penasaran wisatawan yang ingin mengunjunginya. Selain itu, pantai ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Ombaknya yang cukup tenang, sangat cocok jika menikmati keindahan trumbu karang dan biota laut dengan bersnorkling. Pantai ini berlokasi di Dusun Pancer Sumberagung, kecamatan Pesanggaran Banyuwangi.

Pantai Wedi Ireng Wisata Banyuwangi Selatan

4# Pantai Sukamade

Pantai Sukamade termasuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri dan menjadi salah satu Diamonds Triangle di Banyuwangi setelah G-Land dan Kawah Gunung Ijen. Pantai ini merupakan habitat atau rumah bagi beberapa spesies penyu yang ada di Indonesia, diantaranya penyu hijau, sisik, slengkrak dan penyu blimbing. Di pantai tersebut sangat terkenal dengan Penyu Hijau nya, pasalnya lokasi tersebut dijadikan sebagai tempat pendaratnya Penyu Hijau terbaik di Indonesia. Menurut laporan WWW ( World Wide Fund For Nature ), Penyu Hijau yang paling banyak bersarang di Pantai Sukamade. Wisatawan juga bisa langsung bercengkrama dan melepaskan bayi penyu  ke pantai. Lokasi pantai ini terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

Penyu Meru Betiri Wisata Banyuwangi Selatan

5# Pantai Lampon

Keindahannya Pantai Lampon tidak kalah keren pemandandangan laut yang dilengkapi dengan karang-karang indah yang berada di pinggiran pantai. Membuat pesona pantai ini terlihat menawan karena ombak di pantai lampon ini juga terbilang cukup landai jadi sangat asyik bagi anda yang suka bermain-main dengan air laut seperti berenang dan sebagainya. Selain pantainya yang indah,  lokasi pantai wisata Banyuwangi selatan ini juga terdapat muara sungai yang menjadi tempat untuk para pemancing mania beraksi. Pantai ini berlokasi di Desa pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

6# Pantai Mustika

Pantai Mustika tidak kalah eksotis dari pantai pulau merah. Pantai ini memiliki pasir putih dan air pantai yang kehijau-hijauan dan ombaknya tidak terlalu besar. Selain pemandangan pasir putih dan laut bersih, di pantai ini kami juga disuguhi oleh pemandangan bukit kecil yang ada di samping dan seberang Pantai Mustika. Nah, bukit yang ada di  seberang pantai Mustika itu juga memiliki nama sendiri-sendiri. Kehadiran pohon-pohon yang ada di sekitar pantai ini juga bisa digunakan oleh pengujung untuk berteduh dan istirahat. Angin sepoi pasti terasa saat berada di bawah pohon-pohon yang rindang di bawah pohon itu. Obyek wisata Banyuwangi selatan ini berada di Dusun Pancer. Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran.

7# Pantai Parang Kursi

Keindahan pantai Parang Kursi diantaranya adalah air lautnya yang sangat jernih, pasirnya yang putih kemerah-merahan, dan hijaunya lumut yang menempel di batu karang, serta karang karang besar yang tersusun secara rapi membuat pantai ini terlihat indah. Keasrian alamnya yang masih perawan membuat suasana menjadi tenang. Diiringi oleh desiran ombak pantai yang menyembur di atas batu karang. Mitos di balik karang besar yang ada di bibir pantai Parang Kursi. Konon, nyi roro kidul muncul ke dunia ini dari dunia jin di pantai ini. Anehnya air yang menyembur di batu ini rasanya tidak asin, melainkan tawar. Lokasinya berada di Desa Sumberagung, Pesanggaran, kabupaten Banyuwangi.

Pantai Parang Kursi Wisata Banyuwangi Selatan

8# Pantai Rajegwesi

Pantai yang satu ini berada di sekeliling hutan tropis hijau yang menyejukan mata memandang. Gelombang airnya yang tenang, pasir pantai putih kecoklatan dan jajaran perahu di bibir pantai semakin mewarnai pemandangan alam yang ada di Pantai Rajegwesi. Pantai ini bisa dijadikan sebagai tempat pecinta fotografi, karena gugusan bukit di tepi teluk yang membuat pantai ini unik. Wisatawan juga bisa bersenang-senang di sini dengan bersantai-santai ataupun bersnorkling. Lokasinya berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, dan masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri.

9# Taman Nasional Meru Betiri

Obyek wisata ini memang kalah populer dari taman-taman nasional lainnya. Namun, Taman Nasional meru Betiri menyimpan keindahan alam dan kekayaan flora fauna yang luar biasa. Wisatawan dapat menemukan berbagai tanaman langka dan satwa langka. Taman Nasional Meru Betiri juga menjadi tempat penelitian tanaman obat. Tidak hanya itu saja, di dalam Taman Nasional Meru Betiri terdapat obyek wisata  lain seperti pantai, resort, dan penangkaran penyu. Berlokasi di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

10# Hutan Mangrove Bedul

Wisata Mangrove Bedul adalah konsep wisata alam laut dan hutan mangrove yang muncul sejak tahun 2003. Meski dibuka untuk umum, pihak Balai Taman Nasional Alas Purwo tetap membatasi zona tertentu yang dapat dikunjungi untuk tempat wisata dengan zona lain yang murni untuk kelestarian ekosistem yang jauh dari jamahan manusia. Untuk memudahkan wisatawan mengelilingi hutan mangrove, obyek wisata ini menyediakan perahu Gondang-Gandung yang sudah siap mengangkut para wisatawan. Guna memudahkan wisatawan, pihak pengelola menawarkan beberapa paket wisata lain yang dapat dipilih sesuai selera. Ada paket Bedul-Pantai Cungur, paket Bedul-Sungai Kere, Paket Bedul-Ngagelan, ada juga paket lengkap satu hari penuh di Taman Nasional Alas Purwo. Wisata ini berlokasi di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi.

11# Pantai Grajagan

Wisata Banyuwangi selatan, Grajagan, dijadikan sebagai tempat transit atau pintu gerbang untuk menuju pantai Plengkung. Wisata ini umumnya ramai pada saatakhir weekend dan hari libur panjang. Di pagi hari, wisatawan dapat menyaksikan langsung aktivitas nelayan yang ingin berangkat mencari ikan dan menurunkan hasil tangkapannya. Pantai ini diselimuti pasir hitam, memiliki gua, dan bukit yang indah. Hamparan bukit-bukit menjulang tinggi di tepi pantai. Deburan ombak laut lepas dari atas shelter dan tiga gua jepang yang menghadap ke selatan enyuguhkan pesona yang menakjubkan. wisata ini berlokasi di Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi.

Pantai Grajagan Wisata Banyuwangi Selatan

12# De Djawatan

De-Djawatan merupakan tempat wisata Banyuwangi selatan yang hits belakangan ini bak hutan di negeri dongeng. Deretan pepohonan trembesi tua yang rindang dan tumbuh dengan rapi dan ditumbuhi sejenis tumbuhan paku-pakuan yang bergelantungan di setiap batang pohonnya, sehingga memberikan kesan seperti hutan di negeri dongeng. tempat yang sangat instagramable banget untuk kebutuhan social media saat ini dengan keindahan alamnya yang mirip dengan film-film fiktif tapi di dunia nyata. Selain untuk hunting foto, beberapa pengunjung yang datang ada juga yang hanya menikmati senja, bersepeda, dan jogging di tempat ini. Fasilitas seperti rumah pohon, jembatan kayu, dan lapangan bisa menjadi referensi spot foto paling populer bagi wisatawan. Lokasinya berada di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi.

De Djawatan Wisata Banyuwangi Selatan

13# Kampung Naga

Kampung Naga merupakan nama dari salah satu desa yang hampir semua warganya menanam buah naga di sekitar rumahnya maupun di lahanya. Walaupun Kampung ini belum diresmikan oleh Pemerintah Banyuwangi sebagai obyek wisata. Namun, bagi wisatawan yang penasaran ingin mencicipi buah naga langsung dari pohonnya maupun ingin memetik buah naga pada waktu musimnya, bisa datang langsung ke lokasi yang bertempat di Desa Sambirejo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!