Beranda » Paket Tour Banyuwangi » TOP 5 dari 100+ Wisata Unggulan Banyuwangi

Tak ada habis-habisnya jika kita kupas satu per satu dari semua potensi wisata di Banyuwangi (The Sunrise of Java). Keragaman jenis wisatanya membuat daya tarik wisatawan untuk datang ke Kota Blambangan ini tak pernah surut dari waktu ke waktu. Dan berikut ini akan kami paparkan TOP 5 wisata unggulan Banyuwangi dari 100+ lebih tempat wisata Banyuwangi lainnya.

TOP 5 Wisata Unggulan Banyuwangi

1# Kawah Ijen

Kawah Ijen memang primadona utama wisata Banyuwangi. Dengung yang terdengar dari dunia internasional adalah keberadaan fenomena Blue Fire yang ada di dalam kawah Gunung Ijen ini.

Pendakian Gunung Ijen

Setiap harinya, tak pernah sepi pengunjung atau wisatawan baik itu domestik dan mancanegara. Mereka semua penasaran ingin melihat keberadaan api biru meski dengan medan pendakian yang cukup melelahkan.

Selain keberadaan blue fire, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen juga menawarkan pesona lain seperti spot pemandangan sunrise of java, landscape puncak Ijen, dan pemandangan Kawah Ijen itu sendiri yang mirip danau hijau.

BACA JUGA: 12 Fakta Unik Kawah Ijen Yang Wajib Diketahui

2# Sukamade

Sukamade adalah nama sebuah dusun yang berada di ujung Barat Daya Kabupaten Banyuwangi. Dusun ini merupakan area terpencil yang masih alami dan jauh dari teknologi modern. Hampir keseluruhan daerah dipenuhi oleh pohon-pohon perkebunan dan sungai-sungai yang harus dilintasi sebagai jalan utama.

Sukamade Pantai Penyu

Namun, pesona Sukamade ada di daerah wisata pantainya. Dimana daerah yang masuk Taman Nasional Meru Betiri ini memiliki tempat pendaratan penyu hijau yang rutin hampir setiap hari melakukan proses bertelur. Dan yang lebih heboh, penyu-penyu ini memiliki ukuran yang sangat besar serta kita bisa mengamati / meneliti semua aktivitasnya.

BACA JUGA: Daftar Wisata di Banyuwangi Selatan

3# G-Land Plengkung

G-Land Plengkung adalah salah satu destinasi wisata unggulan di Banyuwangi yang tidak banyak orang ketahui. Dimana tempat wisata ini menawarkan sajian pantai berpasir gotri, dengan ombak yang panjang dan tinggi (sangat cocok untuk surfing).

Beberapa orang berpendapat bahwa ombak yang disajikan oleh Pantai G-Land Plengkung mirip dengan ombak Hawai yang terkenal di tingkat dunia. Ombak yang panjang dan tinggi serta tidak mudah pecah.

Wisata Banyuwangi Alas Purwo - Plengkung

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, pastikan Anda tahu medan jalan menuju area Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. Yaitu daerah ujung tenggara Kabupaten Banyuwangi. Serta lokasi yang terkenal sebagai hutan angker dan mistis di Banyuwangi.

BACA JUGA: Alas Purwo, Antara Angker dan Indah

4# Savana Bekol – TN Baluran

Tak perlu ke daerah timur tengah jika Anda hanya ingin melihat pemandangan padang pasir. Karena disini juga tersedia spot wisata unggulan Banyuwangi yaitu Savana Bekol Taman Nasional Baluran yang dikenal Little Africa van Java.

Baluran

Di saat musim panas, Savana Bekol ini berubah warna menjadi ke abu-abu an karena kondisi rumput yang semakin kering. Nah pada saat itulah pemandangan mirip gurun pasir terlihat seperti nyata.

Keberadaan satwa-satwa liar yang seringkali muncul juga membuat pemandangan makin seru. Satwa seperti Banteng, Kerbau, Rusa, Monyet, Merak, Ayam Hutan, dsb seringkali menampakkan diri pada wisatawan.

Tak lupa, di tengah Savana Bekol terdapat spot foto yang sangat indah. Dengan background Gunung Baluran dan langit yang luas, membuat acara hunting Anda semakin sempurna.

BACA JUGA: Daftar Wisata di Banyuwangi Utara

5# Bangsring Underwater

Bangsring adalah salah satu daerah yang menghadap ke Selat Bali dan memiliki potensi wisata unggulan Banyuwangi berupa laut. Adanya rumah apung yang berdiri di dekat pantai tersebut menjadi titik awal wisata underwater ini dimulai.

Rumah Apung Bangsring Underwater
Bangsring Underwater

Cerita awal dari berdirinya wisata Bangsring Underwater ini adalah sebagai cara untuk merubah kebiasan warga setempat dari aktivitas menjarah laut menjadi melestarikan laut.

Kini, Pantai Bangsring Underwater menawarkan destinasi wisata yang beragam seperti snorkeling dengan anak hiu, penanaman terumbu karang, diving, dan aktivitas air lainnya.


Demikian 5 tempat wisata terpopuler Banyuwangi yang wajib Anda datangi. Pastikan Anda menikmati beragam keseruan di kota Banyuwangi bersama keluarga dan sahabat.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!