Beranda » Tempat Wisata » Informasi Lengkap Kawah Ijen Banyuwangi

Gunung tidak sembarang gunung, Banyuwangi memiliki salah satu wisata ketinggian yang sangat indah untuk dikunjungi, yaitu Gunung Ijen. Gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 2300 mdpal ini menawarkan salah satu pesona pemandangan kawah berapi yang disebut Kawah Ijen Banyuwangi.

Sebenarnya, Gunung Ijen ini berada area di 2 kabupaten yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Hanya saja, Banyuwangi menyajikan akses yang lebih mudah dan lengkap dari arah luar kota. Banyuwangi menyiapkan Bandara Banyuwangi, Stasiun Banyuwangi, Terminal Bus, dan Pelabuhan Ketapang.

Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen Banyuwangi adalah fenomena danau di puncak gunung yang memiliki kandungan belerang atau sulfur dengan konsentrasi yang tinggi. Kawah ini dapat dilihat jika Anda mampu melakukan perjalanan pendakian (trekking) menuju puncak Ijen dengan cara jalan kaki. Selain pemandangan kawah, puncak ijen juga menyajikan pemandangan sunrise yang sangat cantik. Sunrise ini adalah sunrise pertama di Pulau Jawa, Indonesia.

Blue Fire Kawah Ijen Banyuwangi

Selain Kawah Ijen Banyuwangi, ada fenomena lain yang unik untuk dijumpai yaitu Blue Fire atau Api Biru. Blue fire dalam penjelasan sederhana adalah sebuah bukit yang dipenuhi oleh api-api dan terus menyala sepanjang waktu. Api ini berasal dari gas alam yang terus menyembur keluar. Blue fire ini menjadi salah satu keajaiban dunia yang sangat langka ditemui diseluruh penjuru bumi.

Selain di Gunung Ijen, blue fire ini hanya bisa dilihat di daerah lain Islandia. Inilah alasan kenapa para wisatawan memiliki tekad untuk melakukan pendakian di tengah malam guna menemui blue fire.

Fakta: Cahaya blue fire akan hilang/redup tak terlihat jika terkena pancaran cahaya matahari langsung. Karena itu penampakan blue fire paling bagus dan jelas dilihat pada jam 03:00 WIB – 05:00 WIB dini hari. Adapun jarak yang harus ditempuh menuju blue fire adalah 700 meter turun dari puncak. Medan yang dilalui adalah jalan setapak bebatuan.

Sejarah Kawah Ijen Banyuwangi

Beberapa orang menyebutkan bahwa sebenarnya nama ijen sebagai tanda bahwa dari sekian gunung yang ada di sekitarnya, hanya Gunung Ijen saja yang memiliki kawah. Karena itu muncul istilah Ijen yang dalam bahasa Jawa berarti “sendiri”. Dari sekian gunung yang ada disampingnya seperti Gunung Meranti, Kawah Wurung, dan Gunung Raung, semua gunung tersebut tidak memiliki kawah.

BACA JUGA: 12 Fakta-Fakta Unik Kawah Ijen

Lokasi Kawah Ijen Banyuwangi

Untuk menuju ke wisata Gunung Ijen ada area yang harus Anda tuju, salah satunya adalah Pos Paltuding (lereng gunung Ijen). Pos ini adalah tempat pemberhentian terakhir semua kendaraan bermotor yang akan menuju ke Puncak Ijen.

Pos Paltuding hanya bisa diakses dengan kendaraan seperti sepeda motor, mobil mpv, dan paling besar elf long 17 seat. Untuk bus medium dan bus besar tidak bisa menuju ke area ini karena akses jalan sangat sempit dan banyak tanjakan curam.

Pos Paltuding Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Rute dan Akses ke Kawah Ijen Banyuwangi

Untuk menuju ke Teluk Hijau, ada beberapa opsi transportasi yang bisa digunakan mulai dari akses udara, laut, dan darat. Berikut detil dari cara akses menuju Gunung Ijen Banyuwangi.

  • Via Pesawat Terbang: Dari Bandara Banyuwangi, Anda bisa melakukan perjalanan darat dengan cara menyewa mobil dan rutenya mulai dari Rogojampi – Banyuwangi Kota – Glagah – Licin – Jambu – Pos Paltuding.
  • Via Kereta Api: Dari Stasiun Surabaya atau Stasiun Jember, paling efektif Anda turun di Stasiun Karangasem, Banyuwangi. Dari stasiun ini Anda bisa sewa mobil ke Pos Paltuding dan rutenya mulai dari Banyuwangi Kota – Glagah – Licin – Jambu – Pos Paltuding.
  • Via Bus Antar Kota: Dari Terminal Jember atau Terminal Mengwi, Denpasar Anda turun saja di Terminal Brawijaya (Karangente) Banyuwangi. Dari sini Anda bisa sewa mobil untuk drop ke Paltuding dan rutenya mulai dari Banyuwangi Kota – Glagah – Licin – Jambu – Pos Paltuding.
  • Via Travel Antar Kota: Dari kota-kota besar lain seperti Surabaya atau Malang atau Denpasar, Anda bisa menggunakan jasa travel antar kota dengan biaya sekitar Rp. 150.000 per orang. Anda akan di drop Banyuwangi Kota (selanjutnya Anda bisa sewa mobil untuk ke Paltuding). Jadwal pemberangkatan masing-masing travel ini berbeda-beda. Info lengkap bisa Anda hubungi layanan travel asli Banyuwangi seperti Bintang Wangi Trans.

Akses Dari Pos Paltuding ke Kawah Ijen

Dari pos Paltuding, Anda harus siap melakukan pendakian. Jarak yang ditempuh sekitar 3 km dengan lebar jalan 3 meter bertekstur tanah. Rata-rata pendakian membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Untuk mengejar penampakan blue fire Anda harus memulai pendakian jam 02:00 WIB dini hari. Pendakian sepenuhnya menggunakan kemampuan fisik.

Pendakian Gunung Ijen Banyuwangi

Fasilitas Umum di Kawah Ijen

Di Pos Paltuding semua wisatawan dapat menggunakan toilet umum. Hanya saja karena jumlahnya terbatas seringkali terjadi antrean panjang. Selain itu juga ada warung-warung tenda, mushola, lapangan, dan area parkir. Sedangkan di puncak Ijen, kini sudah ada toilet umum dengan sistem pengairan tadah hujan.

Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen

Harga tiket masuk (HTM) WNI sebesar Rp. 5.000 / orang (weekday) dan Rp. 7.500 / orang (weekend). Sedangkan WNA, HTM mulai Rp. 150.000 / orang. Loket dibuka mulai jam 01:00 WIB s/d jam 12:00 WIB.

Informasi Tambahan

  • Akses termudah menuju ke Pos Paltuding adalah via Banyuwangi. 1 jam dari Banyuwangi kota Anda bisa sampai di Paltuding.
  • Perlu seorang driver yang handal untuk mengemudi kendaraan ke Pos Paltuding. Kami rekomendasikan Anda menggunakan jasa sewa mobil lokal.
  • Siapkan perlengkapan pendakian seperti senter, masker, sepatu/sandal daki, dan pakaian penghangat tubuh.
  • Gangguan cuaca bisa terjadi sewaktu-waktu seperti hujan atau badai.
  • Gangguan fisik selama pendakian adalah kecapekan, kedinginan, mengantuk.
  • Gunakan jasa guide jika belum pernah mendaki gunung ini sebelumnya.
  • Antisipasi bila tidak kuat melakukan trekking, ada bisa sewa jasa gerobak dorong.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!