Beranda » Berita » 7 Fakta Unik Wisata Teluk Hijau Banyuwangi

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya tentang nama Teluk Hijau di wisata Banyuwangi. Foto-foto tentang keindahan pemandangan Teluk Hijau atau Greenbay ini sudah dikenal banyak orang sebagai simbol pesona yang mewakili pantai di Banyuwangi. Berikut ini akan kami kupas tentang 7 fakta unik wisata Teluk Hijau Banyuwangi atau greenbay.

BACA JUGA: Mengenal Teluk Hijau Banyuwangi

1# Wisata Pantai Paling Alami

Pengelola wisata Teluk Hijau Banyuwangi setempat sudah menyepakati bahwa pantai yang masih berada di area Taman Nasional Meru Betiri ini akan dijaga kealamiaannya. Salah satu cara yang dilakukan adalah memberlakukan kebijakan larangan adanya penjual di area pantai Teluk Hijau.

Teluk Hijau Pariwisata Banyuwangi
Teluk Hijau / Green Bay

Jadi jika Anda hendak berkunjung ke Teluk Hijau, pastikan Anda membawa bekal secukupnya minimal air mineral. Untuk antisipasi rasa dahaga Anda ditengah terik panas pantai.

Karena itu, di pantai ini nyaris tidak ada sampah plastik yang muncul disekitaran area wisata. Kalaupun ada hanya sampah-sampah organik yang terpinggirkan karena disapu ombak.

Sebagai penyempurna, para pengelola wisata selalu melakukan kerja bakti pembersihan pantai setiap hari senin agar tentap terjaga kebersihannya.

2# Teluk Hijau Berada di Ujung Barat Daya Banyuwangi

Secara geografis, Teluk Hijau berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Yaitu daerah di paling ujung barat daya Banyuwangi.

Dari Banyuwangi kota, wisata Teluk Hijau Banyuwangi berjarak lebih dari 80 kilometer dan ditempuh selama 2 jam. Sedangkan jarak Teluk Hijau ke Pulau Merah sekitar 25 kilometer dan ditempuh selama 1 jam.

Medan jalan beragam mulai aspal hingga bebatuan. Karena itu pula tidak semua kendaraan besar (seperti bus) bisa masuk hingga ke wisata ini.

Kami merekomendasikan Anda menggunakan jasa carter mobil Banyuwangi untuk menuju ke lokasi wisata Teluk Hijau Banyuwangi demi keamanan dan keselamatan Anda.

3# Akses Jalur Darat

Setelah Anda tiba di pantai terakhir (Pantai Rajegwesi), Anda tidak bisa serta merta langsung sampai di Teluk Hijau dengan mudah. Anda harus melewati sebuah bukit lagi untuk sampai di greenbay. Dan ada 2 cara yang bisa Anda pilih sebagai berikut.

Dari Pantai Rajegwesi, Anda bisa menyewa jasa ojek motor untuk mengantarkan Anda ke puncak bukit. Biaya Rp 10.000,- per orang per sekali jalan.

Jalan Setapak Tracking - Wisata Teluk Hijau Banyuwangi

Dari puncak bukit, Anda harus melakukan tracking menyusuri jalan setapak yang sudah ditata rapi dengan beton cor dengan jarak sejauh kurang lebih 1 kilometer. Anda akan melewati semak-semak belukar, pinggiran Pantai Batu, hingga sampai di pasir putih Teluk Hijau.

Sedangkan untuk kembali, Anda harus melewati jalan setapak itu lagi.

4# Akses Jalur Laut

Jalur laut ditempuh dari Pantai Rajegwesi (daerah TPI) langsung menuju Teluk Hijau dengan transportasi perahu yang biayanya Rp 35.000,- per orang (PP). Sekitar 15 menit saja Anda bisa langsung tiba di Greenbay.

Boat Perahu - Wisata Teluk Hijau Banyuwangi

Hanya saja, faktor cuaca mempengaruhi apakah layanan ojek perahu ini bisa beroperasi atau tidak.

5# Spot Teluk Hijau

Teluk Hijau sendiri sebenarnya adalah sebuah pemandangan pantai dengan daratan yang menjorok ke laut. Diselimuti pasir putih lembut yang menutupi semua area pesisir pantai. Dengan sudut pandang yang tidak begitu luas, pantai ini juga dihiasi beberapa titik batu karang yang cocok untuk selfie.

Nama Teluk Hijau sendiri berasal dari air laut di area ini yang berwarna hijau karena banyaknya jumlah ganggang hijau yang ada.

Khusus untuk aktivitas pantai, di Teluk Hijau ini dilarang untuk berenang karena kedalaman airnya. Apalagi pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia atau Pantai Selatan yang terkenal ombaknya sangat besar dan bsia datang tiba-tiba.

6# Spot Air Terjun

Tepat di sebelah barat dari Pantai Teluk Hijau, terdapat spot yang unik berupa air terjun musiman. Dimana air terjun ini turun dari puncak bukit setinggi sekitar 10 meter. Hanya saja air terjun ini hanya mengalir deras di musim penghujan.

Air Terjun - Wisata Teluk Hijau Banyuwangi

Anda juga bisa memanfaatkan air terjun ini untuk mandi atau bilas diri setelah bermain air, karena air yang mengalir masih air tawar.

7# Spot Pantai Batu

Pantai Batu adalah salah satu spot yang banyak orang lewatkan ketika sudah tiba di Teluk Hijau. Padahal pantai ini memiliki keunikan berupa wujud daratan pantai yang berisi bebatuan dan karang-karang.

Pantai Batu - Wisata Teluk Hijau Banyuwangi

Di daerah ini perahu tidak bisa sandar, sehingga untuk sampai ke Pantai Batu perahu Anda harus sandar di Teluk Hijau kemudian jalan ke timur sejauh 50 meter dan akan menemukan pantai penuh bebatuan ini.


Ayo ke Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali. Temukan 13 paket wisata Banyuwangi terbaru 2019 disini.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!