Beranda » Tempat Wisata » Mengunjungi Destinasi Wisata 5 Agama Banyuwangi yang Unik dan Menarik

Siapa sangka, di tengah hutan Glenmore terdapat sebuah tempat yang sangat sejuk dan tenang. Menariknya, lokasi bernama Antaboga ini juga dikenal sebagai wisata 5 agama Banyuwangi yang kini menjadi destinasi wisata religi.

Antaboga 1 Wisata 5 Agama Banyuwangi

Fakta seputar wisata 5 agama Banyuwangi

Berikut ini beberapa fakta tentang Antaboga yang perlu Anda ketahui.

1. Dikenal sebagai tempat peribadatan umat Hindu

Dulu, wisata religi Banyuwangi ini lebih dikenal sebagai Pura dan Petirtan Anantaboga. Namun sejak beberapa tahun terakhir, pihak pengelola menyebutnya Sumber Beji Antaboga.

Hal ini terkait dengan ditemukannya sebuah sumber mata air Beji yang mengalirkan air jernih. Bisa dikatakan, Pura dan Petirtan Anantaboga atau Antaboga ini adalah situs budaya sekaligus tempat beribadah bagi umat Hindu.

Mata air Beji yang dipercaya memiliki banyak khasiat sering digunakan untuk ritual upacara Mendak Tirta dan juga ritual ruwatan.

Lokasinya berada di tengah hutan pinus, di wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Perhutani Glenmore. Tepatnya di perbatasan Dusun Selorejo, Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Banyuwangi.

2. Antaboga memiliki lima tempat ibadah yang berbeda

Meski sarat akan budaya Hindu yang kental, ternyata di Antaboga juga tersedia rumah peribadatan agama lain selain Hindu. Anda bisa menemukan tempat beribadah untuk umat Islam, Katolik, Kristen, Buddha, dan Konghucu di dalam satu kompleks lahan seluas tiga hektar ini.

Simbol-simbol keagamaan tersebut saling berdekatan dan dikelilingi oleh rimbunnya hutan pinus yang asri nan sejuk. Tentu saja, suasana damai juga bisa Anda rasakan secara langsung setibanya di tempat ini.

Wisata Banyuwangi ini seolah ingin menekankan rasa toleransi yang tinggi. Rumah-rumah ibadah ini juga dijaga oleh beberapa orang sesuai agamanya masing.

Uniknya, setiap penjaga tidak hanya menjaga tempat ibadahnya sendiri. Mereka saling menjaga tempat tersebut satu sama lain, meski memiliki kepercayaan dan keyakinan yang berbeda-beda.

3. Sumber air Beji dikenal mampu menyembuhkan berbagai penyakit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Antaboga memiliki sumber air yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sejak zaman dahulu. Sumber air yang terletak di sekitar pura ini juga digunakan sebagai tempat pemandian karena dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Antaboga 3 Wisata 5 Agama Banyuwangi

Siapapun boleh menggunakan air yang dianggap suci ini untuk berdoa sesuai kepercayaan masing-masing. Jadi, bukan hanya umat Hindu saja yang diperbolehkan masuk ke dalam area ini.

4. Aturan yang berlaku di Antaboga

Tak jauh dari lokasi pura, Anda bisa menemukan patung Dewi Kwam Im yang merupakan simbol kepercayaan umat Buddha. Sekitar 20 m dari tempat tersebut, ada juga patung Bunda Maria dan Yesus yang dibangun terpisah.

Antaboga 3 Wisata 5 Agama Banyuwangi

Lalu, Anda akan menemukan sebuah surau atau mushola sebagai tempat beribadah umat muslim yang berkunjung ke sana.

Saking banyaknya simbol keagamaan yang ada di Antaboga, membuat siapapun yang memasuki area ini diharuskan mengenakan pakaian sopan. Anda tidak diizinkan mengenakan celana pendek.

Menariknya, Anda bisa menginap di kawasan ini karena Antaboga juga menyediakan pondok dan gazebo khusus pengunjung. Walau begitu, Anda tetap harus menjaga sikap, tidak boleh berisik dan membawa terlalu banyak makanan.

Selama ini, pengunjung yang datang ke Antaboga tidak dikenakan tarif tiket apapun. Namun, Anda tetap bisa berdonasi untuk perawatan tempat-tempat ibadah di dalamnya.

Berdasarkan informasi dari pihak pengelola, ada sekitar 500 orang yang datang ke tempat ini setiap akhir pekan tiba. Para pengunjung tersebut bukan hanya berasal dari Banyuwangi saja, tapi juga berbagai daerah di Indonesia.

5. Antaboga berasal dari mitologi Bali

Berdasarkan mitologi Bali, Antaboga dikenal sebagai dewa ular raksasa yang hidup di dasar bumi. Banyak orang mengenal Antaboga yang memang dikisahkan saat bumi mulai diciptakan.


Nah, itu tadi sekilas informasi mengenai tempat wisata 5 agama Banyuwangi yang menarik untuk Anda kunjungi. Bukan hanya untuk mendekatkan diri pada Tuhan, mengunjungi Antaboga juga bisa membuat Anda lebih dekat dengan alam.

Apabila Anda tertarik berwisata ke Antaboga tapi ragu dengan rute dan segala persiapannya, hubungi saja Bintang Wangi Indotrans Tour and Travel yang siap membantu Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.pariwisatabanyuwangi.com.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut