Beranda » Banyuwangi Festival » Festival Angklung Caruk Banyuwangi 2018

Kembali, di tahun ini Banyuwangi Festival 2018 menyelenggarakan salah satu event yang sukses digelar tahun lalu, yaitu Festival Angklung Caruk Banyuwangi 2018. Kegiatan ini merupakan serangkaian dari 77 agenda jadwal Banyuwangi Festival 2018 yang diselenggarakan setiap tahun dalam satu kalender tahunan. Festival ini mengarah ke bidang seni budaya dan musik tradisional yang diselenggarakan guna melakukan kaderisasi budaya untuk pemuda-pemuda daerah Banyuwangi.

Festival Angklung Caruk 2018

Angkluk Caruk merupakan bahasa Osing yang berarti Angklung (nama alat musik) dan Caruk artinya ketemu. Yang secara definisi adalah kelompok pemain musik angklung yang bertemu untuk beradu ketrampilan musik dengan kelompok lain. Sistem pertandingan angklung ini adalah masing-masing kelompok saling melempar lagu untuk membalas dengan kreasi lagu lain.

Angklung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu dengan desain ukuran (besar dan panjang) yang berbeda, sehingga ketika dipukul atau ditabuh akan mengeluarkan variasi nada yang berbeda-beda pula.

Lokasi Festival Angklung Caruk 2018

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 17 Desember 2018 di Gedung Seni Budaya Banyuwangi atau Taman Blambangan Banyuwangi. Pelaksanaan mulai jam 19:00 WIB malam. Lokasi acara dapat Anda lihat di maps berikut:

Tips Menonton Festival Angklung Caruk

  1. Pastikan Anda sudah merencanakan untuk menonton acara ini dengan keluarga atau rekan Anda. Siapkan kendaraan yang efektif untuk mengangkut semua rekan Anda.
  2. Besar kemungkinan terjadi penutupan atau pengalihan arus jalan raya di sekitar Taman Blambangan. Jadi usahakan Anda bisa mendapat lokasi parkir kendaraan yang dekat dan bisa masuk ke area Gesibu 1 jam sebelum acara dimulai jam 19:00 WIB.
  3. Bawa perlengkapan secukupnya saja, jangan membawa barang-barang mewah yang rawan mengundang aksi pencopetan.
  4. Di musim hujan, siapkan payung untuk antisipasi hujan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.
  5. Berpakaian rapi dan layak, serta kami rekomendasikan Anda menggunakan udeng khas Banyuwangi.

Acara ini diharapkan bisa menjadi wadah pelestarian budaya Banyuwangi serta mampu menginspirasi generasi muda agar tetap mencintai budaya lokal tanpa harus mengabaikan budaya modernitas saat ini. Semoga acara ini tetap berlanjut dari tahun ke tahun. Salam pariwisata Banyuwangi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!