Beranda » Banyuwangi Festival » Festival Jaranan Buto Banyuwangi 2018

Semangat warga Banyuwangi tak pernah padam untuk meramaikan kota The Sunrise of Java ini. Lewat berbagai acara yang diselenggarakan pemerintah terbukti sukses mengundang minat masyarakat untuk ikut serta memeriahkannya. Salah satu event yang kini diselenggarakan adalah Festival Jaranan Buto yang merupakan rangkaian dari Festival Banyuwangi 2018.

Jaranan adalah salah satu bentuk kesenian yang menampilkan tari-tarian tradisional dengan kostum khas kuda buatan dari kulit. Pemain jaranan diiringi dengan gamelan-gamelan tradisional serta lagu-lagu daerah. Model make up wajah yang diterapkan adalah model buto yang terlihat relatif mengerikan.

Festival Jaranan Buto Banyuwangi 2018

Di Festival Jaranan Buto 2018 kali ini, terdiri dari lebih dari 20 kelompok sanggar seni jaranan. Semuanya saling berlomba dengan keindahan dan keunikan tari-tarian yang ditampilkan. Karakteristik musik yang mengiringi juga menjadi salah satu poin yang diperlombakan.

Jadwal dan Lokasi Jaranan Buto 2018

Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, Jum’at, dan Sabtu 1-3 Maret 2018, pukul 19:00 WIB. Lokasi acara ini di Terminal Bus Jajag, Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi. Jarak dari Banyuwangi kota sekitar 40 km atau 1 jam perjalanan darat.

Tips Menonton Festival Jaranan Buto 2018

  • Acara final dilaksanakan pada hari terakhir yaitu Sabtu, 3 Maret 2018. Jadi Anda yang memiliki kesibukan padat, kami rekomendasikan menonton pada hari Sabtu saja.
  • Dipastikan akan ada penutupan jalan dari Traffic Lights perempatan Jajag hingga pertigaan Patung Kura Jajag. Jadi sebelum jam 19:00 WIB malam, Anda harus sudah masuk area tersebut untuk mendapatkan area parkir yang dekat.
  • Pastikan Anda sudah merencanakan untuk menonton acara ini dengan keluarga atau rekan Anda. Siapkan kendaraan yang efektif untuk mengangkut semua rekan Anda.
  • Selama acara dimulai, Anda hanya bisa berdiri dan menonton melingkar. Jadi Anda harus siap berdesak-desakan dengan orang lain. Apabila membawa balita, mohon lebih berhati-hati.
  • Bawa perlengkapan secukupnya saja, jangan membawa barang-barang mewah yang rawan mengundang aksi pencopetan.
  • Di musim hujan, siapkan payung untuk antisipasi hujan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.
    Berpakaian rapi dan layak, serta kami rekomendasikan Anda menggunakan udeng khas Banyuwangi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!