Beranda » Berita » Tips Penting Mendaki Kawah Ijen Agar Tidak Mudah Lelah

Kawah Ijen memang begitu mempesona dengan begitu indah panorama alam yang disajikan. Namun dibalik itu Anda harus memikirkan cara terbaik untuk bisa mendaki Kawah Ijen yang bisa dibilang bukan hal mudah. Perlu ada persiapan yang matang dan rencana cerdas agar mudah mencapai puncak Kawah Ijen. Bahkan jika memungkinkan Anda bisa turun ke dasar kawah untuk melihat blue fire lebih jelas.

Jalan - Tips Mendaki Kawah Ijen

Dalam rangka persiapan pendakian, pasti Anda membutuhkan strategi atau informasi tips mendaki Kawah Ijen agar bisa sukses. Berikut ini kami akan memberikan tips-tips paling jitu untuk menaklukkan Gunung Ijen.

BACA DULU: Mengenal Medan Pendakian Kawah Ijen

10 Tips Jitu Mendaki Kawah Ijen

1# Persiapkan Fisik dengan Baik

Mempersiapkan fisik bisa Anda lakukan dirumah sebelum tiba di Banyuwangi. Lari atau jogging adalah salah satu olahraga termudah dalam mempersiapkan diri sebelum mendaki Kawah Ijen. Anda bisa melakukannya 7 hari di setiap pagi untuk jogging sebelum pendakian.

Olahraga jogging atau lari dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan organ dan sistem pernafasan.

2# Istirahat Yang Cukup Sebelum Mendaki

Sebelum melakukan pendakian di malam hari, pastikan Anda bisa mengistirahatkan diri Anda. Minimal 4 jam sebelum mulai mendaki Anda sudah tidur dengan baik atau tidur mulai jam 20:00 WIB. Hal ini untuk mengurangi gangguan rasa kantuk selama kegiatan trekking.

3# Pilih Jam Pendakian Paling Awal

Loket pembelian tiket masuk Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen dibuka mulai pukul 01:00 WIB dini hari. Usahakan Anda sudah tiba di Pos Paltuding pada jam tersebut dan segera membeli tiket. Kemudian memulai kegiatan pendakian lebih awal. Hal ini dilakukan agar besar kemungkinan bisa melihat blue fire yang dapat jelas terlihat di jam 03:00 – 05:00 WIB.

4# Gunakan Sandal atau Sepatu Daki

Penggunaan sandal dan sepatu daki ini yang dimaksudkan adalah alas kaki dengan tekstur bawah yang kasar. Beberapa tanjakan ada yang memiliki sudut menukik sehingga perlu gaya gesekan yang besar agar tidak mudah terpeleset.

Teksur Sandal - Tips Mendaki Kawah Ijen

5# Gunakan Pakaian yang Ringan

Memakai pakaian yang ringan membuat beban yang menopang tubuh Anda semakin kecil. Kami merekomendasikan Anda menggunakan pakaian yang tipis tapi hangat seperti pakaian berbahan kain parasit. Kami juga tidak merekomendasikan Anda menggunakan pakaian berbahan dasar jeans yang lebih berat dibawa.

6# Minimalkan Barang Bawaan

Meminimalkan barang bawaan juga bisa membuat kegiatan pendakian Anda lebih lancar. Cukup bawa bekal secukupnya saja dan tak perlu berlebihan. Contoh barang utama yang perlu dibawa adalah air mineral, kamera, senter, dan beberapa makanan ringan.

7# Jangan Terlalu Bernafsu untuk Mendaki

Mental Anda diuji saat melakukan pendakian dengan tidak terlalu terburu-buru. Jangan merasa seperti Anda sedang berlomba untuk adu cepat sampai di puncak, tapi lebih fokuslah dalam menjaga nafas Anda. Tetap semangat namun tidak overspirit.

8# Atur Nafas dengan Baik

Mengatur nafas sangatlah penting dalam kegiatan pendakian. Anda harus tenang dan selalu menjaga agar nafas tidak terasa ‘engap’. Jangan sungkan bilang kepada rombongan Anda untuk istirahat sejenak guna mengatur nafas.

9# Jangan Istirahat pada Tanjakan

Istirahat saat pendakian tidak perlu lama-lama, cukup 30 detik saja. Anda bisa berhenti di pinggir jalan pendakian yang memiliki lebar sekitar 3-4 meter. Dan pastikan Anda berhenti istirahat tidak dalam posisi kaki mengerem pada tanjakan curam. Usahakan cari lokasi duduk di kayu roboh atau cukup berhenti di medan tanah agak datar.

10# Bawa Makanan Cokelat

Sesampai di puncak, seringkali Anda akan merasakan lapar yang luar biasa. Setelah tenaga Anda terkuras habis selama kegiatan pendakian semalam tadi, Anda bisa makan makanan berbahan dasar cokelat. Kandungan pada cokelat menghilangkan hormon lapar (ghrelin), sehingga rasa lapar pada sistem tubuh jadi berkurang.

Cokelat - Tips Mendaki Kawah Ijen

Demikian tips-tips jitu mendaki Kawah Ijen yang perlu Anda cermati terlebih dahulu sebelum memulai pendakian. Jangan merasa ragu dan pesimis dengan berbagai cerita pendakian Ijen, karena setiap harinya ada ribuan orang yang mampu mencapai puncak.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi. Melayani Paket Wisata Banyuwangi dan Travel Antar Kota Banyuwangi - Surabaya/Malang/Denpasar (PP). Hotline: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823 atau 081553-739-539. Email: [email protected]

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!