Beranda » Tempat Wisata » Wisata Banyuwangi Pulau Merah, Disini Mau Ngapain Sih?

Pulau Merah adalah salah satu wisata pantai di Banyuwangi yang juga masuk dalam deretan top pariwisata Banyuwangi. Nama pulau memang identik dengan sebuah daratan yang dikelilingi lautan, dan merah menandakan ada warna merah yang menjadi ciri khas dari pulau tersebut. Dan semua prediksi Anda itu sangat tepat sekali, wisata Banyuwangi Pulau Merah memang memiliki daratan berbentuk pulau kecil dengan warna tanah yang kemerah-merahan.

Wisata Banyuwangi Pulau Merah

Pulau Merah

Sejarah Wisata Banyuwangi Pulau Merah

Diwaktu lampau, sebelum nama Pulau Merah ngetren, nama pantai ini dikenal orang sebagai Pantai Ringin Pitu. Namun nama tersebut berubah menjadi Pulau Merah karena ada 2 (dua) alasan mendasar yaitu 1) nama Pantai Ringin Pitu kurang menjual secara komersil untuk menarik wisatawan agar berkunjung, dan 2) perlu ada ciri khas dari suatu tempat wisata agar berbeda dari pantai-pantai yang lain.

BACA JUGA: 7 Fakta Unik Pulau Merah Banyuwangi

Ciri khas tersebut ditemukan dari spot paling keren yang berada di Pantai Pulau Merah, yaitu spot pulau kecil berbukit di seberang garis pantai (kurang lebih 100 meter dari garis pantai). Pulau kecil tersebut ditemukan memiliki warna tanah dan pasir yang kemerah-merahan. Apalagi saat terkena pancaran sinar matahari tenggelam, warna kemerahannya semakin terlihat jelas. Karena itu pengambilan nama Pulau Merah dianggap sebagai pilihan jitu, unsur komersilnya pun lebih mengena.

Lokasi dan Akses

Di artikel sebelumnya kami sudah menyampaikan dengan rinci tentang informasi Pulau Merah, namun pada artikel ini akan kami pertajam tentang lokasi dan akses menuju Pantai Pulau Merah.

Pulau Merah berada di area Kecamatan Pesanggaran, yaitu kecamatan yang berada di ujung selatan wilayah Kabupaten Banyuwangi. Jarak dari Banyuwangi kota hampir 70 kilometer. Dengan durasi rata-rata untuk menempuh jarak tersebut dengan kendaraan bermotor sekitar 2 jam – Maps https://g.page/pulaumerah?share

Bus bisa masuk ke Wisata Banyuwangi Pulau Merah?

Semua akses kendaraan sudah sangat memadahi di area wisata ini, jalan yang dilalui mulai dari aspal hotmix hingga jalan cor beton. Sehingga bisa dilalui oleh kendaraan besar seperti big bus (60 seat) dengan 2 ruas jalan berpapasan.

Hanya saja untuk transportasi umum sangat terbatas yang menyediakan rute dari Banyuwangi kota ke Pulau Merah. Anda harus menggunakan jasa sewa mobil Banyuwangi atau layanan paket wisata Banyuwangi (lengkap dengan transportasi, guide, dan akomodasi)

Daftar Spot Wisata di Pulau Merah

Selain mengunjungi wisata pantai, Anda tentu dapat memilih berbagai aktivitas lain yang dapat Anda lakukan di tempat ini. Berikut ini daftar spot dan kegiatan yang seringkali dilaksanakan di sekitar lokasi Red Island.

1# Spot Pulau Merah

Spot ini merupakan spot utama ikonik dari wisata ini. Anda dapat mengunjungi pulau merah tersebut dengan cara jalan kaki sejauh 100 meter untuk sampai di daratan pulau. Akses yang diberikan hanya secara natural yaitu jalan kaki tanpa ada jembatan penghubung atau jasa sewa perahu dari garis pantai dan pulau merah. Dengan kata lain, Anda harus menunggu air surut agar dapat berjalan menyeberangi laut menuju pulau merah.

Yang jadi pertanyaan selanjutnya, kapan air surut dan bisa menyeberang? Kami tidak bisa memprediksi hal itu, karena air surut dapat ditemui sewaktu-waktu, kadang pagi hari, kadang siang hari, dan kadang sore hari. Jadi faktor keberuntungan saat Anda datang ke wisata ini sangat berpengaruh terhadap kemungkinan Anda dapat menapaki daratan Pulau Merah.

2# Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah yang dimaksud adalah daratan pasir yang berhadapan tepat dengan Pulau Merah. Pantai ini adalah lokasi paling ramai yang di datangi wisatawan, terutama saat kondisi air laut sedang tinggi dan tidak memungkinan untuk mengakses ke Pulau Merah.

Di pantai ini Anda akan menemui pemandangan pantai yang bersih dengan pasir berwarna putih. Rerimbunan pohon pandan menghiasi hampir seluruh area pantai dan sangat cocok untuk dijadikan tempat berteduh dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi.

Wisata Banyuwangi Pulau Merah Payung Pantai

Masyarakat setempat juga menyediakan jasa sewa payung pantai bagi Anda yang ingin selonjoran dan tiduran sambil menghadap pemandangan pantai. Jasa sewa payung ini dipatok dengan harga Rp 20.000 per jam dengan fasilitas 1 payung, 1 meja, dan 2 kursi malas.

3# Surfing

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BWi Travel Banyuwangi (@bwitravel) on


Aktivitas surfing kelas pemula sangat cocok dilakukan di area pantai ini. Bagi Anda yang ingin belajar olahraga dengan papan seluncur, jenis ombak di Pulau Merah ini sangat bagus untuk dicoba. Meskipun sudut pantai berhadapan langsung dengan samudera hindia, tapi tipe ombak di pantai ini relatif kecil dengan ketinggian sekitar 3 meter. Beda halnya dengan ombak di G-Land Plengkung yang mencapai ketinggian 10 meter dan dikhususkan untuk peselancar level mahir.

3# Berkemah (Nge-camp)

Berkemah juga bisa menjadi salah satu agenda kegiatan yang dapat dilakukan di lokasi wisata ini. Kondisi alam yang aman dan jauh dari gangguan hewan buas menjadi pilihan tempat yang strategis untuk nge-camp disini. Tentunya Anda harus izin kepada pengelola wisata setempat sebelum mendirikan tenda dan menginap di lokasi wisata ini. Adapun rekomendasi tempat mendirikan camp yang bagus adalah di samping barat pos tiket masuk, tepatnya di area parkir pepohonan.

4# Outbound

Untuk agenda permainan seperti outbound, Anda juga bisa memilih lokasi wisata Banyuwangi Pulau Merah ini sebagai jujugan. Terdapat area luas dan sejuk untuk berbagai aktivitas game saat outbound sehingga selama kegiatan Anda tetap terasa nyaman. Baik itu outbound dalam bentuk fun games, team building, dan family gathering.

Kuliner Khas Setempat

Selain berkunjung ke tempat wisata untuk menikmati pemandangan, tentu Anda dapat mencicipi berbagai makanan dan minumas khas asli Pulau Merah. Dan berikut ini ada beberapa kuliner yang dapat Anda coba dengan harga murah di sekitar wisata ini.

Makanan

Ayam Pedas menjadi salah satu menu kuliner andalan area Banyuwangi selatan, termasuk daerah Pulau Merah. Anda dapat mencoba makanan yang berbahan dasar ayam kampung yang dimasak pedas dengan kuah santan ini beserta menu sayur rebus. Bagi yang tak suka pedas, jangan nekad untuk mencoba menu ini.

BACA JUGA: 15 Menu Kuliner Banyuwangi Legendaris

Kemudian menu Ikan bakar segar adalah salah satu kuliner khas di Pulau Merah. Ada banyak jenis ikan laut yang dapat Anda pilih sebelum dilakukan proses pembakaran dan disajikan dalam bentuk lalapan pedas.

Minuman

  • Es kelapa muda atau degan dengan harga murah sekitar Rp 10.000 per porsi
  • Rujak buah dengan harga Rp 7.000 per porsi
  • Kopi dengan harga Rp 4.000 per porsi

Aneka Buah Segar

Masyarakat setempat juga menawarkan berbagai macam buah lokal asli dari petani di sekitar Kecamatan Pesanggaran. Buah yang sering ditawarkan adalah Buah Naga dan Jeruk Siyem. Mereka akan mendatangi Anda yang sedang duduk bersantai di pinggir pantai dengan macam-macam buah tersebut.

Perlu diketahui, daerah Kecamatan Pesanggaran adalah salah satu basis petani buah naga. Jika musim panen raya, maka Anda akan dapat menemui harga buah naga yang sangat murah hingga mencapat Rp 2.000 per kilogram.

Tempat Penting di Sekitar Pulau Merah

  • Pura Tawang Alung adalah salah satu tempat ibadah umat hindu yang berlokasi dekat dengan wisata Pulau Merah. Pura ini tidak hanya menjadi tempat ibadah warga setempat, tapi juga warga hindu dari luar kota Banyuwangi. Jadi selain bisa beribadah di pura ini, umat hindu juga dapat sekalian mampir berwisata di Pantai Pulau Merah.
  • Tambang Emas PT BSI (Bumi Suksesindo) adalah salah satu obyek vital mineral bumi yang saat ini sedang fokus dieksploitasi. Tambang emas yang berada di bukit tumpang pitu ini sudah dikelola oleh perusahaan besar dan beroperasi beberapa tahun terakhir. Jika Anda menemukan kendaraan-kendaraan dengan brand BSI dengan aktivitas tertentu di sekitar tempat wisata, itu adalah milik dari perusahaan tambang tersebut.
  • TPI Pancer juga merupakan salah satu tempat penting yang berada di dekat Pulau Merah, tepatnya 4 kilometer di sisi barat wisata ini. Tempat ini menjadi lokasi pelelangan ikan yang didapatkan oleh nelayan setempat.


Demikian informasi tentang wisata Banyuwangi Pulau Merah dengan beberapa spot wisatanya. Untuk informasi lain tentang layanan agen wisata Banyuwangi, hubungi customer service kami.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut