Beranda » Paket Tour Banyuwangi » Paltuding, Titik Berkumpulnya Para Pendaki Ijen

Bagi Anda yang hendak merencanakan untuk melakukan pendakian ke Geopark Gunung Ijen, tentu Anda akan mengenal istilah Pos Paltuding. Yaitu tempat terakhir setiap kendaraan dari arah Bondowoso dan Banyuwangi berhenti.

BACA JUGA: 12 Fakta Unik Tentang Kawah Ijen

Paltuding juga menjadi titik awal seluruh pendaki untuk trekking ke puncak Gunung Ijen menemui 4 spot populer seperti Puncak Gunung Ijen, Kawah Ijen, Lanscape Ijen, dan Bluefire Ijen. Berikut hal-hal penting yang harus Anda ketahui tentang seputar Pos Paltuding.

7 Fakta Tentang Pos Paltuding Kawah Ijen

1# Pertemuan Jalur Bondowoso dan Banyuwangi

Jalan yang ditempuh menuju ke Kawasan TWA Ijen adalah jalan yang mempertemukan 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Pos Paltuding juga menjadi batas wilayah antar dua kabupaten tersebut.

Jalur Pos Paltuding Kawah Ijen Banyuwangi

Jadi Anda bisa memilih ingin sampai di kawasan wisata Kawah Ijen via Banyuwangi atau via Situbondo. Pertimbangkan setiap faktor yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan Anda beserta rombongan.

BACA JUGA: Ke Kawah Ijen Lebih Mudah via Banyuwangi?

2# Ramai Saat Malam Hingga Pagi Hari

Wisata Banyuwangi Kawah Ijen memiliki jadwal buka operasional pada Jam 01:00 – 11:00 WIB. Sehingga setiap wisatawan yang hendak melakukan pendakian hanya di bolehkan pada jam-jam tersebut.

Kemah Pos Paltuding Kawah Ijen Banyuwangi

Karena itu, pada malam hingga pagi hari wisata Ijen selalu dipadati wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Ratusan kendaraan muali dari motor, mobil, hingga minibus elf memadati seluruh area parkir Pos Paltuding.

3# Akses Terakhir Kendaraan

Dulu, pernah diperbolehkan jasa motor trail digunakan untuk ojek pendakian dari Paltuding hingga puncak Ijen. Namun demi menjaga keselataman wisatawan, semua kendaraan bermotor tidak diperbolehkan naik ke puncak Ijen.

Parkir Pos Paltuding Kawah Ijen Banyuwangi

Semua wisatawan harus mendaki dengan kekuatan fisik untuk sampai di Puncak Ijen. Dan semua kendaraan wajib berhenti di area Pos Paltuding. Adapun Jarak dari Pos Paltuding ke Puncak Ijen masih 3,4 kilometer lagi.

4# Pembelian Tiket TWA Kawah Ijen (Go Show)

Pos Paltuding menjadi gerbang pertama sebelum Anda memasuki wisata Kawah Ijen. Pembelian tiket masuk dilayani secara langsung (go show) di lokasi ini.

Mulai pukul 01:00 WIB dinihari, loket sudah melayani pembelian tiket. Dan perlu diketahui, ada perbedaan tempat untuk pembelian tiket wisatawan domestik dan tiket wisatawan mancanegara.

5# Terdapat Banyak Warung Kopi dan Makanan

Meskipun di area ketinggian, ada puluhan warung-warung kopi bangunan semi permanen yang menyediakan berbagai kebutuhan konsumsi Anda. Seperti air mineral, minuman hangat, makanan, penyewaan jaket, dan berbagai keperluan pendakian lain.

Warung Pos Paltuding Kawah Ijen Banyuwangi

Jadi jangan khawatir jika Anda lupa membawa perlengkapan/peralatan pendakian tertentu ketika sudah sampai di Paltuding.

6# Lokasi Bumi Perkemahan

Camping Ground Pos Paltuding Kawah Ijen Banyuwangi

Di Pos Paltuding juga terdapat area lapangan rumput yang bisa Anda gunakan untuk mendirikan tenda berkemah. Jadi Anda bisa siapkan peralatan tenda Anda sebelum tiba di Paltuding sebagai pengganti tempat istirahat.

BACA JUGA: 5 Tempat Camping Banyuwangi

7# Akses ke Gunung Meranti

Gunung Meranti Banyuwangi

Gunung Meranti adalah salah satu wisata gunung di Banyuwangi yang barusaja dibuka. Gunung ini tepat berada di sebelah tenggara dari Gunung Ijen dan bisa jadi destinasi pendakian baru.

BACA JUGA: 5 Wisata Gunung di Banyuwangi

Tapi perlu diketahui bahwa medan pendakian Gunung Meranti lebih sulit daripada Gunung Ijen. Akses jalan pun masih setapak dan jarak pendakiannya lebih jauh.


Ayo ikuti Open Trip Gabungan Kawah Ijen Midnight setiap hari. Harga mulai Rp200.000 per pax (WNI). Info lengkap tentang fasilitas dan itinerary bisa klik disini.

Bagikan Sekarang

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.