Beranda » Banyuwangi Terkini » 7 Motif Batik Banyuwangi Paling Legendaris

Selain kaya akan wisata alam, Banyuwangi juga memiliki keberlimpahan produk budaya seperti kain batik. Kain batik Banyuwangi ini memiliki motif yang sangat beragam, serta memiliki sejarah dan filosofi yang sangat unik. Berikut 7 motif batik khas Banyuwangi yang perlu Anda kenali.

BACA JUGA: Udeng Khas Banyuwangi

7 Motif Batik Banyuwangi Paling Terkenal

1# Motif Batik Banyuwangi – Gajah Oling

Motif batik ini merupakan motif tertua yang ada di Banyuwangi. Motif ini sangat terkenal dan seringkali muncul pada seragam-seragam kerja resmi pegawai pemerintah Banyuwangi. Adapun filosofi dari Gajah Oling dapat dipahami dari suku kata yang menyusun. Gajah artinya sesuatu yang besar, dan Oling memiliki maksud mengingat. Dengan kata lain, makna dari Batik Gajah Oling adalah mengingat kepada Yang Maha Besar.

Batik Banyuwangi Gajah Oling Paras Gempal Kangkung Setingkes

2# Batik Paras Gempal

Batik motif Paras Gempal merupakan motif yang cukup populer. Motif ini memiliki bentuk yang sederhana namun memiliki filosofi luhur. Adapun arti dari Paras adalah padas (batu yang keras) dan Gempal memiliki arti runtuh. Jika dirangkai dalam sebuah kalimat, maka Paras Gempal memiliki maksud bahwa sekeras-kerasnya hati manusia, pasti bisa diluluhkan dengan kasih sayang dan kesetiaan.

3# Batik Kangkung Setingkes

Motif Kangkung Setingkes memiliki pola yang cukup rumit. Namun pola ini dapat dengan mudah dipahami sebagai bentuk yang cukup unik. Adapun filosofi dari batik Kangkung Setingkes dapat dipahami dari 2 suku kata. Kangkung adalah jenis tumbuhan sayuran yang memiliki banyak dauh dan ranting, sedangkan setingkes memiliki arti terikat. Dengan kata lain, motif ini memiliki arti kesatuan dalam keberagaman.

BACA JUGA: 16+ Paket Wisata Banyuwangi Terbaru

4# Batik Kopi Pecah

Motif Kopi Pecah ini sangat mudah sekali dipahami secara kasat mata. Desain motifnya mirip dengan bentuk biji kopi yang masih utuh. Dan arti dari motif ini adalah menandakan bahwa Banyuwangi memiliki banyak area penghasil kopi. Selain itu Banyuwangi juga memiliki produk kopi yang cukup terkenal seperti Kopi Lanang, Kopi Jaran Goyang, Kopi Gombengsari, Kopi Kemiren, dan lain sebagainya.

Batik Banyuwangi Kopi Pecah Manuk KEcaruk Gedegan galaran

5# Batik Manuk Kecaruk

Motif Manuk Kecaruk memiliki arti dari Manuk yaitu Burung, dan Kecaruk (Bahasa Osing) memiliki arti bertemu. Motif ini menceritakan tentang 2 buah burung yang bertemu pada sebuah ranting.

6# Batik Gedegan

Motif Gedegan menggambarkan tentang motif Gedeg atau anyaman bambu. Motif ini cukup sederhana bentuknya, berupa garis-garis melintang bertabrakan dan biasanya dikombinasinya dengan bentuk gambar lain sebagai pelengkap.

7# Batik Galaran

Batik dengan motif Galaran memiliki bentuk yang sangat simpel juga. Galaran menceritakan tentang pengolahan pohon bambu sebagai tempat tidur dengan cara memecah bambu tersebut. Motif ini menandakan bahwa Banyuwangi juga memiliki hasil kreasi bambu yang sangat terkenal seperti di daerah Gintangan Rogojampi.


Secara keseluruhan, ada hampir 40 macam motif batik asli Banyuwangi yang bisa Anda kenali. Motif tersebut juga bisa menjadi variasi jenis pakaian batik untuk fashion Anda. Berikut macam-macam jenis varian lain batik di Banyuwangi.

50 motif batik lainnya: Sekar Jagad Blambangan, Jajang Sebarong, Gringsing Banyuwangi, Jenon, Ukel, Alas Kobong, Moto Pitik, Blarak Sempleh, Kelabangan, Dilem Sempleh, Sembrug Cacing, Semanggian, Totogan, Wader Kesit, Jengkingan, Garudo Mungkur, Complongan, Ulo Buntung, Beras Kutah, Maspun, Betonan, Sisikan, Aseman, Belibisan, Jarak Londo, Nogo Putri, Suruh Temurus, Kembang Dilem, dan masih banyak lagi motif batik Banyuwangi lainnya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.