Beranda » Banyuwangi Terkini » 5 Tempat Wisata Favorit Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Bukan tanpa alasan jika Banyuwangi dijuluki The Sunrise of Java. Pasalnya, kota yang terletak di ujung timur Jawa ini memang menyimpan segala keindahan, termasuk berbagai destinasi wisata favorit Banyuwangi yang wajib dikunjungi.

Tak sedikit wisatawan lokal dan mancanegara yang tertarik untuk mengunjungi wisata favorit Banyuwangi ini. Mulai dari pantai-pantai cantik berpasir putih, keindahan kawah blue fire yang memesona, hingga taman nasional yang membentang luas.

Rekomendasi tempat wisata favorit Banyuwangi

Penasaran apa saja destinasi wisata terpopuler dan terfavorit di Banyuwangi? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Kawah Gunung Ijen

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama tempat satu ini. Sebab, Gunung Ijen memang memiliki citra yang bahkan telah dikenal hingga mancanegara.

Pamor kawah Gunung Ijen seolah tak pernah surut. Apalagi sejak ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu kawasan cagar biosfer di tahun 2016 lalu.

wisata favorit banyuwangi kawah ijen

Fenomena alam paling terkenal dan jadi incaran para wisatawan ketika berkunjung ke Gunung Ijen adalah blue fire api biru yang hanya muncul sekitar pukul 2-5 pagi. Fenomena ini berada di sekitar area penambangan sulfur yang hanya bisa ditempuh dengan mendaki selama 2-3 jam.

Dibutuhkan tenaga dan nyali yang besar untuk bisa tiba di tempat ini. Namun, Anda dipastikan tidak akan pernah menyesal setibanya di sana karena pemandangan yang disuguhkan benar-benar tak terbayangkan indahnya.

2. Taman Nasional Baluran

Siapa bilang pesona padang savana dengan segala keindahan alam di sekitarnya hanya bisa disaksikan di Afrika saja? Nyatanya, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang sama ketika berkunjung ke Taman Nasional Baluran di Banyuwangi.

Julukan Little Africa van Java yang tersemat pada taman nasional ini memang bukan tanpa alasan. Di tempat ini, Anda bisa merasakan sensasi seru berada di alam terbuka bersama satwa-satwa liar, seperti banteng, rusa, monyet ekor panjang, ular, hingga burung merak.

Memiliki luas sekitar 25 ribu hektar, Taman Nasional Baluran juga kaya akan spot-spot menarik lainnya. Mulai dari Hutan Evergreen yang lebat dan rindang, Padang Savana Bekol, hingga Pantai Bama yang siap menyapa Anda dengan keindahan biota bawah lautnya.

3. Pantai Pulau Merah

Rasanya tidak lengkap jika mengunjungi Banyuwangi tanpa meluangkan waktu sejenak untuk mengunjungi pantai-pantainya yang memesona. Setiap pantai yang ada di sana memiliki keunikan tersendiri, tak terkecuali Pantai Pulau Merah.

BACA JUGA: Wisata Pulau Merah, Disini Mau Ngapain Sih?

Salah satu tempat wisata favorit Banyuwangi ini memiliki pulau kecil berbentuk layaknya bukit di tengah lautan. Sesuai dengan namanya, Pantai Pulau Merah menyajikan pemandangan pasir berwarna kemerahan yang ditutupi vegetasi hijau nan menyegarkan.

4. Pantai Plengkung

Destinasi wisata berikutnya yang tak kalah menawan adalah Pantai Plengkung yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Banyak orang menilai, pantai ini memiliki potensi besar dalam menarik perhatian wisatawan, terutama mereka yang hobi berselancar.

Sunset di Banyuwangi - GLand Plengkung

Bagaimana tidak, ombak di Pantai Plengkung mampu mencapai ketinggian hingga 8 meter. Bahkan, pantai ini dinobatkan sebagai salah satu pantai dengan spot surfing terbaik di Asia Tenggara.

Nama tempat ini diambil dari bentuk pantainya yang melengkung. Namun, wisatawan asing lebih mengenal pantai ini dengan sebutan G-Land karena bentuknya melengkung seperti huruf G.

5. Pulau Tabuhan

Jika Anda terlalu bosan dengan hanya berjalan-jalan di pantai, maka menyeberang ke sebuah pulau bisa jadi pilihan yang menarik. Salah satu pilihan pulau terbaik di Banyuwangi yang wajib dikunjungi adalah Pulau Tabuhan.

OPEN TRIP: Pulau Menjangan dan Tabuhan

Meski tidak berpenghuni, tapi Anda bisa melakukan banyak aktivitas menarik di pulau yang terletak di Selat Bali ini. Mulai dari snorkeling, menikmati halusnya pasir pantai, atau sekadar berfoto dengan pemandangan indah lautan yang membiru.


Itu tadi beberapa destinasi wisata favorit Banyuwangi yang wajib Anda jadikan pilihan utama ketika berkunjung ke sana. Jadi, Anda sudah memutuskan mau mengunjungi yang mana?

Ke manapun perginya, pastikan Anda hanya memilih Bintang Wangi Indotrans (BWi) Tours and Travel sebagai rekan perjalanan selama di Banyuwangi. Dijamin, perjalanan Anda akan jauh lebih seru dan menyenangkan dengan berbagai layanan berkualitas.

Ingin informasi lebih lanjut? Hubungi saja 081934832823 atau kunjungi www.pariwisatabanyuwangi.com.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut