Beranda » Tempat Wisata » Pulau Tabuhan Banyuwangi

Salah satu pulau kecil yang terpisah lautan dan masih dalam area Kabupaten Banyuwangi adalah Pulau Tabuhan Banyuwangi. Pulau ini berada di ujung utara Banyuwangi, dekat dengan selat bali, dan tepatnya berada di Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

Pulau Tabuhan Pariwisata Banyuwangi

Pulau Tabuhan merupakan pulau kecil dengan luas sekitar 7 hektar yang menyajikan wisata keheningan daratan yang dikelilingi air laut. Pulau ini merupakan lokasi paling asyik untuk melakukan aktivitas bawah laut dan permainan air lainnya.

Dalam kesehariannya, pulau ini tak memiliki penghuni dan tak memiliki bangunan permanen. Para pengunjung yang datang kesini hanya datang untuk sementara waktu. Wisatawan memanfaatkan area ini untuk spot bersantai dan menikmati hembusan angin yang tak pernah lelah berdatangan.

Akses ke Pulau Tabuhan Banyuwangi

Untuk menuju ke pulau ini, Anda harus memahami medan area geografis dari Pulau Tabuhan. Jarak dari daratan sekitar 3 km dan Anda harus menggunakan transportasi laut untuk menuju ke lokasi.

Jarak 3 km tersebut rata-rata ditempuh dalam waktu 15-30 menit menggunakan perahu boat nelayan. Perahu tersebut disediakan di beberapa titik-titik sandaran kapal seperti Pantai Grand Watudodol, Bangsring Underwater, dan Pantai Kampe.

Adapun biaya atau tarif harga yang dipatok untuk sewa kapal dari titik sandaran kapal tersebut berkisar Rp. 500.000 s/d Rp. 700.000 dengan kuota maksimal 10 orang. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas yaitu kapal boat, ABK, dan life jacket.

Kapal Pulau Tabuhan Banyuwangi

Spot Wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan bebas didatangi oleh siapapun. Tidak ada tiket khusus untuk masuk ke area ini. Namun ada waktu-waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Tabuhan.

Mayoritas, wisatawan datang pada saat siang hari ke Pulau Tabuhan. Di pulau ini Anda dapat mencari area spot-spot foto terbaik dan menikmati keheningan pulau. Sedangkan bagi yang ingin menyaksikan pesona sunrise dan sunset, Anda bisa menyewa paket camping / menginap di Pulau Tabuhan.

Sedangkan untuk kegiatan underwater dan permainan air lainnya, paling baik dilaksanakan pada pagi dan sore hari. Hal ini untuk mengurangi teriknya cahaya matahari yang menyengat tubuh.

Informasi Tambahan

  • Pastikan Anda menggunakan jasa sewa kapal boat yang disediakan oleh pengelola wisata setempat.
  • Mintalah seorang pemandu / guide lokal untuk menemani kunjungan Anda ke Pulau Tabuhan.
  • Bawa perlengkapan secukupnya, termasuk lotion anti-sengatan sinar matahari.
  • Gunakan pakaian pantai yang sopan.
  • Jaga kebersihan dan jangan rusak terumbu karang yang ada disana.
  • Pastikan Anda menuju ke pulau ini saat cuaca cerah tanpa badai.
  • Bagi yang bermain air (snorkeling / diving), pastikan menggunakan peralatan lengkap dan sesuai standar keselamatan.
  • Informasi tambahan, bisa Anda tanyakan ke CS kami 0852-3434-2470.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!