Beranda » Banyuwangi Terkini » 7 Tempat Banyuwangi Wisata Alam Yang Jarang Diketahui

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur ini memang memiliki segudang potensi pariwisata. Dan Banyuwangi wisata alam adalah potensi utama dari sekian jenis bentuk wisata. Ada ratusan tempat wisata yang tersebar dari semua area Banyuwangi, Anda bisa cek di artikel 100+ daftar destinasi wisata Banyuwangi terbaru.

Banyak nama-nama tempat wisata kondang yang sudah mendunia seperti Kawah Ijen, Pulau Merah, dan Plengkung. Tapi sebenarnya masih banyak ‘surga-surga’ lain yang menawarkan keindahan yang tak kalah menarik di kota Blambangan ini.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Banyuwangi untuk berlibur baik bersama keluarga maupun pasangan.  Coba untuk datang ke beberapa tempat wisata Banyuwangi yang jarang diketahui orang berikut ini.

7 Tempat Banyuwangi Wisata Alam

1. Gunung Raung

Jangan cuma kenal Gunung Ijen saja, karena Banyuwangi masih punya Gunung Raung yang tak kalah keren.

Bagi orang Banyuwangi dan Jawa Timur, tentu tidak asing dengan nama Gunung Raung. Yaitu salah satu gunung yang masih aktif hingga saat ini. Bahkan saat erupsi di tahun 2015, asap dan abunya terbang hingga sampai di Surabaya dan mengakibatkan bandara Juanda ditutup sementara.

Gunung ini sangat terkenal bagi komunitas pendaki kelas advance. Bagaimana tidak, medan ekstrem yang harus dilalui untuk sampai ke puncaknya bukan main berat. Anda harus melewati jalan setapak nan terjal dengan durasi pendakian rata-rata 20 jam.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by S Y E D (@outsyeds) on

Yang bagus dari Gunung Raung ini adalah ketika ada sampai di puncaknya, Puncak Sejati (3344 mdpl) Anda bisa melihat 3 kabupaten sekaligus dari ketinggian, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Bondowoso.

2. Pantai Sukamade

Salah satu alasan kenapa wisata Sukamade ini jarang diketahui orang adalah karena akses jalan yang masih susah. Padahal, banyak sekali wisatawan mancanegara atau bule yang datang kesini untuk mengenal konservasi penyu.

Sukamade adalah nama desa yang berada paling ujung barat daya Kabupaten Banyuwangi. Desa ini sangat terpencil dengan jumlah penduduk sekitar ratusan KK saja. Perlu Anda ketahui bahwa tahun 2019 kemarin, desa ini baru saja dijamah listrik PLN.

PAKET TOUR: Petualangan Sukamade (2H1M)

Namun jika di eksplorasi lebih dalam, Sukamade memiliki pantai indah dan menjadi tempat konservasi penyu hijau raksasa. Setiap malam, garis pantai ini dijadikan tempat penyu bertelur. Dan disinilah wisata edukasi bisa dilakukan.

Anda dan keluarga bisa mendapatkan pengalaman seru tentang wisata di Pantai Sukamade terutama tentang kegiatan konservasi penyu mulai dari pengambilan telur penyu, penetasan, dan rilis ulang ke alam. Setidaknya Anda butuh waktu 2 hari 1 malam untuk mengeksplorasi wisata ini.

3. Kali Klatak

Jika ingin menikmati suasana alam yang menghijau lengkap dengan pepohonan tinggi yang menjulang, maka kita bisa mendapatkannya ketika berkunjung ke Kali Klatak. Ini merupakan daerah wisata alam agrowisata yang dimiliki oleh kabupaten Banyuwangi.

Konon kabarnya daerah wisata yang subur satu ini sudah ada semenjak zaman penjajahan kolonial Belanda. Berada didataran tinggi, sehingga kesejukan dan keindahan pemandangan alamnya tidak lagi diragukan.

Kegiatan utama di wisata Kali Klatak adalah menikmati proses pembuatan kopi khas Banyuwangi. Mulai dari penanaman biji kopi, pengolahan, hingga penyajian. Anda akan dipandu dengan penjelasan lengkap dari semua detil-detil proses produksi kopi.

4. Umbul Bening

Salah satu daerah Banyuwangi wisata alam yang satu ini sangat direkomendasikan jika kita berkunjung bersama keluarga. Karena anak-anak bisa bermain sepuasnya disini.

Air yang ada pada wisata pemandian ini adalah air dari sumber pegunungan asli. Begitu dingin dan segar serta begitu jernih. Bagi yang ingin mandi, silahkan siapkan pakaian ganti Anda sebelum berkunjung kesini.

banyuwangi wisata alam

Umbul Bening juga menyediakan tempat keren dan instagrammable bagi para pengunjung, yaitu rumah segitiga.

Untuk bisa mengakses daerah wisata ini, bisa menggunakan jalur darat. Biasanya wisatawan akan menggunakan kendaraan pribadi, travel, maupun jalur kereta api.

5. Air Terjun Jagir

Menikmati indahnya pesona alam Banyuwangi kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi air terjun di Kampung Anyar ini. biasanya, penduduk lokal akan menamai air terjun ini sebagai air terjun kembar. Karena memang ada 3 titik air terjun yang saling berdekatan di satu tempat. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana sensasi indahnya pemandangan alam yang disajikan ditempat ini, bukan?

Perlu diketahui, tempat wisata ini sejalan dengan arah menuju wisata Kawah ijen. Dan di pagi hari banyak sekali wisatawan yang sehabis turun dari pendakian Gunung Ijen mampir ditempat ini untuk berendam dan mandi dengan air segar alami.

Alam yang masih sangat asri dan menghijau membuat banyak wisatwan selalu terpikat dan ingin mengunjungi wisata air terjun kembar ini. Bahkan, salah satu faktor yang membuat banyak pengunjung tertarik adalah lokasinya yang tak jauh dari pusat kota Banyuwangi. Kita hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengakses lokasi ini dari pusat kota.

6. Mangrove Bedul Ecotourism

Mangrove Bedul adalah salah satu spot di kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang berada di batas wilayah barat. Seperti namanya, area ini dipenuhi oleh mayoritas tanaman mangrove yang ada disekelilingnya. Dan yang lebih keren lagi, Anda akan menemui sungai payau yang mempertemukan antara air sungai dengan air laut, dan daerah itu disebut Segara Anakan.

Yang tak kalah penting adalah musim burung migrasi yang terjadi setahun sekali, biasanya terjadi di bulan oktober. Yaitu burung dari Australia yang datang sementara selama pergantian musim terjadi. Momen ini menjadi momen langka untuk mengetahui berbagai spesies burung baru yang jarang ditemui di Indonesia. Para pecinta fotografi alam sangat menanti kesempatan ini.

7. Pantai Cemara

Tidak banyak orang tahu tentang salah satu wisata yang menjadi hutan kota di Banyuwangi, yaitu Pantai Cemara. Akses jalan yang relatif sempit dan bus besar tidak bisa masuk membuat popularitas pantai ini tidak begitu tinggi. Padahal banyak potensi yang bisa di eksplorasi oleh para wisatawan seperti lorong cemara, pantai cemara (pemandangan sunrise Bali), dan area konservasi penyu lekang.

BACA JUGA: Informasi Lengkap Pantai Cemara Banyuwangi

Spot lorong cemara menjadi salah satu tempat untuk foto yang sangat keren, Anda dapat memanfaatkan rimbunnya pohon cemara tersebut untuk hunting foto ataupun prewedding. Sedangkan area konservasi penyu, bisa menjadi tempat wisata edukasi yang bagus untuk anak-anak. Dengan senang hati para pemandu wisata lokal akan memberikan informasi tentang berbagai jenis penyu yang bertelur di sepanjang area Pantai Cemara.

Adakah Rekomendasi Banyuwangi Wisata Alam Lainnya?

Silahkan Anda memberikan masukan di kolom komentar berikut. Karena artikel ini dibuat dengan sudut pandang subyektif dan tambahan informasi dari Anda tentu sangat berharga bagi kami. Semua masukan tersebut akan kami pertimbangkan untuk mengupdate artikel ini seterusnya.

Demikianlah 7 tujuan liburan daerah Banyuwangi wisata alam yang direkomendasikan dan jarang orang ketahui. Bagi wisatawan yang memerlukan akomodasi dan transportasi untuk mengunjungi tempat tersebut, silahkan menghubungi pihak tour PariwisataBanyuwangi.com.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut