Beranda » Banyuwangi Hari Ini » Festival Banyuwangi 2018 di Bulan Ramadhan

Bertepatan dengan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan yang oleh kaum muslim di seluruh Banyuwangi, pemerintah Banyuwangi tak henti menyelenggarakan agenda Festival Banyuwangi 2018. Bulan Mei ini akan ada kegiatan Festival Banyuwangi yang berunsur musik yaitu Festival Hadrah Pelajar dan Festival Patrol.

BACA JUGA: Sekilas Tentang Tari Gandrung Banyuwangi

Festival Hadrah Pelajar

Festival Hadrah Pelajar  merupakan salah satu kesenian khas islami yang berbentuk permainan musik menggunakan alat berupa ‘terbang’ yang dipukul dengan irama dan ketukan tertentu. Adapun lagu-lagu pengiringnya berupa lagu-lagu islami.

Festival Banyuwangi Hadrah

Festival ini diadakan dalam bentuk perlombaan antar pelajar. Banyak sekali para peserta dari sekolah-sekolah berbasis agama yang ikut serta dapat perlombaan ini. Dengan penilaian yang akurat berdasarkan keunikan ketukan musik, keindahan syair lagu, dan kostum yang digunakan.

Festival Banyuwangi 2018 ini rencananya akan dilaksanakan di Stadion Diponegoro Kota Banyuwangi pada tanggal 26 – 27 Mei 2018. Lokasi kegiatan dapat Anda lihat di maps berikut.

Festival Patrol

Berasal dari kata patroli, festival Patrol merupakan aktivitas sekelompok orang pemusik yang berkeliling kampung untuk membangunkan warga agar tidak lupa melaksanakan sahur. Patrol juga merupakan salah satu tradisi kuno yang sekarang mulai tergeser dengan perkembangan teknologi.

Festival Banyuwangi Patrol

Tradisi Patrol ini selain berfungsi untuk mengingatkan warga untuk sahur, juga bermanfaat sebagai kegiatan penjagaan keliling kampung. Para pemusik patrol ini berfungsi layaknya hansip keliling di malam hari menjelang subuh.

Adapun lokasi kegiatan Festival Banyuwangi 2018 Patrol ini dilaksanakan di Stadion Diponegoro Kota Banyuwangi pada tanggal 28 – 29 Mei 2018.

Tips Menonton Festival Hadrah Pelajar dan Patrol

  • Karena dilaksanakan pada bulan Ramadhan, Anda bisa sekalian ngabuburit untuk melihat pelaksanaan festival ini.
  • Lokasi acara berjarak sekitar 1 km dari pusat kota. Buat perkiraan antisipasi macet pada area Banyuwangi kota agar tidak telat menuju ke lokasi acara.
  • Pastikan Anda sudah merencanakan untuk menonton acara ini dengan keluarga atau rekan Anda. Siapkan kendaraan yang efektif untuk mengangkut semua rekan Anda.
  • Jagalah kebersihan selama menonton acara ini.
  • Bawa perlengkapan secukupnya saja, jangan membawa barang-barang mewah yang rawan mengundang aksi pencopetan.
  • Berpakaian rapi dan sopan, serta kami rekomendasikan Anda menggunakan udeng khas Banyuwangi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi. Melayani Paket Wisata Banyuwangi dan Travel Antar Kota Banyuwangi - Surabaya/Malang/Denpasar (PP). Hotline: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823 atau 081553-739-539. Email: [email protected]

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!