Beranda » Berita » 5 Hal Baru di Festival Banyuwangi 2019

Masuk di tahun baru 2019 Masehi, kembali Pemerintah Kabupaten Banyuwangi merancang agenda Banyuwangi Festival yang siap beraksi sepanjang tahun. Banyuwangi Festival 2019 ini mencoba tampil dengan jumlah kegiatan yang lebih banyak daripada tahun-tahun sebelumnya. Apa hal yang baru selama setahun kedepan?

5 Hal Baru di Banyuwangi Festival 2019

1# Terdapat 99 Event Festival Banyuwangi 2019

Jika ditahun 2018 terdapat 77 event sepanjang tahun, kali ini diperbanyak +22 event dengan total 99 event selama 2019. Jumlah yang makin banyak ini menunjukkan bahwa kreativitas dan inovasi rakyat Banyuwangi makin tinggi.

Penajaman tradisi budaya lokal digiatkan dalam bingkai kegotongroyongan. Untuk menciptakan kota festival terbaik se Indonesia.

2# Total Ada 111 Atraksi

Dari 99 event yang terdaftar tersebut, ternyata masih ada 12 atraksi sendratari tambahan tiap bulan yang ikut menambah agenda B’Fest 2019. Yaitu pertunjukan sendratari Meras Gandrung yang dibalut dalam nama Festival Lembah Ijen.

BACA JUGA: Selayang Pandang Gandrung Banyuwangi

3# Ada Tiga Event B’Fest Yang Masuk TOP 100 Calendar of Event Nasional

Sukses diselenggarakan tahun lalu, 3 (tiga) event ini resmi masuk ke daftar 100 Calendar of Event National yang dimiliki oleh Kementerian Pariwisata. 3 event B’Fest tersebut adalah:

  • Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) – Juli 2019
  • International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) – September 2019
  • Festival Gandrung Sewu – Oktober 2019

4# Melibatkan Empat Unsur Sosial

Semua jenis agenda Festival Banyuwangi dibuat dengan 4 unsur / bidang sosial masyarakat yang berbeda-beda. Mulai dari unsur
budaya, sport tourism, musik, dan komunitas.

Bahkan Banyuwangi juga bekerja sama dengan Kabupaten Jembrana, Bali, untuk menggelar Festival Selat Bali. Dimana kegiatan atau acra festival akan dilakukan di atas air dengan konsep final yang akan segera dirilis dalam waktu dekat.

5# Adanya Maskot Rong Rong

Rong Rong adalah maskot slogan Majestic Banyuwangi yang berbentuk kostum badut. Kostum Rong Rong ini akan di hadirkan disetiap acara Festival Banyuwangi.

Rong Rong diambil dari nama Barong (salah satu benda seni Banyuwangi) yang mendapat pengulangan kata menjadi Rong Rong agar mudah diingat.


Berikut daftar lengkap 111 event dan atraksi Festival Banyuwangi 2019. Atau Anda bisa mendownload aplikasi PlayStore-nya disini.

Festival Banyuwangi 2019

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!