Beranda » Berita » 7 Tempat Wisata Edukasi Banyuwangi Terbaik

Sebagai salah satu ‘artis’ baru yang lagi naik daun dalam deretan pariwisata Indonesia, kota ini tentu juga memiliki lokasi wisata edukasi Banyuwangi. Dimana wisata ini dapat memberikan Anda pengetahuan lebih banyak tentang sejarah, satwa, fauna, dan berbagai kebudayaan Banyuwangi.

Kelengkapan jenis wisata Banyuwangi ini merupakan bukti melimpahnya potensi pariwisatanya. Tak hanya edukasi tentang alam, potensi sosial budaya yang dimiliki Banyuwangi menjadi salah satu sumber kekayaan intelektual yang sangat berharga. Semuanya berawal dari sejarah, perjuangan, kebiasaan, dan mengerucut hingga menjadi kebudayaan.

Berikut ini 7 tempat wisata edukasi Banyuwangi yang bisa Anda kunjungi untuk memperkaya ilmu pengetahuan.

1# Pendopo Banyuwangi

Selain menjadi rumah dinas Bupati Banyuwangi, Pendopo Sabha Swagata Blambangan juga memiliki pesona yang sangat luar biasa. Selama periode bupati saat ini, Anda diperkenankan masuk ke beberapa bagian area untuk mendapatkan edukasi sejarah. Beberapa barang-barang kuno peninggalan pemerintahan ada di dalam pendopo dan satpol PP yang bertugas siap memberikan penjelasan bagi para pengunjung.

Dengan dibukanya pendopo (rumah dinas bupati) ini untuk umum, seolah-olah kini tabir pembatas antara ningrat dengan rakyat sudah hilang. Pengunjung tak perlu sungkan untuk masuk kesini dengan syarat berpakaian sopan.

Wisata Edukasi Banyuwangi Pendopo

 

2# Pantai Cemara Pakis Banyuwangi

Pantai Cemara Pakis Banyuwangi ini merupakan hutan kota yang memiliki pesona wisata sangat indah. Rimbunnya pohon cemara yang tumbuh subur di area ini menjadikan para wisatawan merasa sejuk segar menikmati alam.

BACA JUGA: Informasi Lengkap Pantai Cemara Banyuwangi

Adapun keberadaan gubug penangkaran penyu dan tukik, menjadikan alasan kenapa wisata di pantai ini layak untuk dijadikan wisata edukasi Banyuwangi. Anda bisa mendapatkan penjelasan detil tentang jenis penyu dan pola hidup satwa langka ini.

Edukasi Penyu Pantai Cemara Banyuwangi

3# Desa Adat Osing Kemiren

Potensi sosial yang ada di Desa Adat Osing Kemiren tak akan pernah usai untuk dikupas. Anda bisa menikmati wisata edukasi Banyuwangi di tempat ini untuk memperoleh data sosial budaya masyarakat setempat.

Desa Adat Osing Kemiren

Cukup dengan menginap di homestay-homestay di desa adat, Anda bisa mendapatkan penjelasan lengkap tentang rumah adat Osing, budaya osing, dan sarapan kuliner khas suku Osing. Mewawancarai pemilik homestay yang merupakan suku Osing juga dapat menambah kekayaan pengetahuan Anda lebih luas.

4# Perkebunan Kalibendo

Perkebunan Kalibendo merupakan area daratan tinggi yang mayoritas ditanami tumbuhan kopi. Disini Anda bisa mendapatkan wisata edukasi tentang berbagai jenis kopi khas Banyuwangi. Detil tentang cara perawatan tanaman kopi dan proses pengolahan pabrik hingga packing siap jual, bisa Anda jumpai disini.

Kalibendo Wisata Edukasi Banyuwangi

Jika berkenan, Anda juga bisa jalan-jalan menyusuri sungai kalibendo untuk menemukan air terjun yang ada di agrowisata ini. Sambil menikmati sejuknya alam dan pohon-pohon besar yang tumbuh, banyak sekali spot-spot yang layak untuk berfoto.

5# Kampung Batik Banyuwangi

Salah satu area pusat produksi kerajinan batik di Banyuwangi berada di Desa Tampo, Cluring – Banyuwangi. Dimana desa ini sebagai penyuplai mayoritas produk batik di seluruh store di Banyuwangi. Mayoritas penduduk yang mengelola UKM batik, dengan senang hati juga berkenan memberikan edukasi tentang batik Banyuwangi. Edukasi tersebut mulai dari cara menggambar pola hingga mencetak batik sampai selesai.

BACA JUGA: 7 Motif Batik Banyuwangi Paling Legendaris

Hingga saat ini, jenis atau varian batik Banyuwangi mencapai 40 pola lebih. Adapun batik yang paling tua dan terkenal di Banyuwangi adalah Batik Gajah Oling.

Batik Tampo Wisata Edukasi Banyuwangi

6# Doesoen Kakao, Glenmore – Banyuwangi

Meski booming akhir-akhir ini, kampung cokelat atau doesoen kakao di Glenmore Banyuwangi sangat menarik perhatian warga dan wisatawan. Potensi alam berupa hasil bumi kakao Banyuwangi yang terkenal (di ekspor) hingga ke Swiss dan Belgia.

BACA JUGA: 5 Kampung Wisata Banyuwangi Terbaru

Disini Anda bisa mendapatkan paket wisata edukasi Banyuwangi berupa pengetahuan macam-macam kakao, cara penanaman, proses pengolahan, hingga melayani pemesanan berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan dasar atau tambahan cokelat setempat.

Doesoen Kakao Kampung Cokelat Glenmore

7# Pantai Sukamade Banyuwangi

Sebagai salah satu wisata konservasi Penyu yang ada di ujung barat daya Kabupaten Banyuwangi, Pantai Sukamade menjadi area wisata edukasi yang sangat bermanfaat. Terdapat area penetasan tukik hingga area menyaksikan penyu bertelur di malam hari bisa Anda jumpai di tempat ini.

Anda juga bisa menikmati sensasi petualangan menuju area Pantai Sukamade dengan medan jalan yang terjal menggunakan kendaraan jenis 4WD. Menyeberangi sungai hingga naik turun bukit harus Anda lalui untuk sampai ke tempat pedalaman ini.

Pantai Sukamade Banyuwangi 2H1M Sukamade

Demikian 7 rekomendasi tempat wisata edukasi Banyuwangi yang perlu Anda ketahui. Segera susun agenda liburan Anda di Banyuwangi bersama kami local tour and travel Banyuwangi. Hubungi contact person yang tertera untuk mendapatkan paket wisata dengan harga terbaik.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi. Melayani Paket Wisata Banyuwangi dan Travel Antar Kota Banyuwangi - Surabaya/Malang/Denpasar (PP). Hotline: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823 atau 081553-739-539. Email: travelbwicom@gmail.com

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!