Beranda » Banyuwangi Festival » Rangkaian Festival Banyuwangi di Lebaran Idul Fitri 2018

Seperti kata pepatah setinggi-tinggi bangau terbang, surutnya ke kubangan yang berarti sejauh-jauh orang merantau, akhirnya kembali ke tempat asalnya (kampung halamannya) juga. Tepat seperti momen lebaran dimana para warga asli Banyuwangi untuk kembali ke kampung halaman. Saat itulah pemerintah Banyuwangi menggelar berbagai Banyuwangi Festival yang digelar selama pekan lebaran berturut-turut.

Daftar Banyuwangi Festival Lebaran 2018

Banyuwangi Festival yang digelar kali ini merupakan agenda acara yang selaras dengan budaya Osing Banyuwangi saat merayakan hari lebaran Idul Fitri 2018 setelah menuntaskan puasa selama sebulan penuh. Adapun deretan Festival Banyuwangi yang bisa Anda nikmati selama mudik di Banyuwangi adalah sebagai berikut.

Daftar Banyuwangi Festival Syawal 2018

  • Festival Barong Ider Bumi – 2 Syawal / 16 Juni 2018
  • Diaspora Banyuwangi – 3 Syawal / 17 Juni 2018
  • Festival Seblang Olehsari – 18 / 22 Juni 2018
  • Festival Puter Kayun – 10 Syawal / 24 Juni 2018

Festival Barong Ider Bumi 2018

Festival ini merupakan agenda rutin warga Suku Osing Banyuwangi yang menggelar arak-arakan Barong Kemiren mengelilingi seluruh area desa. Tujuannya adalah sebagai cara menolak musibah bagi seluruh warga desa adat sehingga dipercaya dapat memberikan kerukunan dan kedamaian.

BACA JUGA: Sejarah dan Filosofi Barong Ider Bumi

Diaspora Banyuwangi 2018

Acara yang digelar di Pendopo Banyuwangi ini merupakan agenda rutin yang digelar pemkab dengan mengundang seribu perantauan asal Banyuwangi untuk makan malam bersama. Tujuan agenda ini adalah berdiskusi kepada para perantauan asal Banyuwangi tentang bagaimana memberikan masukan untuk kemajuan Banyuwangi.

Festival Seblang Olehsari 2018

Festival mistis ini digelar pada hari senin atau jum’at pada awal bulan Syawal. Dimana ada seorang penari muda yang secara tidak sadar mampu menari selama 7 hari berturut-turut dengan diiringi 28 gending yang dinyanyikan sinden.

Acara Seblang ini diselenggarakan sebagai upacara rutin bersih Desa Olehsari, Glagah, untuk menolak balak (bencana) dalam bentuk pentas kesenian.

Festival Puter Kayun 2018

Festival ini juga disebut sebagai festival lebaran ketupat karena dilaksanakan pada tanggal 10 syawal. Agendanya adalah warga berkumpul dan bersama-sama menaiki dokar (kereta kuda hias) untuk perjalanan dari Desa Adat Osing menuju ke Pantai Watudodol Banyuwangi.

Kemudian sesampainya di Pantai Watudodol seluruh warga akan mandi secara berbarengan di pesisir pantai sebagai simbol kembali fitrah atau suci.

Rangkaian Banyuwangi Festival tersebut dapat Anda kunjungi sambil berkunjung silaturahmi dengan seluruh keluarga Anda di Banyuwangi. Pastikan Anda datang dan mengikuti agenda ini bersama layanan paket tour wisata kami atau layanan sewa mobil Banyuwangi kami.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi. Melayani Paket Wisata Banyuwangi dan Travel Antar Kota Banyuwangi - Surabaya/Malang/Denpasar (PP). Hotline: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823 atau 081553-739-539. Email: travelbwicom@gmail.com

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!