Beranda » Tempat Wisata » Info Tiket, Spot Foto, dan Hotel di Pulau Tabuhan Banyuwangi

Salah satu pulau kecil yang terpisah lautan dan masih dalam area Kabupaten Banyuwangi adalah Pulau Tabuhan Banyuwangi. Pulau ini berada di ujung utara Banyuwangi, dekat dengan selat bali, dan tepatnya berada di Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

Pulau Tabuhan merupakan pulau kecil dengan luas sekitar 7 hektar yang menyajikan wisata keheningan daratan yang dikelilingi air laut. Pulau ini merupakan lokasi paling asyik untuk melakukan aktivitas bawah laut dan permainan air lainnya.

Keindahan Alam Yang Tersaji

Dalam kesehariannya, pulau ini tak memiliki penghuni dan tak memiliki bangunan permanen. Para pengunjung yang datang kesini hanya datang untuk sementara waktu. Wisatawan memanfaatkan area ini untuk spot bersantai dan menikmati hembusan angin yang tak pernah lelah berdatangan.

Pulau Tabuhan Banyuwangi Pasir Putih

Pulau Tabuhan Banyuwangi – Dikelilingi Pasir Putih

Pasir Putih Yang Mengelilingi

Ciri khas dari Pulau Tabuhan adalah pasir putih yang memenuhi seluruh daratannya. Uniknya, warna pasir ini berbeda jauh dengan daratan pantai-pantai di sekelilingnya yang mayoritas memiliki pasir warna hitam seperti di Pantai Bangsring, Pantai Watudodol, dan Pantai Kampe.

Spot Hunting Sunset dan Sunrise

Karena pulau kecil ini dikelilingi oleh lautan selat Bali, maka semua sudut memandang hanya Anda jumpai air laut dari 4 arah mata angin. Karena itu Anda dapat menikmati momen Sunrise dan Sunset setiap hari dari Pulau Tabuhan Banyuwangi.

Snorkeling dan Diving

Pulau Tabuhan Banyuwangi Snorkeling

Pulau Tabuhan Banyuwangi – Spot Snorkeling Surga Bawah Laut

Permainan satu ini adalah aktivitas yang paling seru dan disukai oleh kebanyak pengunjung wisata, terutama snorkeling. Walau hanya sekedar berenang dipermukaan air, Anda dapat menikmati berbagai biota laut yang indah dan menawan khas Selat Bali. Ada ikan nemo, bintang laut, dan karang-karang yang indah serta menawan.

Kitesurfing

Dulu, pemerintah kabupaten Banyuwangi sempat mengadakan agenda festival di pulau ini dengan tajuk Tabuhan Kite Surfing. Tujuannya adalah mempromosikan bahwa Pulau Tabuhan bisa dijadikan agenda destinasi yang tepat untuk bermain kite surfing. Hanya saja hingga saat ini jasa penyewaan permainan ini sudah tidak lagi tersedia di pulau (mungkin karena kurang banyak peminatnya).

Camping Ground Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan - Camping Ground

Pulau Tabuhan – Camping Ground

Suka berkemah? Jika jawaban Anda adalah “ya”, maka pulau ini jadi lokasi yang jitu untuk mendirikan tenda menginap. Di bawah-bawah pohon yang ada di tengah pulau, akan menjadi tempat yang nyaman untuk siapapun yang ingin tidur berbaur dengan alam.

Kami sangat merekomendasikan Anda mengagendakan berkemah sebelum matahari terbenam untuk mendapatkan sunset, hingga pagi hari untuk menanti momen sunrise.

Spot Foto Instagrammable

Setidaknya ada 2 spot foto keren yang saat ini tersedia di Pulau Tabuhan, yaitu spot foto di kotak kayu Sunrise (sisi timur) dan spot foto di batu karang (sisi selatan).

Akses ke Pulau Tabuhan

Untuk menuju ke pulau ini, Anda harus memahami medan area geografis dari Pulau ini. Jarak dari daratan sekitar 3 km dan Anda harus menggunakan transportasi laut untuk menuju ke lokasi.

Jarak 3 km tersebut rata-rata ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit menggunakan perahu boat nelayan. Perahu tersebut disediakan di beberapa titik-titik sandaran kapal seperti Pantai Grand Watudodol, Bangsring Underwater, dan Pantai Kampe.

Adapun biaya atau tarif harga yang dipatok untuk sewa kapal dari titik sandaran kapal tersebut berkisar Rp600.000 dengan kuota maksimal 10 orang. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas yaitu kapal boat, ABK, dan life jacket.

Kapal Pulau Tabuhan Banyuwangi

Boat nelayan dengan kapasitas maksimal 15 orang

Tiket Masuk & Fasilitas

Di pulau tak berpenghuni ini, tidak ada loket yang tersedia alias gratis berkunjung bagi siapapun. Adapun jika Anda perlu membayar tiket harus dilakukan di daratan tempat terakhir sebelum Anda menuju ke Pulau Tabuhan Banyuwangi (tergantung darimana Anda berangkatnya).

Untuk fasilitas umum memang tidak tersedia di tempat ini, bahkan toilet pun tidak Anda. Jadi Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan alam jika berkaitan dengan MCK.

Bagi yang ingin nongkrong dan bersantai, terdapat beberapa gubuk penjual makanan-minuman ringan seperti aneka gorengan dan kopi. Anda dapat membelinya secara langsung di pulau ini.

Informasi Tambahan

  • Pastikan Anda menggunakan jasa sewa kapal boat yang disediakan oleh pengelola wisata setempat.
  • Mintalah seorang pemandu / guide lokal untuk menemani kunjungan Anda.
  • Bawa perlengkapan secukupnya, termasuk lotion anti-sengatan sinar matahari.
  • Gunakan pakaian pantai yang sopan.
  • Jaga kebersihan dan jangan rusak terumbu karang yang ada disana.
  • Pastikan Anda menuju ke pulau ini saat cuaca cerah tanpa badai.
  • Bagi yang bermain air (snorkeling / diving), pastikan menggunakan peralatan lengkap dan sesuai standar keselamatan.

Wisata Sekitar Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan masuk area Banyuwangi sebelah utara, dan berikut ini ada beberapa destinasi wisata terdekat yang dapat Anda datangi sekaligus.

Hotel/Penginapan di Sekitarnya

Berikut ini beberapa hotel atau penginapan yang tersedia di sekitar Pulau Tabuhan Banyuwangi.

  • Homestay Bunder (Bangsring Under Water). Lokasinya ada di wisata Pantai Bangsring Banyuwangi
  • Bangsring Breeze
  • Hotel Watudodol

Demikian informasi terbaru dan terupdate tentang Pulau Tabuhan Banyuwangi yang cukup viral sebagai destinasi wisata Banyuwangi utara.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Lokal Tour and Travel #1 Banyuwangi | Melayani paket tour wisata Banyuwangi murah, rental sewa mobil Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

16 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut