Beranda » Berita » Wisata Birokrasi Banyuwangi, Jadi Destinasi Kunjungan Dinas

Beberapa orang mungkin mengira bahwa Banyuwangi hanya terkenal dengan sektor wisata alamnya saja. Padahal, di sisi lain Banyuwangi juga memiliki prestasi birokrasi yang tak kalah hebat dibandingkan kabupaten-kabupaten lain di Indonesia. Yaitu wisata birokrasi Banyuwangi yang sering dikunjungi para perwakilan dinas lain dari kabupaten se-Indonesia.

Kita ingat sebelumnya, prestasi terakhir Banyuwangi di tataran birokrasi pada 2018 ini adalah Marketeers Of The Year kategori Public Service of The Year tingkat Jawa Timur pada sektor pariwisata, pengembangan desa, dan kesehatan. Ini adalah bukti bahwa Banyuwangi sudah melaksanakan program dan kebijakan pemerintahan yang sesuai dengan harapan.

Sektor yang menerima dampak langsung dari penghargaan tersebut bisa kita amati dari beberapa program pemerintah seperti berikut:

  1. Kepariwisataan
    Yaitu program kepariwisataan yang sangat digencarkan dalam mempromosikan potensi alam dan seni budaya. Banyuwangi Festival menjadi program tahunan yang memadukan agenda wisata-wisata tersebut dari semua bidang.
  2. Pengembangan Desa
    Salah satunya adalah program Smart Kampung. Yang secara kontinyu hingga saat ini ujung tombak komunikasi antar desa dengan pemerintah kabupaten. Ditunjang dengan pemerataan koneksi internet yang hampir merata diseluruh desa di Banyuwangi.
  3. Kesehatan
    Program yang cukup kekinian yaitu kombinasi antara RSUD Blambangan Banyuwangi dengan jasa ojek online untuk memberikan dan mengantarkan obat gratis bagi warga miskin.

Dengan rangkaian program-program pemerintah yang unik tersebut. Layak sekali jika Banyuwangi dijadikan rujukan untuk wisata birokrasi. Dan berikut ini 3 tempat destinasi wisata birokrasi Banyuwangi yang perlu Anda ketahui:

1# Lounge Pelayanan Publik

Berlokasi di dalam area Kantor Bupati Banyuwangi, tempat ini melayani para tamu yang datang ke pemda untuk menunggu pejabat yang ingin ditemui. Lounge ini difasilitasi 6 buah layar TV yang menampilkan program-program pemkab, manajemen keuangan, proyek pembangunan, hingga CCTV yang mengkoneksikan antara pemkab dengan kantor-kantor dinas.

Lounge Pelayanan Publik Banyuwangi

Anda dapat menjadikan lokasi Lounge Pelayanan Publik ini sebagai tujuan wisata birokrasi Banyuwangi, terutama bagi tamu-tamu dinas kabupaten lain se-Indonesia. Jangan lupa amati layanan dan fasilitas yang ditunjukkan di tempat ini.

2# Mall Pelayanan Publik

Salah satu bangunan baru yang ada di Banyuwangi kota, Mall Pelayanan Publik merupakan lokasi yang paling ramai dikunjungi masyarakat Banyuwangi setiap harinya. Mall ini merupakan tempat pelayanan perizinan terpadu yang siap melayani segala dokumen administrasi yang dibutuhkan masyarakat dalam satu atap.

Mall Pelayanan Publik Banyuwangi

Mall Pelayanan Publik Banyuwangi ini total hampir 150 perizinan yang dapat dibuat mulai dari akta kelahiran hingga surat kematian. Setiap dinas-dinas di bawah pemkab Banyuwangi mengirim perwakilan pegawainya untuk melayani kebutuhan masyarakat disini.

Anda dapat berkunjung ke tempat ini dan melihat bagaimana kemudahan layanan perijinan yang ditawarkan oleh pemkab Banyuwangi.

3# Pendopo Shaba Swagata Blambangan

Selain berfungsi sebagai tempat tinggal bupati Banyuwangi, ternyata pendopo Banyuwangi ini juga cocok dijadikan wisata edukasi. Anda dapat berkeliling hampir di semua area pendopo ditemani oleh petugas satpol PP setempat.

Wisata Edukasi Banyuwangi Pendopo

Banyak hal yang bisa Anda jumpai di bangunan yang berkonsep klasik penuh unsur khas Banyuwangi ini seperti: rumput hijau dan rapi yang mengelilingi bangunan, rumah tamu bermodel bungker, perabot-perabot bersejarah, gazebo ditengah taman yang asri, serta contoh rumah adat Using.

BACA JUGA: 11 Tempat Wisata di Banyuwangi Kota

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pendopo ini, tidak perlu membayar biaya sepeserpun. Warga umum bisa masuk dengan ijin dari petugas setempat.

Kami selaku agen lokal tour and travel Banyuwangi, siap melayani kebutuhan akomodasi Anda beserta rombongan untuk berkeliling di semua tempat tersebut. Ataupun ingin menikmati tour paket-paket Banyuwangi wisata kami, silahkan Anda akses halaman Tour Paket Wisata. Ayo ke Banyuwangi, Anda pasti ingin kembali!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi. Melayani Paket Wisata Banyuwangi dan Travel Antar Kota Banyuwangi - Surabaya/Malang/Denpasar (PP). Hotline: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823 atau 081553-739-539. Email: travelbwicom@gmail.com

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!