Beranda » Berita » 5 Deretan Tempat Wisata Banyuwangi Utara

Sebelumnya kami sudah memiliki artikel tentang wisata Banyuwangi bagian selatan yang terdapat banyak sekali deretan pantai-pantai indah. Kali ini, kita akan membahas tentang deretan wisata Banyuwangi bagian utara yang paling terkenal dan favorit bagi para wisatawan.

5 Tempat Wisata Banyuwangi Bagian Utara

1# Taman Nasional Baluran

Siapa yang tidak mengenal Baluran? Salah satu obyek wisata Banyuwangi yang berada di level nasional dan internasional dikenal sebagai duplikat dari gurun afrika. Salah satu spot yang paling terkenal adalah Savana Bekol yang ada di dalam area konservasi Baluran. Dan selain Savana Bekol, sebenarnya masih ada beberapa spot unik di Baluran seperti Pantai Bama dan Mangrove Trail.

BACA JUGA: Info Lengkap TN Baluran

Pantai Bama adalah spot area pantai yang berada di ujung jalan TN Baluran. Pantai ini memiliki pasir yang putih bersih dan nyaris jarang ada deburan ombak. Anda bisa bersantai disini dengan banyak fasilitas foto selfie yang disediakan seperti ayunan, pasir timbul, dan batu karang.

Savana Bekol Baluran - Wisata Banyuwangi Bagian Utara

Sedangkan Mangrove Trail ini berada di dekat Pantai Bama, dimana area ini sangat rimbun dengan tumbuhan bakau yang hijau. Rerimbunan hutan ini dibelah dengan jembatan beton setapak yang menuju ke balik bakau dan berakhir di gazebo tengah laut.

2# Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati di Banyuwangi ini merupakan waduk yang dibangun dan diresmikan era Presiden Jokowi. Waduk ini memiliki pemandangan yang indah dengan view mirip Kepulauan Raja Ampat. Desain bangunan yang membuat tandon besar penahan debit air ini membuat pemandangan terasa artistik.

Waduk Bajulmati - Wisata Banyuwangi Bagian Utara

Di tempat ini terdapat area gazebo besar yang bisa digunakan untuk bersantai dan melihat luasnya bendungan Bajulmati. Sangat cocok untuk agenda keluarga Anda sambil bersantai atau bahkan bisa memancing disekitar.

3# Rumah Apung Bangsring Underwater

Dulu orang sini menjarah (bom, putas, dan illegal fishing) untuk bisa makan roti, tapi sekarang orang sini beli roti untuk memberi makan ikan. Begitulah cerita awal berdirinya wisata Bangsring Underwater ini. Terbukti dengan dibukanya wisata, kebiasaan buruk masyarakat setempat berubah drastis 180 derajat. Dari yang awalnya merusak alam kini menjadi melindungi alam.

Rumah Apung Bangsring - Wisata Banyuwangi Bagian Utara

Bangsring menawarkan pesona pantai dengan spot rumah apung yang berada 100 meter dari garis pantai. Di rumah apung ini, Anda bisa bermain snorkeling dengan ribuan ikan hias yang ada disekitar perairan rumah apung. Hanya dengan membawa roti tawar, bisa dipastikan Anda akan melihat banyak sekali ikan hias muncul dipermukaan air.

4# Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan merupakan satu-satunya pulau terpisah yang berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Pulau ini sering dijadikan tempat pengasingan bagi orang-orang yang merasa bosan dengan keramaian kota. Pasir yang ada di pulau ini berwarna putih bersih, tidak ada penghuni di pulau ini. Dijamin ketika Anda kesini akan merasakan keheningan alam yang menyejukkan hati.

BACA JUGA: Mengenal Pulau Tabuhan Banyuwangi

Untuk menuju ke pulau ini, biasanya wisatawan mengikuti program paket wisata Pulau Menjangan – Pulau Tabuhan yang open trip gabungannya dilaksanakan setiap hari sabtu. Anda bisa mendapatkan biaya yang relatif murah dengan fasilitas lengkap selama mengeksplor wisata Banyuwangi ini.

5# Pantai Watudodol

Pantai ini menjadi ikon wisata Banyuwangi bagian utara yang pasti dilewati para pengguna jalan Surabaya Banyuwangi via Situbondo. Pantai Watudodol memiliki ciri khas yaitu batu besar yang ada di tengah jalan. Selain itu juga ada patung penari Gandrung yang berada di dekat ikon Watudodol.

Pantai Watudodol - Wisata Banyuwangi Bagian Utara

Pantai Watudodol dijadikan lokasi melihat sunrise yang bagus. Anda bisa melihat laut selat bali dengan jelas dari sini dengan jarak pemandangan Pulau Bali. Sambil bersantai, Anda bisa menikmati menu makanan khas Banyuwangi di warung-warung pantai sekitarnya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!