Beranda » Banyuwangi Festival » Festival Ogoh-Ogoh Balaganjur Banyuwangi 2018

Menyambung acara Festival Banyuwangi Jaranan saat ini, tepat sehari setelah acara tersebut Festival Banyuwangi 2018 lainnya siap digelar. Kali ini berada di Kecamatan Purwoharjo, dengan tema Festival Ogoh-ogoh Balaganjur Banyuwangi 2018.

Ogoh-ogoh adalah sejenis patung buatan dari rotan dan bambu yang dibentuk dengan pola menyerupai obyek tertentu. Biasa obyek yang dibentuk adalah tokoh-tokoh pewayangan atau perawakan buto lainnya. Acara arak-arakan keliling Ogoh-ogoh biasanya diakhiri dengan pembakaran. Karena Ogoh-ogoh menjadi simbol kejahatan yang harus di musnahkan.

Sedangkan balaganjur adalah sekelompok orang perkusi pemain gamelan yang terdiri dari kendang, kenong, gong, dan kencreng. Pemain musik ini dilengkapi dengan organ tunggal yang mengiringi jalan ogo-ogoh.

Sejarah Ogoh-ogoh

Ogoh-ogoh sebenarnya adalah tradisi umat hindu yang dilaksanakan pada malam sebelum hari raya Nyepi. Ogoh-ogoh diarak keliling kampung dengan melantunkan doa-doa hindu serta iringan musik gamelan. Biasanya ritual ini dimulai setelah matahari tenggelam. Start dari pura setempat, finisih di tempat pembakaran.

Festival Banyuwangi Ogoh-ogoh Balaganjur 2018 Purwoharjo

Festival Ogoh-ogoh Banyuwangi ini dihadiri oleh 57 peserta dari seluruh Banyuwangi. 4 diantaranya berasal dari Pulau Bali. Pelaksanaan dilakukan di Kecamatan Purwoharjo yang merupakan daerah di Banyuwangi yang memiliki varian agama yang berbeda-beda, salah satunya jumlah umat hindu yang cukup banyak.

Jadwal dan Lokasi Festival Ogoh-ogoh Balaganjur Banyuwangi 2018

Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu, 4 Maret 2018. Start dimulai jam 11:00 WIB dari lapangan / RTH Karetan dan finish di lapangan Brawijaya Purwoharjo.

Tips Menonton Festival Ogoh-ogoh Balaganjur Banyuwangi 2018

  • Dipastikan akan ada penutupan jalan dari perempatan Karetan hingga pertigaan pasar Purwoharjo. Jadi sebelum jam 11:00 WIB siang, Anda harus sudah masuk area tersebut.
  • Pastikan Anda sudah merencanakan untuk menonton acara ini dengan keluarga atau rekan Anda. Siapkan kendaraan yang efektif untuk mengangkut semua rekan Anda.
  • Jarak perjalanan festival ini sekitar 4,5 km, jadi Anda bisa menunggu di area-area pinggir jalan raya rute Karetan – Purwoharjo.
  • Cari lokasi menonton yang rindang dan asri agar tidak tersengat terik matahari.
  • Jagalah kebersihan selama menonton acara
  • Bawa perlengkapan secukupnya saja, jangan membawa barang-barang mewah yang rawan mengundang aksi pencopetan.
  • Di musim hujan, siapkan payung untuk antisipasi hujan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.
    Berpakaian rapi dan layak, serta kami rekomendasikan Anda menggunakan udeng khas Banyuwangi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!