Beranda » Berita » Akses Termudah Menuju Kawah Ijen via Banyuwangi?

Kita tahu bersama, bahwa Gunung Ijen berada pada 2 kabupaten yaitu Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Masing-masing kabupaten menyediakan akses jalan yang berbeda pula. Karena itu, mari kita analisis manakah akses menuju Kawah Ijen yang paling mudah dan terbaik.

Kawah Ijen Banyuwangi

Hingga saat ini, kedua kabupaten saling berebut simpati wisatawan agar datang ke Gunung Ijen lewat akses jalan kabupaten masing-masing.

Analisis Rute dan Akses Menuju Kawah Ijen

1. Jarak Tempuh

Dari pusat kota Bondowoso ke Kawah Ijen butuh waktu sekitar 2,5 jam dengan jarak 68 km. Sedangkan dari pusat kota Banyuwangi butuh waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 48 km.

2. Spot Wisata Tambahan

Jika Anda ke Kawah Ijen via Bondowoso, Anda dapat menikmati wisata tambahan seperti Kawah Wurung dan Padang Savana. Ada pula agrowisata kopi, area sepeda, dan down hill. Selain itu ada pemandian air panas Blawan, Kali Pahit, dan Bukit Megasari.

Sedangkan akses via Banyuwangi, Anda dapat menikmati pula wisata tambahan mulai dari Kampung Adat Osing Kemiren, wisata kebun kopi Kalibendo, wisata buah durian, atraksi seni Culture Everyday, Festival Banyuwangi, dan kuliner khas Banyuwangi. Adapun wisata alam tambahan adalah Air Terjun Kembar, serta kebun sayur dan sarang madu Jambu.

BACA JUGA: Camilan-camilan Khas Banyuwangi

3. Transportasi Antar Kota

Sedangkan untuk transportasi antar kota, Banyuwangi jelas lebih unggul daripada Bondowoso. Untuk ke Bondowoso, hanya ada transportasi darat berupa terminal bus umum atau jasa travel antar kota. Sedangkan Banyuwangi memiliki Bandara Banyuwangi, Pelabuhan, Stasiun Kereta Api, Terminal Bus, dan layanan travel antar kota.

4. Tingkat Kesulitan Akses Jalan

Dari kedua kabupaten, sudut tanjakan untuk menuju ke Pos Paltuding Gunung Ijen memang relatif sulit jika ditempuh dari Banyuwangi. Beberapa jalan tanjakan di daerah Jambu memiliki tanjakan yang curam dan perlu keahlian khusus dari pengemudi. Karena itu, jika Anda menuju ke Gunung Ijen via Banyuwangi, maka pastikan Anda menggunakan jasa driver yang berpengalaman.

Tanjakan Akses Menuju Kawah Ijen

Resiko terjadi kecelakaan lalu lintas relatif besar di area ini.

Sedangkan akses via Bondowoso, tanjakan jalan tidak terlalu curam. Namun jarak yang ditempuh lebih jauh daripada via Banyuwangi.

5. Ketersediaan Penginapan atau Hotel

Di bandingkan dengan Bondowoso, Banyuwangi memiliki pilihan hotel dan penginapan yang lebih banyak. Hal ini sangat berpengaruh dengan kebutuhan akomodasi para tamu wisatawan yang akan berkunjung ke Kawah Ijen.

Bagi Anda yang datang dari luar kota, Anda bisa memilih berbagai macam hotel bintang 2, bintang 3, dan bintang 4 yang ada di Banyuwangi dan memesan via aplikasi online. Selain itu, masih ada banyak lagi homestay-homestay di Banyuwangi yang memiliki kualitas layaknya hotel.

Dapat disimpulkan bahwa 5 alasan tersebut menjadikan Kabupaten Banyuwangi sebagai akses menuju Kawah Ijen yang terbaik dan termudah. Pastikan Anda mempersiapkan diri dan perlengkapan sebelum mendaki Gunung Ijen untuk menemui spot-spot terbaik.

4 Spot di Taman Wisata Alam Gunung Ijen adalah 1) Gunung Ijen, 2) Kawah Ijen, 3) Blue Fire, 4) Landscape Ijen, 5) Sunrise of Java, dan 6) aktivitas penambang belerang / porter.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!