Beranda » Banyuwangi Terkini » Wisata Banyuwangi Terbagus Yang Wajib Dikunjungi

Banyuwangi adalah salah satu daerah di Indonesia yang saat ini makin populer sektor pariwisata. Kota berjuluk The Sunrise of Java ini memiliki ratusan tempat wisata banyuwangi terbagus yang layak dikunjungi oleh siapapun.

Masyarakat yang mulai memiliki sikap sadar wisata menjadi stimulus penyemangat untuk mengembangkan pariwisata di Banyuwangi. Ditambah pula dukungan pemerintah lewat berbagai program dinasnya, makin menyempurnakan pamor duniar pariwisata setempat.

Wisata Banyuwangi Terbagus

Coba Anda cermati seberapa hebat wisata Banyuwangi saat ini. Dimulai dari pertanyaan berikut

Apa Saja Daftar wisata Banyuwangi terbagus?

Anda akan menemukan jawaban bahwa Banyuwangi punya jenis obyek wisata paling lengkap. Seberapa lengkap? Mari kita hitung semuanya.

  • Wisata Gunung
  • Wisata Pantai
  • Wisata Kebun
  • Wisata Hutan
  • Wisata Bawah Laut atau Underwater
  • Wisata Air Terjun
  • Wisata Kuliner
  • Wisata Budaya
  • Wisata Sejarah

Dari masing-masing jenis wisata tersebut, masih bisa disebutkan lagi nama obyek wisatanya beserta ciri khas dari masing-masing. Dan dari masing-masing obyek wisata, masih terdapat lagi spot-spot keren yang bisa dikungjungi.

Jika seorang pujangga bersabda: Banyuwangi adalah belahan surga yang bisa manusia datangi

Sehingga jika di jumlahkan, ada puluhan tempat wisata dan ratusan spot wisata bagus di Banyuwangi.

Selanjutnya, kita akan kupas satu persatu daftar nama tempat wisatabbeserra spotnya dari masing-masing jenis wisata Banyuwangi.

Daftar Wisata Banyuwangi Terbagus

Akan kami sebutkan setidaknya satu hingga dua tempat wisata paling keren di Banyuwangi disertai spot wisata di dalamnya.

Wisata Gunung

Gunung Ijen merupakan rekomendasi pertama untuk wisata Banyuwangi paling terkenal di level nasional dan internasional. Fenomena bluefire yang bisa ditemukan 2 tempat dari seluruh dunia ada di Gunung ini.

Spot wisata yang dapat ditemukan di Taman Wisata Alam Kawah Ijen ada 4 lokasi yaitu Blue fire atau api biru, danau kawah ijen, sunrise of java (matahari terbit pulau jawa), dan landscape ijen.

BACA JUGA: 5 Wisata Gunung di Banyuwangi

Gunung Raung merupakan rekomendasi kedua untuk wisata gunung di Banyuwangi yang disukai oleh para pendaki. Gunung ini adalah gunung tertinggi di Kabupaten Banyuwangi dan masih aktif hingga saat ini.

Yang paling keren, Gunung Raung memiliki medan pendakian paling sulit dari sekian deretan gunung di Banyuwangi. Rata-rata, butuh waktu 20 jam untuk pendakian sampai ke puncak.

Tipe medan ekstrem seperti ini biasanya paling disukai para pendaki. Jadi bagi Anda yang tidak memiliki semangat dan kemampuan layaknya pendaki profesional, sangat tidak direkomendasikan untuk mengunjungi puncak Gunung Raung.

Wisata Pantai

Untuk wisata pantai terbagus di Banyuwangi, kami menobatkan Pantai Pulau Merah sebagai yang terbaik.

Pulau Merah atau red island adalah pantai yang berada di ujung barat daya Kabupaten Banyuwangi dengan daya tarik kelas dunia. Ciri khas berupa bukit kecil di garis pantai yang membentuk pemandangan layaknya pertemuan gunung dengan laut.

Pulau merah kini sudah memiliki akses jalan yang mudah dan bisa dilewati kendaraan besar seperti big bus. Hal ini memicu para wisatawan untuk mampir kesini meski jarak dengan pusat kota sekitar 80 kilometer.

Spot wisata yang dapat Anda temui mulai dari surfing land, bukit pulau merah, dan sunset (matahari tenggelam).

Wisata Perkebunan

Wisata kebun terbagus kami nobatkan kepada Kampung Cokelat atau Doesoen Kakao Glenmore. Wisata ini menawarkan banyak hal tentang kekayaan alam di Banyuwangi, salah satunya adalah produsen cokelat.

Ketika datang ketempat ini, Anda akan merasakan sejuknya udara desa disertai aroma cokelat yang menghiasai hidung Anda.

Terdapat edukasi penting tentang bagaimana cokelat ditanam hingga diproduksi. Termasuk mencicipi berbagai produk makanan olahan cokelat, baik itu produk kemasan atau siap saji.

Wisata Hutan

Taman Nasional Alas Purwo adalah salah satu wisata hutan di Banyuwangi. Lokasinya berada di ujung tenggara Banyuwangi dan Pulau Jawa, dimana hutan ini menawarkan pemandangan pepohonan yang tinggi menjulang dan lebat, nyaris menutupi langit ketika mata mendongak.

Jangan hanya berpikir bahwa Alas Purwo adalah tempat angker. Disini Anda bisa menemui spot wisata keren juga seperti Padang Savana Sadengan, Area Penyu Ngagelan, Pantai Pancur, dan G-Land Plengkung.

Wisata Underwater

BUNDER atau Bangsring Underwater adalah pilihan tepat untuk wisata bawah laut yang paling bagus. Menemui biota laut dengan berbagai macam ikan hias dapat Anda temukan disini.

BACA JUGA: Informasi Lengkap Wisata Bangsring Underwater

Spot yang disediakan ditempat ini mulai dari Rumah Apung, petak kolam baby shark, snorkeling di sekitar pantai, hingga diving penanaman terumbu karang.

Wisata Air Terjun

Untuk wisata air terjun, kami menobatkan wisata air terjun telunjuk raung sebagai tempat wisata Banyuwangi terbagus.

Selain memiliki ketinggian cukup, air terjun Telunjuk Raung juga memiliki taman asri yang bagus dan sejuk di area dekat parkiran. Bisa menjadi tempat beristirahat sambil bersantai.

Anda juga dapat mengkonsumsi air dari keran-keran minum yang disediakan di wisata ini. Airnya segar, asli air gunung.

Wisata Kuliner

Khusus wisata kuliner, kami rekomendasikan 2 makanan khas Banyuwangi paling legendaris yaitu Sego Tempong dan Rujak Soto.

Sego tempong memiliki filosofi kuat dari masing-masing item makanan yang disajikan. Anda dapat mempelajari lebih jelas pada artikel berikut.

Sedangkan nikmatnya rujak soto, Anda patut menonton video dari ex vokalis Dewa 19, Ari Lasso, yang pernah nge-vlog dan menceritakan betapa nikmatnya rujak soto Banyuwangi.

HEBOH! Menjamurnya Pasar Tradisional di Banyuwangi

Di akhir tahun 2019 kemarin, program bupati tentang pemberdayaan masyarakat seringkali diwujudkan dalam bentuk pasar kuliner. Hampir disetiap kecamatan memiliki titik-titik perkumpulan yang menyajikan kuliner khas desa setempat.

BACA JUGA: Daftar 8 Pasar Kuliner Tradisional di Banyuwangi

Semua kegiatan di pasar tradisional digerakkan dan di manajerial oleh masyarakat setempat, sehingga makin lama makin ramai dikunjungi wisatawan yang ingin mencicipi berbagai kuliner makanan dan minuman khas.

Wisata Budaya

Banyuwangi juga kaya akan budaya, mulai dari musik khas Banyuwangi yaitu kendang kempul hingga tarian khas Banyuwangi yaitu Gandrung. Dan kami merekomendasikan Anda untuk mengunjungi wisata Gandrung di desa adat Osing Banyuwangi.

Anda beserta rombongan akan dipertontonkan tari gandrung – jejer jaran dawuk – yang akan diperagakan oleh penari cantik suku Osing Banyuwangi.

Wisata Sejarah

Salah satu wisata sejarah yang paling bagus untuk wisatawan kunjungi adalah Pendopo Shaba Swagata Banyuwangi.

Pendopo yang dulu dijadikan rumah dinas bupati ini, sekarang sudah menjadi tempat wisata Banyuwangi terbagus dan layak dikungjungi oleh masyarakat siapapun. Anda akan mendapatkan edukasi tentang filosofi bangunan-bangunan pendopo beserta asal muasal nama Banyuwangi muncul.

Di pojok belakang pendopo, Anda dapat menemui sumur bersejarah, yaitu Sumur Sritanjung. Sumur ini menjadi saksi bersejarah bagaimana konflik berdarah Sritanjung dengan Sidopekso.

Bagaimana dengan Banyuwangi Festival?

Banyuwangi festival lebih mengarah kepada program pemerintah untuk mengeksplotasi lebih dalam semua tempat wisata di Banyuwangi.

Ratusan agenda B’Fest yang dilaksanakan dalam satu tahun kalender juga menjadi cara untuk mempromosikan tempat-tempat wisata baru di Banyuwangi. Harapannya banyak wisatawan dari luar kota dan luar negeri tertarik untuk datang ke Banyuwangi.

Kesimpulan

Semua informasi tentang daftar wisata Banyuwangi terbagus ini merupakan pendapat pribadi. Jika Anda punya usulan, silahkan sampaikan di kolom komentar.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut