Beranda » Tempat Wisata » 6 Destinasi Pariwisata Banyuwangi Yang Berada di Batas Wilayah

Semakin lama, kawasan Banyuwangi semakin terkenal dan menyebabkan banyak sekali wisatawan yang ingin berkunjung ke sana. Sama seperti beberapa daerah pilihan destinasi terbaik di nusantara, Banyuwangi juga memiliki banyak pilihan tujuan pariwisata terbaik. Namun Anda harus tahu, bahwa beberapa tempat wisata yang terkenal disebut berada di Banyuwangi, ternyata ada yang tidak berada di wilayah teritori Kabupate Banyuwangi.

Berikut kami rincikan 6 daerah pariwisata Banyuwangi yang indah dan terkenal namun sebenarnya berada di luar wilayah Kabupaten Banyuwangi.

6 Destinasi Pariwisata Banyuwangi Yang Berada di Batas Luar

1. Waduk Bajulmati

Bagi yang belum pernah mengunjungi kawasan pariwisata Banyuwangi yang satu ini pasti akan sangat terpesona akan keindahan alam yang ada di sini. Bagaimana tidak, kita bisa menikmati pemandangan “miniatur” yang dimiliki oleh kepulauan Raja Ampat, Papua. Pastinya nama tempat wisata fenomenal yang satu ini bukan lagi hal yang asing ditelinga kita, bukan?

Namun ternyata untuk mengunjungi kepulauan ‘raja Ampat’ ini akses masuknya dari Kabupaten Situbondo, tepatnya di daerah Hutan Baluran. Jika Anda melakukan perjalanan lewat jalur pantura menuju Bali, maka Anda bisa mampir di lokasi wisata Waduk Bajulmati yang tidak jauh dari jalur poros. Meskipun lokasinya jauh dari pusat kota Banyuwangi, tapi Anda akan mendapatkan pengalaman berwisata yang sangat indah ketika sudah sampai disana.

Untuk mengobati rasa penasaran Anda dengan menikmati miniaturnya terlebih dahulu di Banyuwangi. Untuk bisa mengakses daerah ini, kita bisa menggunakan layanan jasa travel agen terbaik dari PariwisataBanyuwangi.com juga tentunya.

2. Wisata Gunung Gumitir

Gumitir adalah salah satu gunung yang menjadi batas antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Gunung ini juga menjadi akses rute selatan pintu masuk Kabupaten Banyuwangi. Namun banyak orang yang tidak tahu bahwa terdapat satu tempat wisata di sini.

Cafe Resto Gumitir

Apabila Anda sempat lewat jalur Gumitir, tentu di area puncak terdapat salah satu restoran atau cafe yang bisa jadi salah satu destinasi wisata. Ada menu kuliner dan kopi khas lokal setempat yang bisa Anda coba sambil rehat sejenak selama perjalanan. Kondisi tempat yang berada di dataran tinggi dengan suhu yang relatif dingin, dapat Anda manfaatkan untuk bersantai bersama keluarga.

3. Taman Nasional Baluran

Baluran seringkali dianggap oleh kebanyakan orang sebagai salah satu wisata di Banyuwangi. Namun faktanya, tempat wisata ini berada di area Kabupaten Situbondo dan dekat sekali dengan batas kabupaten.

Baluran dikategorikan deretan wisata utara dan merupakan area konservasi. Ada banyak satwa dilindungi yang berada di dalam area seluas 10.000 hektar tersebut. Beberapa satwa liar yang mudah dijumpai di Baluran adalah monyet, banteng, kerbau, merak, rusa, dan banyak spesies burung.

Namanya saja sebuah Taman nasional, pasti sudah sangat dijaga kelestariannya dengan baik. Ketika mengunjungi daerah wisata yang satu ini, kita bisa mendapati beragam spot terbaik dan menyenangkan. Daftar spot yang bisa ditemui seperti:

  • Spot Savana Bekol dengan pemandangan mirip gurun pasir Afrika
  • Spot Pantai Bama dengan pemandangan laut lepas berpasir putih dan ombak yang tenang.
  • Spot Mangrove Trail dengan pemandangan hutan mangrove yang dibelah oleh lorong jembatan menuju dermaga laut.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam di Taman Nasional Baluran lebih lama, Anda bisa menyewa wisma setempat. Dan ketika Anda menginap disana, akan ditawari agenda safari night bersama petugas untuk mengamati aktivitas satwa di malam hari.

4. Kawah Ijen Geopark – Top Pariwisata Banyuwangi

Kawah Ijen yang terkenal sebagai obyek wisata di Banyuwangi, ternyata secara geografis bukan milik Kabupaten Banyuwangi. Anda harus mengetahui bahwa teritorial Gunung Ijen masuk dan menjadi bagian dari 2 Kabupaten yaitu Banyuwangi dan Bondowoso. Sehingga tidak ada yang berhak mengklaim Kawah Ijen ini sebagai milik dari salah satu kabupaten tersebut.

OPENTRIP: Kawah Ijen Blue Fire Midnight

Hanya saja, akses masuk menuju Kawah Ijen lebih mudah lewat Banyuwangi bagi wisatawan di luar kota. Hal ini disebabkan Banyuwangi memiliki pilihan transportasi yang lengkap mulai dari Bandara, Stasiun Kereta Api, Terminal Bus, dan Pelabuhan.

5. Pulau Menjangan

Adalah nama pulau yang berada di teritorial Pulau Bali, tepatnya masuk area Taman Nasional Bali Barat. Yaitu sebuah pulau yang dipenuhi oleh hewan khas lokal yaitu Menjangan. Populasi hewan ini tersebar merata di seluruh pulau berluas 175 hektar tersebut.

Popularitas Pulau Menjangan makin terkenal karena Banyuwangi menyediakan akses laut langsung menuju pulau tersebut. Banyak kapal-kapal nelayan yang bisa singgah di Pulau Menjangan untuk berbagai keperluan seperti mengantar tamu wisata.

OPENTRIP: Pulau Menjangan dan Tabuhan

Salah satu kegiatan wisata yang ramai adalah aktivitas snorkeling Pulau Menjangan. Pulau ini menawarkan pemandangan underwater atau bawah laut yang sangat indah. Biota-biota laut yang ada disini masih banyak dan dalam kondisi hidup.

6. Kawah Wurung

Ini merupakan wilayah terakhir yang tak kalah menarik yang bisa kami rekomendasikan kali ini. Meskipun berada di area Kabupaten Bondowoso, Kawah Wurung juga bisa menjadi destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi. Lokasinya ada di dekat pos Paltuding, area Taman Wisata Alam Kawah Ijen Geopark.

Pariwisata Banyuwangi Kawah Wurung BondowosoDisini kita bisa menikmati luasnya padang rumput yang asri dan menghijau. Apalagi jika kita datang dimusim bunga liar bermekaran. Pemandangan yang tercipta akan sangat indah, lho!


Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi serangkaian daerah pariwisata banyuwangi diatas? Pihak PariwisataBanyuwangi.com pastinya memiliki banyak paket wisata dan armada transportasi untuk mewujudkan impian tersebut.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut