Beranda » Banyuwangi Hari Ini » Banyuwangi Ethno Carnival 2018 Bertema Puter Kayun

Kembali Pemkab Banyuwangi menggelar salah satu acara atau event terbesar dari rangkaian Festival Banyuwangi tahun ini, yaitu Banyuwangi Ethno Carnival 2018 (BEC 2018). Dimana ini merupakan parsial dari 77 event B’Fest 2018 yang berbalut sebagai acara karnaval etnik budaya.

 

Pameran dan peragaan kostum atau busana dengan iringan musik khas Banyuwangi yang ditampilkan di acara ini merupakan pertunjukkan khas budaya setempat. Penampilan ini menjadi indikasi bahwa potensi budaya Banyuwangi sangat banyak dan beragam.

Perlu Anda ketahui juga, bahwa Banyuwangi Ethno Carnival juga menjadi bagian dari TOP 10 Nasional EventsĀ yang populer di twitter dengan hastagĀ #CalenderEventKemenpar2018

Adapun tentang kegiatan BEC yang diselenggarakan pada tahun 2018 ini nanti akan memiliki tema baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Berikut detil acara BEC 2018 yang digagas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

Banyuwangi Ethno Carnival, Tema: Puter Kayun

Hari dan tanggal pelaksanaan dari kegiatan ini adalah Minggu, 29 Juli 2018. Kegiatan dimulai pada jam 10:00 WIB dan berakhir hingga semua peserta menampilkan desain karya busana ciptaannya.

Hari/Tanggal: Minggu, 29 Juli 2018

Jam: 10:00 WIB s/d selesai

Start: Taman Blambangan, Banyuwangi

Finish: Kantor Bupati Banyuwangi

Penampilan para peserta BEC ini dilaksanakan diatas catwalk jalan raya yang memiliki rute sejauh 2 kilometer start dari Taman Blambangan hingga menuju ke Kantor Bupati. Berikut rute perjalanan BEC dalam tampilan google maps yang bisa dijadikan acuan tujuan acara.

Rute Banyuwangi Ethno Carnival 2018

Sedangkan tema Puter Kayun diambil dari salah satu budaya suku Osing di Desa Adat Kemiren Banyuwangi. Dimana budaya Puter Kayun ini sebenarnya adalah budaya yang diselenggarakan pada akhir pekan pertama lebaran Idul Fitri.

Inti dari budaya Puter Kayun ini adalah warga suku Osing melakukan arak-arakan dengan mengendarai delman dari Desa Kemiren menuju ke Pantai Watudodol. Di pantai tersebut, seluruh warga diwajibkan untuk mandi dan membilas diri sebagai wujud kembali suci atau fitrah.

BACA JUGA: Festival Puter Kayun Banyuwangi

Tips Menonton Festival BEC

Bagi Anda yang ingin melihat event akbar ini, pahami beberapa tips berikut agar aman dan nyaman bisa menyaksikan.

  • Pastikan Anda dan keluarga Anda menjaga kondisi badan agar fit pada tanggal pelaksanaan tersebut.
  • Siapkan kendaraan paling efektif untuk menuju ke lokasi acara. Pastikan juga kendaraan dalam kondisi prima dan layak jalan. Gunakan perlengkapan safety riding pada kendaraan Anda.
  • Segera cari lokasi parkir terdekat dari rute jalan. Ada banyak jasa kantong-kantong parkir disediakan warga. Dan usahakan kendaraan Anda sudah berada di dekat rute acara 3 jam sebelum acara dimulai. Karena akan ada penutupan beberapa ruas jalan.
  • Bawa topi dan payung untuk antisipasi terik panas dan hujan.
  • Hati-hati saat menonton, karena Anda harus berdiri berdesak-desakan bersama orang lain.
  • Menggunakan pakaian yang sopan dan rapi.
  • Jaga kebersihan dan jangan buang sembarangan.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi. Melayani Paket Wisata Banyuwangi dan Travel Antar Kota Banyuwangi - Surabaya/Malang/Denpasar (PP). Hotline: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823 atau 081553-739-539. Email: [email protected]

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!