Beranda » Berita » Fakta Tersembunyi Dari Wisata Banyuwangi Api Biru

Mungkin Anda sempat mendengar tentang keberadaan wisata Banyuwangi api biru yang seringkali digunjingkan oleh para traveller. Ya, itu adalah salah satu wisata andalan Kabupaten Banyuwangi yang masih menjadi primadona bagi para wisatawan. Dimana wisata Banyuwangi api biru atau blue fire ini berada di area Taman Wisata Alam Kawah Ijen dan selalu diburu agar bisa melihat secara langsung. Berikut ini kami sajikan informasi fakta-fakta unik yang perlu Anda tahu tentang blue fire Kawah Ijen.

5 Fakta-Fakta Unik Wisata Banyuwangi Api Biru (Blue Fire)

1# Hanya Ada 2 di Dunia

Jika Anda mendaki gunung, maka hal yang biasanya Anda dapatkan adalah pemandangan di atas awan, pemandangan kota dari ketinggian, dan pemandangan matahari terbit atau tenggelam. Hal ini beda lagi bila Anda mendaki Gunung Ijen, dimana gunung ini memiliki salah satu fenomena langka yang disebut api biru.

Blue Fire - Wisata Banyuwangi Api Biru

Wisata Banyuwangi api biru yang berada di Kawah Ijen ini merupakan salah satu dari 2 penampakan api biru yang ada di dunia. Dimana satu penampakan api biru lainnya ada di negara Islandia. Karena itu, api biru ini adalah pemandangan yang unik dan jarang di temui.

2# Harus Melakukan Pendakian

Untuk dapat menemui wisata Banyuwangi api biru yang berada di dalam Kawah Ijen, Anda harus melakukan trekking atau pendakian gunung terlebih dahulu. Adapun jarak sekitar 3,4 kilometer yang harus Anda tempuh dengan jalan kaki dari Pos Paltuding ke puncak Gunung Ijen.

BACA JUGA: Mengenal Medan Pendakian Kawah Ijen

Pada separuh jarak pendakian awal, Anda akan melewati medan tanah pendakian dengan beberapa sudut tanjakan yang mencapai 40 derajat terhadap bidang datar. Dan pada awal pendakian ini cukup menguras tenaga dan terbebani oleh rasa capek yang pasti melanda. Kemudian di separuh jarak pendakian sisanya, Anda akan melewati medan tanah yang lebih datar dan lebih santai untuk perjalanan pendakian.

3# Turun ke Kawah Dengan Medan Terjal (Tanpa Asuransi)

Sesampainya di puncak Gunung Ijen, sebenarnya Anda sudah bisa melihat fenomena api biru. Tapi jarang sekali pemandangan api biru ini bisa dilihat dengan jelas. Dan bila Anda ingin melihat lebih jelas, maka Anda harus mendekat atau turun lagi ke dalam Kawah Ijen sejauh 800 meter.

Turun Kawah Ijen - Wisata Banyuwangi Api Biru

Medan jalan menuju kawah ini sangatlah terjal, yaitu jalan setapak bebatuan lancip dan sudut turunan yang curam. Belum lagi Anda harus mengantri dengan wisatawan lain untuk bergantian melewati jalan setapak turun kawah ini.

Perlu diketahui, pada dasarnya turun ke dalam Kawah Ijen tidak diperkenankan oleh pengelola wisata. Namun jika Anda memaksakan diri turun ke kawah, maka segala resiko kecelakaan yang terjadi tidak termasuk dalam cover asuransi. Jadi Anda harus berfikir ulang sebelum memutuskan turun ke kawah dengan mempertimbangkan fisik Anda.

4# Faktor Mempengaruhi Penampakan Blue Fire

Terkadang, ada juga wisatawan yang turun dari Gunung Ijen dalam kondisi kecewa. Salah satu kekecewaan itu dikarenakan mereka tidak bisa melihat fenomena api biru yang sangat mereka nantikan. Penyebabnya karena ada faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakterlihatan api biru adalah:

  • Angin yang terlalu kencang di dasar kawah
  • Hujan
  • Cahaya matahari

Angin yang terlalu kencang selalu membuat kondisi asap kepulan api biru ini menjadi semakin tebal. Dan kemudian pemandangan api biru ini terlihat tidak begitu jelas. Asap yang menghembus ini mengandung butiran debu belerang yang membuat mata terasa pedih dan seringkali mengganggu pernafasan.

Kondisi cuaca hujan juga membuat gas alam yang memunculkan api biru ini menjadi padam, sehingga api biru tidak akan bisa terlihat.

Cahaya matahari adalah cahaya paling terang yang ada di bumi ini. Karena itu Anda bisa melihat api biru jika kondisi alam masih gelap. Dan waktu terbaik adalah sekitar jam 03:00 – 05:00 WIB dini hari, yaitu sebelum matahari terbit lagi.

5# Keberuntungan

Keberuntungan juga menjadi faktor apakah Anda bisa melihat wisata Banyuwangi api biru dengan jelas. Keberuntungan ini lebih ditentukan oleh faktor cuaca. Tidak ada satupun orang yang bisa memberikan garansi bahwa pada hari tertentu Anda bisa melihat bluefire dengan jelas. Kadang cuaca bisa berubah setiap saat tanpa bisa kita ketahui.


Bagi Anda yang ingin menikmati wisata Banyuwangi api biru dengan segala fasilitas lengkap, silahkan ikuti paket wisata Banyuwangi Kawah Ijen – 1 malam yang kami sediakan. Kami pastikan segala akomodasi Anda dapat tercukupi hingga menemui api biru Kawah Ijen Banyuwangi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!