Beranda » Banyuwangi Terkini » Tips Travel Ijen Banyuwangi, Indahnya Fenomena Blue Fire

Travel Ijen Banyuwangi memiliki pesona tersendiri yang mampu membuat siapa saja takjub ketika menjejakkan kaki di sana. Gunung wisata ini memang diklaim jadi salah satu tempat yang menyimpan keindahan fenomena blue fire atau api biru di kawahnya.

BACA JUGA: Mengenal Medan Pendakian Kawah Ijen Untuk Pemula

Gunung Ijen memiliki ketinggian sekitar 2.386 mdpl yang membuatnya mudah didaki oleh para wisatawan. Namun, kegiatan pendakian di gunung ini tetap tidak bisa dianggap remeh.

5 Tips mendaki ketika mengikuti wisata travel Ijen Banyuwangi

Berikut ini beberapa tips mendaki Gunung Ijen sebagai bagian dari travel Ijen Banyuwangi agar Anda tetap aman hingga tiba di area kawah untuk menikmati indahnya blue fire.

Travel Ijen Banyuwangi

1. Musim kemarau adalah waktu paling tepat

Poin utama sebelum mendaki Gunung Ijen adalah menentukan waktu yang tepat untuk melakukan pendakian. Sebaiknya, Anda mendaki di bulan April-Agustus atau ketika curah hujan rendah agar terhindar dari hujan dan jalur yang berlumpur.

Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari risiko terjebak kabut tebal di area kawah Ijen. Meski begitu, kondisi alam tetap tak bisa ditebak sehingga Anda tetap harus siap dengan apapun kondisi alam nantinya.

2. Beristirahat di dekat Pos Paltuding

Pos Paltuding merupakan starting point pendakian Gunung Ijen yang kerap dijadikan tempat beristirahat sementara sebelum mendaki keesokan harinya. Tempat ini dipilih oleh hampir seluruh pendaki untuk menginap agar tidak mengalami kelelahan yang berlebih setelah menempuh perjalanan jauh dari kota asal.

Camping Ground Pos Paltuding Kawah Ijen Banyuwangi

Di dekat Pos Paltuding terdapat beberapa pilihan penginapan murah yang bisa Anda jadikan tempat peristirahatan sementara. Namun, jika Anda ingin lebih membaur dengan alam, sebaiknya dirikan saja tenda di sekitar kawasan ini.

3. Start pendakian maksimal pukul 2 dini hari

Fenomena blue fire hanya bisa disaksikan sekitar pukul 02.00 – 05.00 WIB. Oleh sebab itu, Anda harus memulai pendakian maksimal pukul dua dini hari.

Tak perlu mengkhawatirkan soal pandangan yang mungkin masih terlalu gelap. Pasalnya, jalur pendakian travel Ijen Banyuwangi ini sudah sangat jelas.

Cukup dengan bantuan cahaya senter dan selalu berhati-hati ketika melangkah, Anda dipastikan aman hingga tiba di bibir kawah.

BACA JUGA: 6 Wisata Gunung Banyuwangi

Perjalanan yang harus Anda tempuh untuk menikmati blue fire sekitar 90-120 menit, tergantung pada kecepatan Anda melangkah. Poin terpenting adalah Anda tak perlu terburu-buru ketika mendaki dan pastikan mencari tempat yang aman saat ingin berhenti untuk istirahat.

4. Pilih outfit yang nyaman sekaligus menghangatkan

Anda tidak boleh lupa untuk mengenakan pakaian tebal atau jaket dan celana panjang agar suhu tubuh tetap stabil. Perhatikan baik-baik, jika vegetasi pepohonan sudah mulai jarang terlihat dan mendekati bibir kawah, biasanya angin bertiup lebih kencang.

Berdasarkan kondisi cuaca yang seperti ini, Anda sangat disarankan untuk mengenakan jaket wind breaker. Jangan lupa juga untuk mengenakan alas kaki yang nyaman, seperti kaos kaki dan sepatu trekking dengan sol anti-slip.

5. Tetap waspada ketika turun ke kawah

Jika Anda ingin menikmati blue fire dari jarak dekat, maka Anda harus menuruni bagian bawah Kawah Ijen yang agak curam. Jalur tersebut berupa bebatuan tidak rata sehingga Anda harus ekstra waspada agar tidak tergelincir.

Apalagi, kondisi cahaya di area tersebut sangat minim. Anda diwajibkan untuk terus memperhatikan setiap pijakan agar terhindar dari bahaya.

Selain jalur berbatu, serangan bau gas belerang yang menyengat juga turut mengintai keselamatan Anda. Ketika Anda merasa sudah tidak kuat menghirup aroma tersebut, sebaiknya kenakan masker agar pernapasan tetap terjaga dengan baik.

Anda harus ingat untuk tidak memaksakan diri turun ke kawah jika merasa tidak sanggup. Selalu tanamkan dalam benak Anda, bahwa keselamatan diri sendiri dan orang lain di sekitar adalah hal yang paling penting.

OPEN TRIP KAWAH IJEN


Demikian sekelumit tips penting sebelum Anda memutuskan untuk mendaki gunung saat mengikuti layanan travel Ijen Banyuwangi. Pastinya, perjalanan tersebut akan semakin seru dan menyenangkan jika Anda memilih untuk berwisata bersama Bintang Wangi Indotrans (BWi) Tour and Travel.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi customer relation BWI Tour and Travel di nomor 085234342470, Whatsapp 081934832823.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut