Beranda » Tempat Wisata » Wisata Snorkeling: Pulau Menjangan, Bali

Bali, memang terkenal sebagai surga wisata di Indonesia. Pulau Dewata diakui sebagai lokasi pariwisata tingkat internasional yang menawarkan jutaan aneka keindahan. Mulai dari bidang wisata alam, budaya, dan sosial, semuanya memiliki keindahan yang luar biasa. Namun, mayoritas wisatawan hanya mengenal Bali selatan yang terkenal dengan pantai-pantainya seperti Kuta, Sanur, Pantai Pandawa, dan lainnya.

Jika Anda mencoba mengeksplorasi wisata Bali yang lain, maka Anda akan menemui area Bali utara yang tak kalah indahnya. Salah satu spot yang terkenal adalah Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Pulau Menjangan Bali

Pulau Menjangan, Bali merupakan salah satu pulau terluar provinsi Bali yang berada di ujung utara condong ke barat pulau Bali. Pulau ini terkenal sebagai wisata bawah laut atau underwater yang sangat menawan.

Wisata ini menyajikan pemandangan underwater yang begitu kaya akan potensi wisata ikan hias dan terumbu karang yang masih hidup dan lestari. Pantaslah jika wisata ini menjadi salah satu tujuan para pengunjung yang menyukai permainan air snorkeling dan diving.

Sejarah Pulau Menjangan, Bali

Sesuai dengan namanya, Pulau Menjangan adalah sebuah pulau yang berjarak 5 mil di arah barat laut pulau Bali dan dihuni oleh hewan Menjangan (Rusa dan Kijang). Hewan-hewan ini hidup liar dan berkembang biak dalam pulau berbatas air ini hingga saat ini. Bahkan seringkali hewan-hewan ini muncul di saat para pengunjung datang ke Menjangan Island.

BACA JUGA: Bangsring Underwater, Banyuwangi

Pura Ganesha Pulau Menjangan

Akses ke Pulau Menjangan, Bali

Untuk menuju ke Pulau Menjangan Bali, Anda bisa menempuh beberapa rute jalan yang dipilih. Jika start dari Denpasar, maka Anda butuh melalui jalur darat sejauh 150 km serta 30 menit jalur laut.

Namun jika Anda menuju ke Pulau Menjangan lewat Banyuwangi, maka Anda butuh melalui jalur darat 10 km, serta jalur laut 45 menit jalur laut. Karena itu kami merekomendasikan Anda via Banyuwangi.

Daftar Spot Pulau Menjangan, Bali

Di Pulau ini, Anda tidak hanya menemui sebuah pulau kosong dengan penghuni hewan-hewan rusa dan kijang, tapi ada banyak spot yang keren. Spot-spot di Pulau Menjangan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Area Snorkeling Underwater
    Area snorkeling ini berada di sekeliling pulau Menjangan. Perlu Anda ketahui, pulau ini memiliki ombak yang relatif tenang karena spot snorkelingya berada di apit pulau Bali dan Pulau Menjangan.
  • Palung Laut
    Terdapat area snorkeling yang cukup unik di sekitar pulau, yaitu sebuah palung laut. Palung laut ini terlihat seperti goa di dalam air yang seolah-olah orang yang melihatnya merasa ditarik ke dalam.
  • Pura Ganesha
    Terdapat sebuah tempat ibadah bagi kaum Hindu yang dikenal sebagai Pura Ganesha. Pura ini memiliki patung raksasa yang berupa seperti gajah dan pengunjung wisata pulau Menjangan bisa berkeliling melihat-lihat pura ini. Bahkan bila memakai baju adat, Anda diperbolehkan singgah ke pura Ganesha.

Informasi Tambahan

  • Kami rekomendasikan Anda bermain air saat pagi hari, karena ombak lebih tenang saat pagi.
  • Gunakan peralatan snorkeling yang lengkap dan guide / pemandu yang berpengalaman.
  • Hormati adat setempat, terutama saat-saat ada acara ritual keagamaan yang sedang berlangsung.
  • Jaga kebersihan laut dan jangan rusak terumbu karang yang ada disana.
  • Dapatkan ijin dari Polisi Laut setempat bila ingin menginap atau camping.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!