Beranda » Kuliner » Temukan 7 Hal ini di Wisata Osing Banyuwangi

Osing adalah nama dari sebuah asli kebudayaan di Banyuwangi. Entah kapan tiba-tiba istilah Osing ini mengerucut menjadi sebuah suku, begitu kata Kang Pur (Budayawan Banyuwangi).

Namun terlepas dari tanda tanya tersebut, istilah Osing makin populer ketika pariwisata Banyuwangi dikembangkan dengan begitu pesat di ranah nasional dan internasional. Banyak para wisatawan ingin kenal lebih jauh tentang wisata Osing Banyuwangi.

Penari Gandrung Banyuwangi

Istilah Osing ini juga akan Anda temui diberbagai tempat di Banyuwangi. Mulai dari dijadikan nama-nama produk (makanan, minuman, kaos), nama toko atau brand suatu tempat, dan juga bahan Osing sebagai dasar pembuatan lagu daerah dengan bahasa Osing.

BACA JUGA: Mengenal Desa Adat Osing Kemiren

Jika Anda berkunjung ke kota Sunrise of Java, pastikan tidak lupa untuk mengeksplorasi tentang wisata Osing Banyuwangi baik itu dari sudut budaya, kesenian, pertanian, dan sosial masyarakatnya.

7 Hal Tentang Wisata Osing Banyuwangi

1# Desa Kemiren, Glagah, Banyuwangi

Kemiren adalah nama dari salah satu desa di Banyuwangi yang didapuk sebagai Desa Wisata Osing Banyuwangi. Dimana desa ini menjadi pusat rujukan untuk mengenal Osing lebih dalam.

Anda akan menemui berbagai fenomena tentang masyarakat suku Osing mulai dari bahasa, model rumah, kebiasaan sehari-hari, prinsip hidup, dan teknologi kuno asli peninggalan leluhur yang masih digunakan.

Lokasi desa Kemiren ini sekitar 10 menit dari pusat kota Banyuwangi dan bisa ditempuh dengan kendaraan besar seperti bus. Anda akan menemukan perkampungan kecil yang dihuni oleh orang-orang Osing di seluruh Desa Kemiren.

2# Hotel, Homestay, dan Pemandian

Jika Anda berniat ingin menginap di area Desa Kemiren, Anda bisa memilih di satu-satunya hotel yang ada di Kemiren, yaitu Hotel Sahid Osing. Hotel ini menyediakan akomodasi yang berkonsep model budaya Osing dan villa.

Sedangkan homestay, Anda bisa menyewa homestay di hampir semua rumah warga sekitar Desa Kemiren. Harga lebih murah, namun dengan fasilitas seadanya. Diibaratkan Anda sedang hidup langsung serumah dengan warga Osing. Biasanya dilakukan untuk penelitian sosial.

Untuk wisata pemandian, di Desa Kemiren Anda bisa langsung datang ke pool Desa Wisata Osing yang lokasinya di dekat hotel Sahid. Di dalamnya terdapat taman, kolam renang, dan pemandian.

3# Atraksi Tari Gandrung dan Jaran Goyang

Kemiren juga terkenal sebagai pusat penari-penari lokal Banyuwangi. Banyak sekali pemuda-pemudi di desa ini memiliki kemampuan menari yang hebat. Terutama untuk tarian Gandrung dan tari Jaran Goyang yang begitu populer diminati para wisatawan.

BACA JUGA: Tari Jaran Goyang, Dari Pelet Hingga Kesenian

4# Barong Osing

Salah satu ikon Banyuwangi adalah Barong Ider Bumi. Yaitu sejenis topeng dengan corak khas Osing Banyuwangi. Dan di Desa Kemiren ini asal mula Barong muncul dan dikenalkan ke seluruh dunia.

BACA JUGA: Sejarah dan Filosofi Barong Banyuwangi

Barong Kemiren Banyuwangi

5# Durian Merah

Langka ditemukan, ternyata daerah Kemiren ini juga memproduksi buah Durian Merah. Anda bisa menikmati durian ini di bulan-bulan tertentu saat musim durian tiba. Hanya saja karena masih langka, sehingga harga yang dijual relatif mahal.

6# Kuliner Pecel Pitek

Yang khas lagi dari Desa Kemiren adalah kuliner pecel pitek. Yang merupakan kuliner khas suku Osing yang dibuat dari bahan dasar ayam kampung bakar dengan bumbu kelapa muda serta rempah-rempah pilihan.

Pecel Pitik - Kuliner Khas Banyuwangi

7# Kopi Kemiren

Lokasi Desa Kemiren yang berada di dataran tinggi, menjadikan warga sekitar sebagai pekebun kopi. Mereka memproduksi tanaman kopi dan diolah sendiri untuk menghasilkan kopi khas Kemiren. Anda bisa berwisata sambil meng-sangrai kopi secara manual dengan wajan tanah dan api dari kayu bakar.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!