Beranda » Tempat Wisata » Dua dari 28 Tempat Wisata Banyuwangi Pantai Terkeren

Secara geografis Kabupaten Banyuwangi memiliki luas 5.782 kilometer persegi dengan batas barat dan utara berupa area pegunungan, sementara batas timur dan selatan adalah area laut. Karena itu kota ini memiliki banyak sekali obyek wisata berupa gunung serta wisata Banyuwangi pantai.

Di sebelah batas timur Banyuwangi, terpisah oleh selat Bali yang memanjang dari utara hingga ke area Banyuwangi selatan. Deretan sebelah timur ini memiliki banyak sekali potensi wisata pantai yang hingga saat ini menjadi primadona wisata di Banyuwangi.

Wisata Banyuwangi Pantai Plengkung

Sedangkan batas selatan Banyuwangi yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia juga memiliki deretan pantai-pantai keren yang wajib Anda kunjungi. Namun kondisi ombak samudera yang berbahaya, kami tidak menyarankan Anda beraktivitas di air kecuali diawasi dan diijinkan oleh profesional setempat.

Berikut ini daftar wisata pantai di Banyuwangi yang kami kategorikan berdasarkan lokasi geografisnya (batas timur dan selatan).

Wisata Banyuwangi Pantai Timur

Setidaknya ada 14 pantai di sebelah timur Banyuwangi yang hingga saat ini sudah dikenal orang sebagai pantai-pantai keren.

  1. Pantai Muncar
  2. Pantai Cemara-Kawang
  3. Pantai Sembulungan
  4. Teluk Biru
  5. Pantai Blimbingsari
  6. Pantai Cemara
  7. Pantai Syariah
  8. Pantai Boom
  9. Pantai Cacalan
  10. Pantai So Long
  11. Pantai Watudodol (Grand Watudodol)
  12. Pantai Bangsring
  13. Pulau Tabuhan
  14. Pantai Kampe

Pantai Muncar, Pantai Cemara-Kawang, Pantai Sembulungan, dan Teluk Biru ini merupakan pantai-pantai yang lokasinya berdekatan, sekitar kecamatan Muncar. Anda dapat memaksimalkan kunjungan wisata Anda selama sehari dan mendapatkan 4 lokasi pantai tersebut.

Pantai Blimbingsari merupakan pantai yang berada di dekat Bandara Banyuwangi. Selain sebagai tempat pelelangan ikan, pantai ini juga menjadi destinasi wisata kuliner ikan bakar. Anda dapat memilih berbagai jenis ikan laut yang siap diolah dengan bumbu bakaran hingga siap disuguhkan dalam sajian nasi lalapan segar.

BACA JUGA: 15 Kuliner Banyuwangi Paling Legendaris

Pantai Cemara, Pantai Syariah, Pantai Boom, Pantai Cacalan, dan Pantai So Long, merupakan pantai yang berada di dekat pusat kota Banyuwangi. Anda dapat mengunjungi 5 pantai tersebut dalam waktu sehari karena lokasinya berdekatan dan aksesnya relatif mudah.

Pantai Watudodol, Pantai Bangsring, Pulau Tabuhan, dan Pantai Kampe merupakan deretan pantai di daerah Banyuwangi utara, tepatnya daerah kecamatan Wongsorejo. Pantai-pantai ini cukup terkenal untuk agenda wisata snorkeling yang dilaksanakan di area Pulau Menjangan Bali.

Mana Pantai Terbaik di Sebelah Timur?

PariwisataBanyuwangi.com secara subyektif menobatkan Pantai Boom sebagai pantai terbaik di sisi timur Banyuwangi dari 14 nama tersebut. Pengembangan yang dilakukan di destinasi wisata ini menjadi nilai positif keunggulan dari Marina Boom Beach.

Wisata Banyuwangi Pantai boom

Lokasinya yang sangat dekat pusat kota menjadikan pantai ini sangat mudah diakses dengan tarif masuk yang relatif murah sebesar Rp 5.000 per orang. Ditambah lagi adanya spot-spot baru yang ikonik dan instagrammable seperti jembatan “lorong waktu”, rumah kuno vintage, rumah segitiga, dan dermaga sandar kapal. Semua spot ini sangat bagus dijadikan tempat hunting foto bagi para pengunjung.


Wisata Pantai Banyuwangi Selatan

Deretan pantai di Banyuwangi selatan yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia setidaknya ada 14 nama pantai terkenal sebagai berikut.

  1. Pantai Sukamade
  2. Teluk Hijau
  3. Pantai Rajegwesi
  4. Pantai Wedi Ireng
  5. Pantai Mustika (Wedi Ireng)
  6. Pulau Merah
  7. Pantai Parang Kursi
  8. Pantai Lampon
  9. Pantai Grajagan
  10. Pantai Bedul
  11. Pantai Ngagelan
  12. Pantai Trianggulasri
  13. Pantai Pancur
  14. Pantai Plengkung (G-Land)

Pantai Sukamade merupakan pantai yang berada di paling ujung barat daya Banyuwangi dan berbatasan langsung dengan kabupaten Jember. Akses ke lokasi pantai sangat susah ditempuh karena melewati jalan terjal dan sungai-sungai tanpa jembatan. Meskipun pantai ini berada di desa terpencil tetap memiliki sisi hebat yang berupa area konservasi penyu hijau raksasa.

Teluk Hijau dan Pantai Rajegwesi adalah pantai di sekitar desa Sarongan (Taman Nasional Meru Betiri) yang memiliki pemandangan keren. Kondisi tempat yang masih alami dan terjaga, membuat pantai ini jadi tempat bersantai dari keramaian kota. Deburan ombak dan pasir putih yang mengelilingi membuat suasana makin syahdu.

Pantai Mustika, Pulau Merah, Pantai Parang Kursi, dan Pantai Lampon adalah deretan pantai di kecamatan Pesanggaran yang lokasinya cukup berdekatan. Khusus pantai Pulau Merah adalah pantai paling top di Banyuwangi dengan pengunjung terbanyak dalam satu tahun. Akses jalan yang bagus dan pemandangan bukit pulau merah menjadi ciri khas pantai ini.

Pantai Grajagan, Pantai Bedul, Pantai Ngagelan, Pantai Trianggulasri, Pantai Pancur, dan Pantai Plengkung (G-Land) adalah pantai yang berada di sekitaran Taman nasional Alas Purwo. Namun butuh waktu lebih dari sehari jika ingin memaksimalkan kunjungan ke deretan pantai ini.

Wisata Banyuwangi Pantai Terbaik di Selatan

Cukup sulit memberikan predikat terbaik secara subyektif dari pantai-pantai di Banyuwangi selatan, yaitu antara G-Land Plengkung dan Teluk Hijau (Greenbay). Masing-masing pantai memiliki sisi indah yang tak terkalahkan. Dan dengan berat hati PariwisataBanyuwangi.com menobatkan  Teluk Hijau sebagai pantai terbaik di Banyuwangi selatan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Gilang Perkasa ॐ (@gilankdgp) on

Pantai ini memiliki sudut pandang yang agak sempit namun memiliki sisi rindang yang tak terkalahkan. Posisi daratan yang menjorok ke laut serta deretan pepohonan yang rimbun menghiasi sekitar pantai membuat suasana Teluk Hijau terasa sangat nyaman. Ada juga spot karang yang bagus untuk lokasi foto serta air terjun musiman yang dapat Anda gunakan untuk mandi pasca bermain air.


Demikian informasi tentang wisata Banyuwangi pantai, semoga dapat menjadi referensi agenda perjalanan wisata Anda di Banyuwangi serta bisa memperoleh foto-foto keren di wisata Banyuwangi. 2 pantai terbaik tersebut (Pantai Boom dan Teluk Ijo), kami nilai secara subyektif dari sudut pandang kami pribadi dan tentu Anda boleh berbeda pendapat dengan pilihan kami.

Jangan lupa gunakan jasa sewa mobil Banyuwangi atau paket wisata Banyuwangi untuk mengakomodir segala kebutuhan tour activities Anda.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut