Beranda » Berita » 5 Wisata Gunung Banyuwangi

Melihat potensi-potensi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Banyuwangi, yang semakin dilirik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Membuat kota yang dikenal dengan Sunrise of Java ini menjadi Kota dengan kunjungan wisatawan paling banyak setelah Bali. Mulai dari pantai-pantai, taman-taman nasional, air terjun, hingga wisata gunung Banyuwangi. Berikut destinasi wisata pegunungan yang sangat populer di Banyuwangi.

1# Kawah Ijen

Obyek wisata gunung Banyuwangi, Kawah Ijen, merupakan salah satu pesona keindahan alam Indonesia yang memiliki keunikan bagi para penambang belerang yang masih menggunakan cara tradisional. Kawah ini terletak di Gunung Ijen yang memiliki tingkat keasaman kawahnya terbesar di dunia. Kawah ini merupakan danau yang besar berwarna hijau kebiru-biruan dengan kabut asap belerang yang eksotis.

BACA JUGA: Fakta-Fakta Unik Gunung Ijen Banyuwangi

Selain itu, kawah Ijen menyimpan sebuah keajaiban lain yang terdapat di bagian bawah kawah yaitu blue fire atau api biru yang berasal dari cairan belerang yang nantinya mengering dan menjadi bahan tambang warga setempat. Api biru ini hanya bisa disaksikan saat suasana masih gelap. Taman Wisata Ijen terletak di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.

2# Kawah Wurung

Kawah Wurung sendiri merupakan areal perbukitan yang ditumbuhi rerumputan hijau yang sangat indah nan menawan. Dalam bahasa Indonesia Kawah Wurung artinya kawah tidak jadi atau kawah yang telah mati. pada umumnya sebuah kawah pasti terdapat air dan endapan belerang dengan buih-buihnya.

Kawah Wurung Wisata Gunung Banyuwangi

Di kawah ini, sepanjang mata memandang yang terlihat hanyalah perbukitan yang diselimuti rumput-rumput hijau diselingi dengan beberapa pepohonan di sekitarnya. Kebanyakan orang mengatakan bahwa kawah wurung ini merupakan bukit Teletubis. Lokasinya tidak jauh dari Gunung Ijen yang tepatnya berada di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Bondowoso perbatasan Banyuwangi.

3# Bukit Mondoleko

Bukit Mondoleko merupakan salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang baru-baru ini cukup terkenal. Bukit ini menyuguhkan pesona keindahan eksotis di atas ketinggian. Bagi wisatawan yang suka sekali mencari petualangan yang menantang, maka bersinggah ke Bukit Mondoleko akan menjadi pengalaman yang berharga dan tidak bisa dilupakan.

Bukit Mondoleko Wisata Gunung Banyuwangi

Pemandangan hutan pinus yang terbentang luas bagaikan permadani yang bisa dilihat dari atas bukit Mondoleko. Selain itu, pemandangan dari sawah-sawah yang terlentang berjajar-jajar dari kejauhan juga akan menambah pesona keindahannya. Tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan hijau saja, namun kesejukan dan kesegaran udara di sekitar tempat ini bisa dinikmati. Bukit ini terletak di Desa Sragi, Kecamatan Songgon Banyuwangi.

4# Gunung Raung

Gunung Raung merupakan termasuk dalam gugusan pegunungan Ijen. Beberapa wisata gunung Banyuwangi lain yang masuk dalam gugusan ini adalah Gunung Pendil, Gunung Suket, Gunung Rante, Gunung Merapi, Gunung Remuk, dan Kawah Ijen. Untuk menuju ke salah satu wisata gunung Banyuwangi ini, wisatawan bisa lewat jalur dari arah Banyuwangi atau Bondowoso.

Jika melalui jalur dari arah Banyuwangi, maka wisatawan bisa sampai pada puncak tertinggi atau biasa dijuluki sebagai puncak sejati. Sedangkan jika lewat jalur dari Bondowoso, maka wisatawan bisa sampai di puncak kedua atau puncak bayangan.

Gunung Raung Wisata Gunung Banyuwangi

Keindahan Gunung Raung ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan. Saat cuaca cerah, wisatawan juga bisa menyaksikan puncak Mahameru. Karena menjadi gunung yang paling tinggi di Pegunungan Ijen, pendaki dapat menyaksikan pemandangan gugusan gunung di sebelahnya. Di puncak, Anda pun dapat menyaksikan gemerlapnya kota Bondowoso dan Situbondo. Jika kota ini mendung, dari Puncak Raung Anda bisa menyaksikan cahaya kilat yang menjadi fenomena alam yang luar biasa.

Mendaki Keindahan Gunung Raung membutuhkan perjuangan dan semangat besar para pendaki. Perjuangan ini akan mendapatkan balasan yang setimpal dengan suguhan pemandangan alam yang luar biasa baik pada saat perjalanan maupun ketika sampai di puncak.

5# Gunung Gumitir

Gunung Gumitir merupakan gunung yang berada di antara 2 (dua) kabupaten, yaitu Banyuwangi dan Jember. Gunung ini juga menjadi jalur lintas selatan yang menghubungkan 2 kabupaten tersebut. Tingkat keramaian jalur ini cukup padat dilewati oleh berbagai kendaraan besar.

Namun, Gunung Gumitir juga memiliki pesona yang sangat indah untuk destinasi wisata bagi Anda. Salah satu wisata di lokasi ini adalah Cafe dan Resto Gumitir. Yaitu tempat wisata yang menyediakan berbagai macam menu kuliner dan diselimuti pemandangan indah dan sejuk area gunung. Anda juga bisa menikmati kopi khas Banyuwangi di resto ini sembari bermain di tempat-tempat permainan yang disediakan.

Cafe Resto Gumitir

Spot lain adalah patung Gandrung selamat datang Banyuwangi. Tempat ini jd tempat selfie yang cukup keren lantaran patung Gandrung menjadi ciri khas dari Banyuwangi. Pemandangan kota Banyuwangi pun terlihat sangat jelas dari gunung Gumitir.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!